Paket Semangat Kemerdekaan
Paket Semangat Kemerdekaan

Ada 40 startup terbaik lintas industri dari BCA SYNRGY Accelerator Batch 4

05:09:04 | 14 Nov 2021
Ada 40 startup terbaik lintas industri dari BCA SYNRGY Accelerator Batch 4
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) - PT Bank Central Asia Tbk baru saja menyelesaiakan program SYNRGY Accelerator Batch 4.  Penutupan program ini ditandai dengan sudah diselenggarakannya acara Virtual Demo Day yang disaksikan oleh lebih dari 900 partisipan.

Demo Day diawali dengan sambutan oleh Hendra Lembong (Director of IT BCA) yang diwakilkan oleh Adi Prasetyo (Senior VP Digital Innovation Solution BCA) dan Faye Wongso (Co-Founder & CEO KUMPUL). Kegiatan dilanjutkan dengan Talkshow "Financial Digital Solution" bersama Adi Prasetyo (Senior VP Digital Innovation Solution BCA) dan Melisa Hendrawati (Chief Financial Officer OY! Indonesia) yang dimoderatori oleh Amalia Aininnur (VP Ecosystem KUMPUL). 

Setelah talkshow diadakan sesi startup pitching dan sesi Q&A bersama para juri experts diantaranya Deandra Fidelia (Investment Analyst Central Capital Ventura), Dina Dellyana (Director Thegreathub Business Incubator SMB ITB) dan Hanny Cecilia (Channel Director Huawei Cloud Indonesia).  Sepanjang kegiatan Demo Day, partisipan juga dapat mengunjungi Virtual Booth startup yang berisikan detail semua startup SYNRGY Accelerator Program Batch 4 dan berbagai aktivitas lainnya.

Program ini menerima 230+ startup pendaftar, 100 startup lolos seleksi untuk mengikuti program online bootcamp selama 3 hari. Dari 100 startup terpilih Top 40 Startup BCA SYNRGY Accelerator Program Batch 4, para Top 40 mengikuti intensif program selama 3 bulan berupa mentoring, workshop, community event dan sesi networking antara startup dan korporasi serta sharing dari para pakar yang ahli di bidangnya untuk mendapatkan kesempatan penanaman modal, kolaborasi dan eksposur.

Program ini diadakan sejak 2019, dan terus konsisten untuk mendukung dan mendorong tumbuhnya ekosistem startup di Indonesia. Bekerja sama dengan KUMPUL dalam menjalankan program BCA SYNRGY Accelerator Batch 4 sebagai wadah kolaborasi antara komunitas startup, program ini diharapkan hadir sebagai salah satu bentuk komitmen nyata BCA dengan visi untuk mengembangkan ekosistem startup karya anak bangsa untuk terus maju melangkah dan menjadi motor perekonomian bangsa Indonesia.

Dikatakan Senior VP Digital Innovation Solution BCA Adi Prasetyo, dengan melihat antusiasme serta semangat juang yang dimiliki para anak bangsa dalam memberikan solusi berbasis teknologi untuk memecahkan berbagai permasalahan yang dialami masyarakat, memotivasi BCA untuk menyelenggarakan program ini agar para peserta tidak hanya dapat mengepakan sayapnya di kancah nasional tetapi juga internasional. “Selain itu pertumbuhan startup di seluruh Indonesia akan turut berdampak bagi pertumbuhan ekonomi digital,” katanya.

Penyelenggaraan ke-4 ini, BCA dan KUMPUL lebih menjangkau startup di berbagai kota tier-2 dan tier-3 dari berbagai penjuru Indonesia, serta membina startup dengan berbagai latar belakang bidang yang bervariasi. Secara garis besar startup yang terpilih tersebar dari Pulau Jawa, Sumatera dan Bali. Mayoritas berasal dari kota Jakarta, Yogyakarta, dan diikuti oleh Tangerang, Bandung, Surabaya serta Batam. 

Startup yang terpilih tentunya telah melewati screening dokumen dengan kriteria umum, seperti startup yang sudah terbentuk badan hukum, memiliki produk yang sudah live dan traction. Selain itu, startup yang terpilih harus lolos dalam proses interview dan pitching saat menjalani online bootcamp.

telkom sigma
Sementara VP of Ecosystem dari KUMPUL, Amalia Aininnur mengungkapkan, dari 40 startup terpilih, hampir sepertiganya berasal dari vertikal Edutech, diikuti oleh SaaS (Software as Service), Healthtech, Marketplace, Tourism, AI & IoT, HR, Sustainability, serta Fintech & Fintech Enabler. Variasi vertikal ini tentunya muncul dari perkembangan kebutuhan masyarakat pasca pandemi. “Tentunya diharapkan lewat pelatihan dan kesempatan yang diberikan di BCA SYNRGY ini dapat membuka peluang yang dapat mengakselerasi pertumbuhan masing-masing startup,” katanya. (sg)

Artikel Terkait