Paket Semangat Kemerdekaan
Paket Semangat Kemerdekaan

NOICE raih pendanaan Pra-Seri A dari Alpha JWC Ventures dan Go-Ventures

03:06:17 | 07 Sep 2021
NOICE raih pendanaan Pra-Seri A dari Alpha JWC Ventures dan Go-Ventures
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) – NOICE, perusahaan rintisan teknologi yang menghadirkan platform konten audio, mengumumkan putaran pendanaan Pra-Seri A dari Alpha JWC Ventures dan Go-Ventures. Firma modal ventura lainnya seperti Kinesys Group, Kenangan Fund dan beberapa angel investors juga turut berpartisipasi dalam pendanaan ini.

Diluncurkan pada tahun 2018, NOICE merupakan platform audio streaming yang fokus pada konten audio lokal dengan sekitar 800.000 pengguna di seluruh Indonesia. NOICE memiliki jaringan podcast terbesar di Indonesia dengan lebih dari 100 program konten original, termasuk radio dan audiobook. Platform ini juga mengedepankan fitur interaksi (engagement) yang memfasilitasi kreator konten untuk dapat berinteraksi dua arah dengan para pendengarnya.

Demi mendukung tujuan perusahaan untuk menjadi platform konten audio terbesar di Indonesia, NOICE baru-baru ini menggandeng pimpinan baru, Rado Ardian sebagai Chief Executive Officer (CEO) dan Niken Sasmaya sebagai Chief Business Officer (CBO). Keduanya memiliki latar belakang kuat di industri teknologi dan konten berbekal pengalaman karir di Google Asia Pacific.

Per Q3/2021, NOICE telah mencatat lebih dari 1 miliar menit telah dihabiskan pengguna untuk mendengarkan konten audio di platform NOICE. Hal ini menunjukkan tingginya ketertarikan dan konsumsi konten audio yang didengarkan di platform NOICE. Para pengguna NOICE umumnya sangat menyukai program podcast serta kreatornya. Loyalitas tersebut membuktikan betapa menjanjikannya masa depan industri media audio dan tren ekonomi kreator ini. Tidak hanya dari sisi konten yang didengarkan di aplikasi, jumlah pengguna NOICE juga mengalami peningkatan sebesar 144% selama satu tahun terakhir.

“Pendanaan ini akan kami fokuskan penggunaannya pada tiga area kunci. Pertama, pengembangan teknologi, khususnya pada fitur live audio terbaru yang kami harapkan bisa diluncurkan segera. Kedua, pengembangan konten original, dan ketiga, rekrutmen anggota tim dengan berbagai latar belakang yang terbaik di bidangnya. Selain itu, kami juga tengah menggabungkan fitur-fitur baru di dalam platform NOICE untuk memperluas distribusi konten, membangun sistem untuk kreator membuat konten, monetisasi, serta meningkatkan interaksi antara kreator dan  pendengar di dalam aplikasi NOICE secara signifikan,” kata Rado Ardian.

NOICE Live merupakan fitur audio vertikal terbaru yang akan segera diperkenalkan oleh NOICE sebagai pelengkap dari fitur podcast, audiobook dan radio streaming. NOICE Live akan menghadirkan pengalaman social networking yang berbeda dalam format audio, dimana akan ada interaksi real-time antar komunitas, termasuk interaksi antara kreator dan pendengar, musisi dan fansnya atau bahkan para ahli (experts) dan audiensnya.

“Keunggulan utama yang kami miliki adalah konten original berkualitas yang tersedia hanya di NOICE di mana kami berkolaborasi dengan berbagai kreator konten berbakat, dari mulai kreator pemula hingga selebriti terkenal. Para kreator ini mewujudkan mimpi mereka lewat karya yang dihadirkan melalui berbagai genre seperti musik, horor, parenting, komedi, lifestyle, dan edutainment. Untuk mengakomodasi pengguna yang berada di luar Jakarta, kami juga akan fokus pada strategi hyperlokal dengan menggandeng kreator konten lokal untuk menciptakan konten yang relevan di daerahnya masing-masing. Visi kami adalah menciptakan ekosistem kreator konten audio di Indonesia dimana kreator bisa berkembang dan terkoneksi dengan para pendengarnya dan menjaga loyalitas komunitas tersebut,” kata CBO NOICE Niken Sasmaya.
 
Partner, Alpha JWC Ventures Eko Kurniadi melihat perkembangan pesat pada platform NOICE dengan konsep all-in-one mereka, strategi hyperlocal-nya, serta ekspansi tim dan komunitas kreatornya.

telkom sigma
“Tidak hanya itu, apa yang ditawarkan NOICE ke depannya sangat menarik dan akan membuat perubahan besar di industri konten audio di Indonesia. Visi NOICE untuk menciptakan ekosistem konten audio juga merupakan alasan kuat yang membuat kami percaya akan potensi NOICE untuk menjadi yang terbaik di ranah lokal. Kami bangga bisa melanjutkan komitmen kami untuk mendukung kinerja perusahaan kedepannya,” katanya.(wn) 

Artikel Terkait
Financial Analysis
Sah! Indosat dan Tri merger