Jungle Ventures dan White Star Capital investasi di Sleek

11:27:53 | 16 Nov 2021
Jungle Ventures dan White Star Capital investasi di Sleek
JAKARTA (IndoTelko) - Sleek memperoleh pendanaan Seri A senilai US$14 juta atau senilai lebih Rp 200 miliar (kurs Rp 14.300) yang dipimpin oleh Jungle Ventures dan White Star Capital.

Perolehan dana segar ini menambah total pendanaan menjadi US$24 juta. Sleek akan menggunakan dana segar tersebut untuk memperkuat pengembangan teknologi dan produk, perekrutan SDM, berekspansi di pasar yang sudah ada, dan memasuki pasar yang baru.     

Pelaku UKM sering kerepotan karena harus secara terpisah menangani beberapa hal seperti sekretaris perusahaan, bank, pajak, gaji, layanan karyawan, asuransi, dsb. Didirikan pada tahun 2017 oleh Julien Labruyere dan Adrien Barthel di Singapura, Sleek merupakan sistem operasional back-end untuk para start-up dan UMKM, sebuah platform yang sederhana untuk di gunakan, untuk mengatur semua operasi back office secara mulus, serta mencari panduan dari para profesional berkualifikasi. Platform ini menyederhanakan, mengotomatisasikan, dan mengintegrasikan pengaturan perusahaan, pelaporan keuangan dan peraturan, pembukuan, dan layanan perbankan.

Sleek terus menambah pelanggan yang terus bertumbuh hingga lebih dari 5.000 perusahaan, yang secara kolektif menghasilkan pendapatan senilai US$700 juta dan memproses lebih dari 1,4 juta transaksi pembukuan pada tahun 2020. Sejak didirikan, Sleek telah berekspansi ke luar Singapura, yaitu ke Hong Kong, Australia, England dan Philippines.  

“Kami sangat bersemangat bekerja sama dengan White Star Capital dan Jungle Ventures, seiring dengan ekspansi layanan kami dan memasuki dua pasar baru – Australia dan England. Kerja sama ini memungkinkan kami tumbuh lebih cepat dan mengembangkan produk kami lebih jauh untuk menjadi go-to digital platform bagi semua pengusaha,” kata Co-Founder Sleek Julien Labruyere.

Perusahaan ini juga terus menambah ragam layanannya. Baru-baru ini, Sleek meluncurkan Sleek Business Account yang menyederhanakan pembukaan akun bank bagi UKM. Layanan ini memungkinkan start-up dan Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk membuka akun penyimpanan dalam waktu satu hari saja melalui aplikasi Sleek, dan memulai transaksi, menghilangkan persyaratan dokumen yang rumit sebelum membuka akun. Sebagai tambahan, rincian akun juga bisa dilihat dengan mudah di dashboard Sleek bersama dengan metrik perusahaan lainnya untuk menyederhanakan rekonsiliasi bank untuk tujuan akuntansi dan pembukuan. Sleek juga berencana meluncurkan produk untuk menangani remitansi dan penerbitan kartu.

“Dengan peluncuran Sleek Business Account, kami telah menambahkan komponen penting dalam visi produk kami untuk membangun Sistem Operasi bagi pengusaha. Berakhir sudah masa-masa ketika anda harus menavigasi antara sekretaris perusahaan, akuntan dan bankir anda – seringkali mengirim dokumen melalui kurir. Kini setiap orang dapat memulai sebuah perusahaan dan mengumpulkan pembayaran pertama dalam satu hari, dari mana saja,” kata Co-Founder Sleek Adrian Barthel.

Managing Partner Jungle Ventures David Gowdey menambahkan Sleek menjawab tantangan dari manajemen back office untuk start-up dan UMKM secara global yang saat ini masih kurang dilayani. “Pertumbuhan mereka melintasi wilayah, dan ekspansi yang cepat adalah bukti dari penggunaan platform yang terakselerasi serta nilai yang diberikan kepada ekosistem. Ini merupakan bisnis yang luar biasa dengan potensi pertumbuhan yang besar, dan kami sangat bersemangat bekerja sama dengan Adrien dan Julien, serta mendukung pertumbuhan tahap selanjutnya dengan memanfaatkan keahlian dan jaringan global kami,” katanya.

Founder dan Managing Partner White Star Capital Eric Martineau-Fortin sangat berpuas hati untuk dapat melakukan investasi kedua kami di Asia Tenggara dari penggalangan dana investasi ketiga yang baru kami umumkan. “Kami percaya dapat menjadi partner yang luar biasa untuk Sleek dan memanfaatkan rekam jejak global kami untuk memperkuat pertumbuhan Sleek di Eropa dan Australia,” katanya.

Sleek telah mengumumkan ekspansinya ke Eropa dengan mengakuisisi Fresh Startups, pemimpin pasar manajemen inkorporasi di England yang telah bekerja sama dengan 450.000 perusahaan di England sejak berdiri pada tahun 2005. Sleek akan menambahkan ke penawaran Fresh Startups yang sudah ada untuk membangun platform manajemen layanan korporat yang holistik bagi bisnis dan pengusaha yang berada di England. Ketentuan finansial dari perjanjian tersebut tidak disebutkan. 

Artikel Terkait
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories