telkomsel halo

NFT buka peluang finansial dengan Matrixport

04:12:51 | 27 May 2022
NFT buka peluang finansial dengan Matrixport
JAKARTA (IndoTelko) - NFT terus berkembang dan membuktikan kegunaannya sebagai aset digital.  Finansialisasi NFT memungkinkan orang untuk menciptakan peluang dalam hal keuangan dengan menggabungkan NFT untuk membuat indeks atau menggunakan NFT sebagai jaminan untuk pinjam meminjam.  Tetapi ada bagian yang hilang untuk menyadari potensi pasar yang sedang naik daun ini, penetapan harga NFT.

 
Mengapa kita perlu memberi label harga pada NFT?
Menentukan seberapa berharga NFT selalu menjadi hal besar yang belum diketahui. Namun, hal ini menjadi sulit dan tidak berarti bahwa setiap orang harus menyerah untuk menemukan oracle harga yang tepat karena ini adalah kunci untuk membuka peluang finansial dari NFT.

Misalkan, pasar peminjaman seni tradisional. Rumah lelang seperti Sotheby's menyediakan input yang profesional tentang harga melalui proses lelang, dan berdasarkan harga yang ditentukan, toko peminjaman seni mampu memberikan rasio pinjaman terhadap nilai atau Loan-to-Value (LTV) dan suku bunga yang lebih baik.

Menurut Founding Partner dan Managing Partner Matrixport Ventures, Daniel Yan, kita membutuhkan mekanisme seperti pasar pinjaman seni tradisional, untuk lebih memahami dan menyetujui nilai NFT dalam finansial primitifnya. "Dengan oracle harga NFT yang andal, pelaku pasar seperti protokol peminjaman NFT akan dapat menghasilkan rasio LTV, suku bunga, dan durasi pinjaman yang menarik, sehingga menghasilkan pasar pinjaman NFT yang lebih efisien,” katanya.

Sayangnya,  metode biasa untuk mengevaluasi aset konvensional tidak benar-benar berhasil untuk NFT karena pada intinya NFT itu sendiri adalah aset yang tidak dapat dipertukarkan (non-fungible), yang menyebabkan kesulitan dalam menghasilkan informasi harga yang berkelanjutan.

Ada platform seperti Upshot, yang menggunakan analisis statistik dan machine learning untuk mendapatkan rentang nilai untuk NFT apa pun berdasarkan data perdagangan historis. Beberapa akan merujuk pada Harga Rata-rata Tertimbang Waktu (TWAP) on-chain sebagai harga dasar NFT dari Chainlink atau Sushiswap untuk membangun fungsi pinjaman yang permissionless.

“Beberapa upaya mereka, seperti pendekatan yang ada untuk menilai NFT, sayangnya, masih penuh dengan rintangan potensial — dari metode harga rata-rata tertimbang waktu yang rentan terhadap serangan cyber hingga teknik machine learning statistik yang lamban dan model penilaian sejawat yang kurang akurat,” jelas Daniel.

NFT membutuhkan pendekatan penilaian baru untuk membuka tingkat skalabilitas dan aksesibilitas yang lebih tinggi dari seluruh ekosistem NFT. Dan kuncinya adalah menciptakan model hibrid dari oracle harga.

Meskipun kemampuan mereka untuk melawan potensi serangan oracle NFT dan kesinambungan likuiditas pada protokol pinjaman berbasis pool likuiditas masih harus diuji oleh pasar, kombinasi dari oracle harga memiliki potensi untuk memberikan feeds harga yang lebih aktif untuk perdagangan dan meningkatkan tingkat fleksibilitas dan skalabilitas untuk peserta dalam ekosistem.

Matrixport di NFT
Matrixport, platform layanan keuangan aset digital dengan pertumbuhan tercepat di Asia, dan MetaOpus, platform penerbitan dan perdagangan aset Non Fungible Token (NFT) yang didukung oleh BlockCreateArt (BCA) Network, telah mengumumkan kemitraan untuk menawarkan solusi penyimpanan (custody) terbaik di kelasnya kepada investor NFT. Dengan kemitraan ini, Matrixport akan menyediakan layanan penyimpanan tingkat institusional dan langkah-langkah perlindungan maksimal untuk investor dengan tingkat kekayaan yang tinggi, baik institusional maupun investor ritel.

Awal dari finansialisasi NFT
Hingga tahun 2021 orang-orang masih sering mengatakan bahwa NFT hanyalah satu hal biasa lainnya (yang akan dilupakan/ditinggalkan). Namun, lanskap finansialisasi NFT membuktikan hal ini salah.

“Dengan inovasi industri dan pengembangan oracle harga yang inovatif, kita memiliki kesempatan untuk membuka jalan menuju peningkatan skalabilitas dan aksesibilitas untuk NFT, membuka pintu untuk memasukkan lebih banyak peserta ke pasar yang sedang berkembang ini,” kata Daniel.  (ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year