Teachmint hadirkan platform pengajaran eksklusif di Indonesia

06:30:00 | 14 May 2022
Teachmint hadirkan platform pengajaran eksklusif di Indonesia
JAKARTA (IndoTelko)  -- Teachmint, penyedia solusi infrastuktur pendidikan mengumumkan perluncuran platform mengajar untuk seluruh wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia pada hari ini. Platform yang  dapat diunduh melalui Google Playstore dan App Store ini, memberikan dua pilihan bahasa yang dapat digunakan, yakni  Bahasa Inggris dan juga  Bahasa Indonesia guna memenuhi kebutuhan para pengajar di Indonesia. Melalui ekspansi berskala internasional ini, Teachmint senantiasa berupaya untuk memberdayakan para pengajar di seluruh wilayah agar siap menghadapi masa depan dengan didukung oleh teknologi ruang kelas via seluler pertama yang dimilikinya.

Platform SaaS Teachmint memungkinkan para pengajardan sekolah untuk melakukan digitalisasi ruang kelas mereka dalam hitungan menit. Selama dua tahun terakhir, terdapat dorongan yang sangat kuat terhadap pembelajaran via online, hybrid, dan jarak jauh. Hal ini menciptakan kebutuhan akan solusi digital yang handal bagi para siswa dan pengajar. Semenjak diluncurkan pada Mei 2020, Teachmint telah menciptakan platform yang unik dari hulu ke hilir dalam memberdayakan para pengajar untuk mengelola semua aktivitas kelas seperti mengadakan kelas secara langsung, merekam, menyimpan materi, menyusun, dan berbagi materi pembelajaran. Selain itu, membuat ujian secara otomatis dan melakukan penilaian tes dari seluruh fasilitasnya. Dengan memanfaatkan platform seluler Teachmint, para pengajar dapat memenuhi kebutuhan pembelajaran digital siswa, pengukuran ruang kelas, institusi pendidikan, dan mengoptimalkan waktu serta efisiensi melalui operasional secara otomatis.

Melalui adopsi dari 10+ juta pengguna dan 10.000+ sekolah, Teachmint saat ini adalah satu-satunya solusi yang memenuhi kebutuhan infrastruktur pendidikan dari hulu ke hilir bagi para pengajar mulai dari guru independen, sekolah K-12 bahkan les setelah sekolah. Demi melanjutkan visinya,  Teachmint memasuki pangsa pasar Indonesia dengan berfokus pada komitmen berkelanjutannya terhadap digitalisasi dalam mengajar serta memungkinkan infrastruktur yang tepat bagi pendidikan modern.

Seiring dengan peluncuran Teachmint di Indonesia, Mihir Gupta, CEO & Co-Founder, Teachmint mengatakan, “Indonesia merupakan salah satu pasar internasional utama bagi kami. Selain itu, kami juga sangat senang untuk meluncurkan platform ini guna mendukung pemberdayaan sekolah dan pengajar di wilayah ini. Secara global, terdapat keterbatasan inovasi yang dialami oleh para guru sehingga menyebabkan mereka tidak dapat memenuhi kebutuhan belajar mengajar secara digital. Platform Teachmint merupakan solusi dari hulu ke hilir bagi seluruh kebutuhan mengajar, mulai dari persiapan kelas selamat dua menit, otomatisasi kehadiran hingga membuat dan menilai ujian dalam hitungan detik. “

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa pihaknya selama setahun terakhir, telah menerima banyak permintaan untuk solusi via seluler pertama dari para guru dan pemangku kepentingan lainnya di seluruh Asia Tenggara termasuk Indonesia, dengan senang hati mengumumkan bahwa kami siap untuk merevolusi perjalanan mengajar mereka. Semenjak peluncuran perdana, platform kami telah melihat adaptasi yang fenomenal melalui pengenalan dari mulut ke mulut. Melalui lebih dari 150.000 pengguna di Indonesia, kami berharap ini akan tumbuh secara luas dalam waktu dekat.

Senada dengan hal tersebut, Ira Mirawati yang merupakan akademisi dari Universitas Padjajaran juga memberikan dukungannya terhadap  peluncuran platform Teachmint yang berfokus dalam menyiapkan metode pengajaran digital  untuk masa depan.

“Bagi saya, Teachmint adalah Learning Management system yang portable, sangat mudah diakses dari perangkat smartphone baik oleh pengajar maupun peserta. Bagi para pengajar yang sekolahnya belum memiliki LMS (Learning Management System) dapat menjadi alternatif yang sangat baik. Selain itu, menu-menu yang ada didalamnya sangat lengkap dan mudah dimanfaatkan.” ujar Ira Mirawati, salah satu Dosen Program Studi Manajemen Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran

Dosen yang menjadi salah satu nominator pada ajang TikTok Awards Indonesia 2020 kategori “Best of Learning and Education” ini pun menambahkan bahwa siswa juga mudah untuk menggunakannya dan tampilan warnanya yang cerah dapat memberi semangat selama belajar. Dengan tersedianya fitur live yang dapat langsung diakses guru ini, dapat mempermudah sehingga tidak perlu membuka aplikasi virtual meet lainnya. Demikian juga dengan fitur perekaman, video live yang dapat diubah menjadi video ajar. Bagi guru, dosen, trainer, Teachmint adalah aplikasi yang patut dicoba. Menunya lengkap namun mudah saat pengoperasiannya. 

“Pentingnya ponsel sebagai bentuk teknologi yang lebih terjangkau bagi jutaan anak berpotensi mengubah wajah pendidikan. Selama satu tahun terakhir, sebagian besar guru kami telah memperluas ruang kelas mereka ke setidaknya beberapa siswa di luar geografi langsung mereka. Dengan ekspansi secara internasional, kami sangat senang untuk membuka potensi baru serta memungkinkan para guru untuk menciptakan ruang kelas secara global,” tambah Mihir. (sar)

Artikel Terkait
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories