Paket Semangat Kemerdekaan
Paket Semangat Kemerdekaan
telkomsel halo

Mengenal frontliner di bandara Soekarno-Hatta

05:50:00 | 09 Aug 2021
Mengenal frontliner di bandara Soekarno-Hatta
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) - Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) dinilai sebagai salah satu bandara dengan staf terbaik di dunia dan berhasil meraih Sktrax World Airport Awards 2021 sebagai peringkat 10 kategori World’s Best Staff Airport 2021.

Penghargaan ini diberikan sejalan dengan kualitas staf frontliner di bandara mencakup perilaku, keramahan dan efisiensi dalam melayani pelanggan. Staf frontliner termasuk staf yang bekerja membantu pelanggan, staf keamanan, staf imigrasi, staf ritel, dan lain sebagainya.

President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan penghargaan dari dunia internasional ini membuktikan dedikasi staf di Bandara Soekarno-Hatta dalam menjalankan tugas dan pekerjaannya.

“Kami sangat bangga dan berterima kasih kepada seluruh staf frontliner di Bandara Soekarno-Hatta, baik staf dari AP II maupun stakeholder lainnya, atas dedikasi menjalankan tugas. Pandemi COVID-19 tidak menjadi alasan bagi kalian untuk tetap memberikan pelayanan kepada masyarakat, dan kini kalian menjadi salah satu yang terbaik di dunia. Terima kasih telah membawa Bandara Soekano-Hatta berada di jajaran Top 10 World’s Best Staff Airport 2021. Hal ini sekaligus menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia memiliki orang-orang terbaik dalam bidang hospitality khususnya memberikan suatu airport hospitality experience kepada penumpang pesawat atau pengunjung bandara,” ujar Muhammad Awaluddin.

Inovasi juga dihadirkan dalam layanan kepada pelanggan di Bandara Soekarno-Hatta, seperti misalnya adanya personel digital officer with digital device, Video Customer Assistant (VICA), concierge express, dan lain sebagainya.

Berikut secara umum staf frontliner AP II yang bertugas di Bandara Soekarno-Hatta untuk melayani berbagai kebutuhan penumpang pesawat dan pengunjung bandara:

1. Service Quality Inspector
Bertugas untuk memastikan pelanggan dapat selalu mendapatkan seamless journey experience selama di bandara dengan mengukur, memantau, menganalisis aktivitas pelayanan di bandara. Selain itu, petugas juga melakukan tindak lanjut atas temuan yang menyangkut pelayanan di bandara.

2. Customer service
Bertugas  melakukan kegiatan pelayanan informasi di information counter atau melalui VICA (Video Customer Assistant), melakukan pengumuman terkait penerbangan dan non-penerbangan melalui Public Adress System, menangani kebutuhan pelanggan secara langsung maupun tidak langsung, dan juga melakukan pelayanan di VIP room

3. Digital Officer With Digital Device
Petugas customer service yang dilengkapi dengan berbagai gadget untuk memastikan suatu isu dapat ditangani dengan baik agar tidak semakin besar

4. Golf Car Assistant
Bertugas memberikan layanan alat transportasi di dalam gedung terminal menggunakan golf car

5. Aviation Security
Bertugas melakukan pengendalian dan pengawasan keamanan bandara termasuk melakukan pemeriksaann keamanan terhadap orang, barang dan kendaraan

6. Land Transportation Assistant
Bertugas mengawasi dan memastikan terpenuhinya standar layanan pada Shelter Ground Transportasion dan Skytrain

7. Transit Oriented Development (TOD) Service
Bertugas mengawasi dan memastikan terpenuhinya standar layanan TOD yang terletak di area belakang Bandara Soekarno-Hatta, sebagai gedung transit bagi perjalanan masyarakat untuk dapat menuju ke dalam bandara menggunakan transportasi publik

8. Concierge Express
Petugas yang memberikan layanan asistensi dan helper premium yang dapat digunakan oleh calon penumpang pesawat yang dapat dipesan melalui aplikasi travelin atau langsung di booth di terminal penumpang

9. Terminal inspection services
Petugas yang memastikan kesiapan fasilitas layanan di gedung terminal penumpang serta melakukan pengukuran terhadap standar layanan

Paket Semangat Kemerdekaan
Muhammad Awaluddin mengatakan layanan customer service di Bandara Soekarno-Hatta juga didukung dengan aplikasi iPerform yang digunakan oleh internal AP II.

Melalui iPeform berbagai layanan yang berdampak pada kepuasan pelanggan dapat dipantau seperti misalnya layanan bagasi, utilisasi konter check-in, hingga penggunaan parking stand untuk memperlancar kedatangan dan keberangkatan penumpang pesawat.

Skytrax World Airport Awards 2021 merupakan ajang bergengsi kelas dunia yang memberikan penghargaan bagi bandara-bandara terbaik di dunia berdasarkan survei dengan responden yang terlibat berasal lebih dari 100 negara.(pg)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year