Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
telkomsel halo

Wawancara Khusus Country Manager MediaTek Indonesia & Philipines

Cedric Chang bahas lebih dalam soal Dimensity 8000 5G

21:35:00 | 20 Apr 2022
Cedric Chang bahas lebih dalam soal Dimensity 8000 5G
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) -- MediaTek telah mengumumkan kehadiran chip terbaru, seri Dimensity 8000 5G. Kedua chip tersebut adalah  System-on-chips (SoC) Dimensity 8100 dan Dimensity 8000 yang diklaim menghadirkan teknologi level unggulan, mulai dari konektivitas, tampilan, gaming, multimedia, dan fitur pencitraan gambar, pada ponsel pintar 5G premium.

Kedua chip mengombinasikan Arm Mali-G610 MC6 GPU dengan teknologi gaming MediaTek HyperEngine 5.0 untuk efisiensi daya luar biasa yang memperpanjang waktu bermain, dan frame rate terbaik di kelasnya – 170fps untuk Dimensity 8100 dan 140fps untuk Dimensity 8000. Memori quad-channel LPDDR5 dan penyimpanan UFS 3.1 juga memastikan aliran data yang sangat cepat.

Dimensity 8100 mengintegrasikan empat inti Arm Cortex-A78 premium dengan kecepatan mencapai  2.85GHz, dan Dimensity 8000 memiliki empat inti Cortex-A78 yang beroperasi hingga 2.75GHz. Lalu seperti apa sebenarnya kecanggihan dan kelebihan yang dimiliki oleh Dimensity 8000 5G? Kami berhasil mendapatkan penjelasan lebih jauh dalam wawancara khusus dengan Country Manager MediaTek Indonesia & Philipines, Cedric Chang. Berikut petikan wawancara yang sudah kami rangkum.

1. Seperti apa respons dari peluncuran seri chip Dimensity 8000 5G untuk ponsel pintar 5G premium baik Indonesia dan global?

MediaTek mengumumkan peluncuran chipset Dimensity 8000 dan Dimensity 8100 di Indonesia. Chipset ini menghadirkan teknologi kelas premium, termasuk konektivitas, tampilan, game, multimedia, dan fitur pencitraan untuk ponsel pintar 5G kelas premium. 
Sebagian besar ulasannya positif. Kami telah menerima harapan yang besar dari pasar karena banyaknya media yang mengulas bahwa jajaran baru ini akan memberikan pengalaman ponsel kelas premium dengan harga lebih terjangkau pada ponsel pintar 5G mendatang. Media-media tersebut juga menegaskan bagaimana rilisan ini akan menantang OEM (Original Equipment Manufacturer) untuk menggunakan seri MediaTek Dimensity 8000  yang baru ini di perangkat premium dan ponsel pintar gaming dibandingkan menggunakan chipset Snapdragon yang lebih lama. 

Android Police bahkan mengatakan bahwa chipset ini akan berhadapan langsung dengan chipset Qualcomm Snapdragon 888 dan 870. Media ini juga menulis “Dengan munculnya ponsel gaming dan ponsel sub-flagship yang menggunakan chipset lama, ini bisa menjadi langkah yang cerdas.”
 
2. Brand mana saja yang menjadi pengguna pertama seri chip Dimensity 8000 5G ini? Dan kira-kira kapan akan melakukan peluncuran pertamanya?

Pada pertengahan Bulan Maret, Redmi meluncurkan produk terbarunya yaitu Xiaomi Redmi K50, sebuah ponsel pintar gaming tangguh yang dilengkapi dengan MediaTek Dimensity 8100. MediaTek saat ini sedang bekerja sama dengan beberapa OEM utama dunia yang bergabung untuk mendukung perangkat premium dan ponsel pintar gaming mereka dengan chipset Dimensity 8000. Mengikuti langkah Redmi yang menggunakan Dimensity 8000 untuk mendukung perangkat mereka, realme, OnePlus, dan OPPO melakukan hal yang sama. 

Jajaran chipset Dimensity dibangun dengan teknologi 5G Open Resource Architecture, yang memungkinkan produsen ponsel pintar menyesuaikan chip secara lebih fleksibel sesuai dengan preferensi konsumen mereka. Hal ini mendorong kolaborasi lebih lanjut antara MediaTek dengan produsen perangkat untuk mengembangkan pengalaman pelanggan yang unik sekaligus memungkinkan OEM membuat ponsel pintar mereka lebih menonjol dari perangkat yang didukung oleh chipset Dimensity lainnya. 

3. Mengingat ini adalah Dimensity 8000 5G, apakah tetap dan masih mendukung jaringan 3G?

Konektivitas tanpa batas adalah salah satu keunggulan terkuat MediaTek Dimensity 8000. Jajaran chipset ini dirancang dengan teknologi masa depan, termasuk modem 3GPP Release-16 5G yang tak tertandingi dan teknologi 5G+5G Dual SIM Dual Standby terbaru yang menyediakan dukungan untuk koneksi 5G/4G+5G/4G. Terlebih lagi, chipset MediaTek Dimensity 8000 dilengkapi dengan fitur multimode 2G-5G, yang memungkinkan interoperabilitas dengan koneksi untuk jaringan 2G, 3G, 4G, dan 5G.

Selain koneksi jaringan, seri SoC tersebut juga memungkinkan koneksi Wi-Fi tanpa gangguan. Desain standar Wi-Fi 6E-nya memberi Dimensity 8000 latensi terendah, kecepatan luar biasa, dan koneksi yang sangat andal. Keunggulan tersebut memungkinkan pengguna menikmati konektivitas yang mulus dan tanpa batas ke mana pun mereka pergi, baik mereka terhubung ke jaringan WiFi atau jaringan data seluler mereka.

4. Siapakah target utama pengguna ponsel pintar yang akan ditenagai Dimensity 8000 5G?

Seri MediaTek Dimensity 8000 5G adalah jajaran chip kelas premium yang akan mendukung ponsel pintar kelas satu. Dibangun dengan teknologi mobile tercanggih, rangkaian chipset ini menarget pasar pengguna ponsel pintar premium. Jajaran MediaTek Dimensity 8000 mewarisi beberapa konsep desain luar biasa dari seri Dimensity 9000 yang dirilis sebelumnya. Dimensity 8000 secara khusus berfokus pada peningkatan permintaan konsumen pasar premium, seperti performa gaming, tampilan, fungsi komunikasi, dan performa gambar.

Chipset MediaTek Dimensity 8000 berekspektasi kesuksesan lebih jauh pada segmen ini di berbagai pasar global. Perilisan Dimensity 8000 dan Dimensity 9000, dua jajaran chipset berkualitas tinggi yang mendukung ponsel pintar terbaik di kelasnya, merupakan wujud komitmen MediaTek untuk terus meningkatkan pengalaman menggunakan teknologi seluler dari para pengguna di segmen ini.

5. Jika dibandingkan dengan kompetitor Qualcomm Snapdragon dengan kelas seri yang serupa, apa yang menjadi keunggulan seri MediaTek ini?

MediaTek Dimensity 8000 dikenal dengan efisiensi daya yang luar biasa. Sebenarnya, kekuatan efisiensi daya yang tinggi ini ada pada seluruh portofolio chipset Dimensity. Seri Dimensity 8000, yang telah menerapkan teknologi pengoptimalan efisiensi daya yang sama dengan Dimensity 9000, mampu mencapai efisiensi daya yang sangat baik dibandingkan para pesaingnya. Fokus utama kami selalu pada efisiensi daya platform, yang menghasilkan kinerja yang lebih baik dalam hal pengalaman bermain game, kamera, penggunaan layar, dan 5G.

Teknologi gaming HyperEngine 5.0-nya juga menempatkan chipset ini di depan para pesaingnya dalam hal pengalaman bermain game. Dilengkapi dengan fitur gaming yang sangat cerdas, SoC menjamin pengguna dengan kualitas gambar yang ditingkatkan, koneksi 5G dan Wi-Fi dengan latensi rendah dengan penyeimbangan multi-jaringan, serta kecepatan bingkai per detik yang berkelanjutan. MediaTek HyperEngine meningkatkan setiap aspek game ponsel pintar karena dalam game, setiap milidetik adalah sesuatu penting.

Menurut GFXBench Manhattan, keunggulan lainnya adalah kinerja GPU MediaTek Dimensity 8100 juga telah terbukti lebih unggul dibandingkan pesaing di level yang sama, yang memberikan kinerja setidaknya 4% lebih baik. Ini memastikan kecepatan bingkai (frame rates) yang jauh lebih cepat dengan sedikit atau tanpa jeda. Sementara itu, kinerja multi-corenya menurut Geekbench, chipset ini telah memberikan kinerja CPU setidaknya 12% lebih baik dan peningkatan efisiensi daya 44% yang mengesankan dibandingkan pesaing di tingkat yang sama.

6. Bagaimana dengan konsumsi energi/baterai. Apakah menggunakan chip ini butuh energi yang besar/boros?

Karena proses produksi menggunakan teknologi TSMC N5 (kelas 5nm) yang sangat canggih, MediaTek Dimensity 8000 menjamin efisiensi daya terbaik di kelasnya, yang merupakan salah satu fitur utama yang dicari oleh para gamer di ponsel pintar. Dimensity 8100 mengintegrasikan empat inti Arm Cortex-A78 premium dengan kecepatan mencapai hingga 2.85GHz, dan Dimensity 8000 memiliki empat inti Cortex-A78 yang beroperasi hingga 2.75GHz. Hal ini memungkinkan chipset memaksimalkan masa pakai baterai saat bermain game dan mempertahankan penggunaan ponsel pintar terlepas dari apa aktivitasnya.

Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
Sementara itu, modem 3GPP Release-16 5G memanfaatkan penghematan daya dalam konektivitas 5G sekaligus menyediakan koneksi cepat hingga kinerja downlink 4,7Gbps. Ini memberikan masa pakai baterai yang lebih lama dan memastikan kepada pengguna bahwa konektivitas tidak terputus.

7. Dari sisi harga, menggunakan MediaTek apakah akan serta merta membuat harga ponsel pintar yang menggunakannya berbanderol lebih murah dibandingkan menggunakan merek lain?

Bakti
Selain chipset, banyak faktor yang dipertimbangkan dalam menentukan harga ponsel pintar. Ini adalah soal pemilihan dan kombinasi dari semua bahan dan komponen yang digunakan. MediaTek hanya merupakan bagian dari rantai pasokan dan harga jual atau strategi harga. Mengingat bahwa seluruh proses manufaktur memainkan peran kunci dalam hal ini, keputusan harga selalu dibuat oleh produsen ponsel. Dalam beberapa bulan mendatang, kami mengundang Anda untuk melihat lebih banyak perangkat yang dilengkapi dengan SoC seri Dimensity 8000 yang akan tersedia di pasaran, menyediakan berbagai pilihan perangkat tingkat atas untuk konsumen di seluruh dunia. (sar)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom DES
More Stories
Data Center Service Provider of the year