telkomsel halo

SYNRGY Academy Batch Grab akan bawa anak mitra pengemudi siap ke industri digital

07:14:35 | 09 Dec 2021
SYNRGY Academy Batch Grab akan bawa anak mitra pengemudi siap ke industri digital
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) melalui SYNRGY Academy, sebuah program corporate social responsibility (CSR) yang bekerja sama dengan Binar Academy, bertujuan rutin mengembangkan talenta IT.

Program berbasis Digital Talent Accelerator ini sudah dimulai sejak awal 2020. Karena dirancang untuk mencetak tenaga IT yang profesional dan siap memasuki dunia kerja, maka kurikulum yang diajarkan merupakan pembelajaran berbasis proyek dan dirancang khusus oleh praktisi industri digital.

Untuk meningkatkan keterampilan, rekrutmen dan pengelolaan sumber daya manusia, BCA dan Binar Academy melalui SYNRGY Academy mengumumkan kolaborasi bersama Grab Indonesia. Program SYNRGY Academy Batch Grab digagas khusus untuk mengembangkan hard skill dan soft skill anak-anak Mitra Pengemudi Grab di bidang IT.

“Kami berkomitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia salah satunya melalui program  SYNRGY Academy. Pada kesempatan istimewa ini, melalui SYNRGY Academy Batch Grab, BCA ingin memberikan kesempatan seluas-luasnya untuk masyarakat Indonesia khususnya anak-anak Mitra pengemudi Grab yang ingin terjun ke bidang IT. Harapannya, melalui model pembelajaran yang diterapkan dapat turut menumbuhkan kemampuan intrapersonal dari setiap peserta untuk bisa tumbuh menjadi talenta digital kebanggaan Indonesia di waktu yang akan datang,” ujar Executive Vice President CSR BCA Inge Setiawati.

Pada program ini, BCA membiayai anak-anak Mitra Pengemudi Grab untuk mengikuti program pengembangan keterampilan, sehingga mereka memiliki hard skill maupun soft skill. Selain itu, program ini akan mengembangkan SDM yang memiliki etos kerja yang baik, kemampuan kolaborasi atau kerjasama tim dan memiliki pola pikir yang haus belajar.

“Saat ini banyak generasi muda yang merupakan anak-anak Mitra Pengemudi kami yang ingin bekerja di sektor teknologi saat mereka dewasa nanti. Sebagai perusahaan teknologi yang beroperasi di Indonesia, kami juga ingin membantu generasi muda untuk berkembang, mempersiapkan mereka dengan keterampilan yang dibutuhkan oleh industri 4.0. Sejalan dengan semangat GrabForGood, SYNRGY Academy Batch Grab adalah kontribusi sosial Grab agar Mitra Pengemudi kami terus berkembang dalam era ekonomi digital,” kata Country Managing Director Grab  Indonesia Neneng Goenadi.

Terdapat syarat bagi calon siswa untuk ikut program SYNRGY Academy Batch Grab. Siswa yang mengikuti program ini merupakan anak dari Mitra Pengemudi Grab dan sudah lulus minimal SMA/sederajat. Kegiatan pelatihan SYNRGY Academy Batch Grab akan dibagi menjadi dua fase dimana fase pertama merupakan Pre-Bootcamp dimana siswa akan mendapatkan kelas untuk membuat produk dalam bentuk web dan berkolaborasi dengan siswa lain dalam kelompok.

Sedangkan fase kedua akan ada lima pilihan kelas, yaitu Frontend, Backend, Android Engineering, Quality Assurance, dan kelas UI/UX yang digabung bersamaan dengan Product Management. Kegiatan pelatihan di fase dua ini akan berjalan selama 5x dalam seminggu dalam 4 bulan, dimana 2.5 bulan untuk membahas materi dan 1.5 bulan untuk konsultasi dengan fasilitator.

Setelah lulus dari program SYNRGY Academy Batch Grab, siswa diharapkan mampu untuk membuat produk digital dengan tema yang sudah ditentukan. Pembagian tema akan diadakan sebelum final project dimulai dan akan diselesaikan secara berkelompok. Setelah mengetahui final project, siswa akan diberikan pembekalan dalam bentuk workshop sesuai kebutuhan final project nya.

“Program ini memiliki tujuan untuk menciptakan perubahan dan memberikan dampak bagi Indonesia dengan membuka kesempatan bagi masyarakat untuk terjun ke industri digital yang sedang booming melalui program Digital Talent Accelerator dari kami.
Kurikulum untuk SYNRGY Academy Batch Grab ini  disertifikasi oleh Education Alliance Finland dan telah diadopsi oleh merek terkemuka dari berbagai industri,” kata CEO Binar Academy Alamanda Shantika.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year