Paket Semangat Kemerdekaan
Paket Semangat Kemerdekaan

TransTRACK.ID disuntik dana segar Rp8 miliar

03:04:07 | 10 Okt 2021
TransTRACK.ID disuntik dana segar Rp8 miliar
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) - TransTRACK.ID mengumumkan putaran pendanaan awal senilai Rp 8 miliar. Dipimpin oleh perusahaan modal ventura tahap awal yang berbasis di Singapura, Cocoon Capital, putaran ini juga diikuti oleh Indonesian Women Empowerment Fund (IWEF).

TransTRACK.ID juga baru saja lolos dan menerima investasi dari Accelerating Asia, akselerator modal ventura yang berbasis di Singapura.

Ada lebih dari 62 juta kendaraan komersial di Indonesia, tetapi hanya 2% dari mereka yang terhubung ke Fleet Management System (FMS). Tanpa FMS, manajer armada mengalami keterbatasan pengawasan terhadap armada mereka, yang berujung menghasilkan berbagai masalah termasuk meningkatnya biaya pemeliharaan dan bahan bakar, pengiriman  layanan  yang buruk, kemungkinan terjadinya pencurian, penyalahgunaan kendaraan dan kecelakaan yang sering terjadi.

TransTRACK.ID menawarkan solusi telematika armada all-in-one untuk membantu industri logistik mengoptimalkan operasional armada. Platform TransTRACK.ID mengumpulkan dan menganalisis data telemetri real-time seperti geolokasi, tingkat bahan bakar, jarak tempuh, dan peringatan untuk pemeliharaan kendaraan armada.

Dengan memanfaatkan data akurat, para manajer armada dan pengemudi sekarang memungkinkan untuk membuat keputusan berdasarkan informasi untuk merampingkan sistem manajemen  inventaris,  pengiriman,  dan proses pemeliharaan. Perangkat lunak ini dapat dengan mudah diintegrasikan dengan lebih dari 1.000 perangkat GPS yang ada untuk mendapatkan data kinerja dan perilaku para pengemudi armada. Selain itu, TransTRACK.ID juga menawarkan manfaat tambahan berupa jaminan keselamatan bagi para pengemudi dengan menyediakan perlindungan asuransi kepada pelanggannya.

Didirikan pada 2019, perusahaan ini telah mencapai pertumbuhan yang signifikan, mendukung kinerja ribuan kendaraan dan armada di Indonesia. Dengan TransTRACK.ID, pemilik armada mencatatkan 25% penurunan pengeluaran biaya bahan bakar dan 20% peningkatan pemanfaatan kendaraan, memungkinkan penghematan hingga jutaan rupiah per bulan. Melalui pendanaan ini, TransTRACK.ID akan menggunakannya untuk meningkatkan pengembangan produk dan memperluas jaringan mitranya di seluruh Indonesia untuk mendominasi pasar.

"Misi utama kami adalah membuat jalan Indonesia lebih aman dan lebih efisien bagi pelaku bisnis logistik. Kondisi lockdown pandemi COVID-19 menyebabkan pengurangan yang signifikan dalam penggunaan armada, yang justru meningkatkan pentingnya pemantauan dan optimalisasi pengendalian setiap perjalanan armada. TransTRACK.ID mendukung manajer armada di seluruh negeri untuk meningkatkan produktivitas dan penggunaan kendaraan yang lebih efisien dan efektif, membantu mereka mengurangi biaya dan meningkatkan keuntungan," ucap CEO dan Co-founder TransTRACK.ID Anggia Meisesari.

telkom sigma
Managing Partner di Cocoon Capital Michael Blakey baru-baru ini bergabung dengan dewan direksi TransTRACK.ID Industri logistik berada di titik perubahan bidang digitalisasi dan Asia Tenggara memiliki salah satu tingkat pertumbuhan tertinggi dalam adopsi telematika. “Cocoon Capital sangat bersemangat untuk bergabung dengan Anggia, Pujud dan tim mereka dalam perjalanan untuk merampingkan sistem operasional pasar logistik angkutan jalan yang bernilai US$150 miliar (setara lebih dari Rp 2,134 triliun)  di Indonesia," katanya.(ak)

Artikel Terkait