Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya

Metaverse masuk ke industri pendidikan, Eduverse

06:38:00 | 04 Jul 2022
Metaverse masuk ke industri pendidikan, Eduverse
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) -- PT WIR Asia Tbk (WIR Group) - perusahaan teknologi berbasis Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR) dan Artificial Intelligence (AI) terkemuka di Asia Tenggara dan telah mendapatkan 5 (lima) paten global untuk AR yang teregistrasi pada Patent Cooperation Treaty (PCT) – menyepakati kerja sama dengan Universitas Padjajaran Bandung  (Unpad) dengan Institut Pembangunan Jawa Barat (Injabar)  Unpad sebagai pelaksana pengembangan  platform edukasi di metaverse (Eduverse) yang akan dimulai dengan program-program strategis dari Injabar untuk pengembangan edukasi di platform metaverse. Nota Kesepahaman  kerja sama ini ditandatangani bersama oleh Prof. Drs. Yanyan Mochamad Yani, M.IR., Ph.D., Wakil Rektor Bidang Organisasi dan Perencanaan Universitas Padjadjaran, dan Prof. Dr. Keri Lestari, M.Si., Apt., Direktur Injabar dengan Chief Marketing Officer WIR Group, Gupta Sitorus pada hari Rabu, 22 Juni 2022 di Bandung.

Unpad merupakan salah satu universitas terkemuka di Indonesia yang memiliki visi sebagai universitas bereputasi dunia dan berdampak pada masyarakat, dengan dilandasi oleh pola ilmiah pokok bina mulia hukum dan lingkungan hidup. Hal ini membawa Unpad berhasil menduduki posisi ketujuh universitas terbaik di Indonesia, sebagaimana dinyatakan dalam hasil riset The World University Rankings 2021 yang dirilis pada 2 September 2020.  

“Kami melihat transformasi digital global melalui metaverse sudah sedemikian tinggi dengan tingkat kompetisi yang kian ketat, sehingga menuntut banyak lembaga pendidikan untuk ambil bagian dalam implementasi teknologi digital metaverse agar tetap berada pada jalur kompetisi," cetus Prof. Drs. Yanyan Mochamad Yani, M.IR., Ph.D., Wakil Rektor Bidang Organisasi dan Perencanaan Universitas Padjadjaran.

Pada hari yang sama Injabar, sebagai salah satu lembaga publik yang dibentuk untuk menjadi Lembaga Kepakaran sebagai perpanjangan tangan Universitas Padjadjaran (Unpad) dan juga merupakan salah satu satuan unit usaha di Unpad, yang menjalin kerja sama strategis bersama WIR Group. Unpad menilai kerja sama dengan Injabar ini penting, pasalnya Injabar didirikan di Unpad atas kolaborasi dengan pemerintah Provinsi Jawa Barat, Pemerintah Kabupaten/Kota di Jawa Barat dan para pemangku kepentingan lainnya untuk memfasilitasi implementasi hasil riset sebagai dasar pengambilan kebijakan.

Prof. Dr. Keri Lestari, M.Si., Apt., Direktur Injabar menyatakan optimismenya bahwa transformasi digital Injabar melalui metaverse dapat meningkatkan kapabilitas lembaga kajian ini, untuk menjadi pendamping utama dan wadah pengetahuan bagi Jawa Barat dalam menyusun dan mengambil kebijakan, dalam rangka membangun daya saing dan kesejahteraan masyarakat Jawa Barat.

Lebih lanjut Keri Lestari menjelaskan, Injabar Unpad memerlukan mitra dan dukungan untuk dapat menyelaraskan diri dengan kemajuan teknologi digital yang memiliki akselerasi dan dinamika yang tinggi. “Untuk menghadirkan teknologi digital, selain dibutuhkan pengetahuan juga sarana aplikasi pendukung untuk dapat memanfaatkan  dan memperoleh benefit optimal dari teknologi yang diharapkan akan  berdampak positif bagi masyarakat banyak,” ujarnya.

Sementara Gupta Sitorus, Chief Marketing Officer WIR Group menyatakan apreasiasinya terhadap Unpad dan Injabar yang telah memilih WIR Group sebagai mitra dalam mengembangkan Eduverse. “Masuknya Injabar Unpad dalam dunia metaverse menambah daftar panjang sektor pendidikan, riset dan penelitian yang memanfaatkan teknologi metaverse untuk pengembangan berbagai lini dalam sistem pendidikan di kampus, serta kemampuan sumber daya manusia,” ujar Gupta. 

Bakti
Gupta lebih lanjut mengatakan, bagi kedua belah pihak, kerja sama ini  merupakan salah satu fase dari rangkaian kolaborasi pengembangan ekosistem untuk mendukung Metaverse Indonesia di sektor pendidikan dan riset dan penelitian. Sebelumnya, WIR Group telah menjalin kerja sama dengan institusi pendidikan lain, maupun dengan sektor industri dan bisnis, dalam rangka mendorong partisipasi pelajar dan mahasiswa dalam penggunaan dan pemanfaatan teknologi metaverse.

telkom sigma
WIR Group sangat optimistis bahwa teknologi yang dikembangkan dapat meningkatkan kompetensi, baik lembaga maupun sumber daya manusia, untuk mencapai standar yang ingin dicapai di semua lini industri. “Tugas kami adalah mengantarkan para mitra memasuki dunia metaverse,  dan untuk itu kami memiliki keahlian mengembangkan teknologi serta pengalaman memberikan solusi digital terbaik bagi mitra, baik di dalam maupun di luar negeri, serta berkontribusi dalam pengembangan ekonomi digital di Indonesia,“ pungkas Gupta. (sar)

Artikel Terkait
Telkom DES
More Stories
Indonesia Digital Network