Paket Semangat Kemerdekaan
Paket Semangat Kemerdekaan
telkomsel halo

Grab dan Kemenparekraf dukung UMKM di Danau Toba

16:46:00 | 22 Feb 2021
Grab dan Kemenparekraf dukung UMKM di Danau Toba
Prosesi kerjasama (dok)
TOBA (IndoTelko) - Berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Grab Indonesia dukung UMKM Ekonomi Kreatif melalui #BeliKreatifDanauToba. Program ini juga dalam rangka mempercepat pemulihan ekonomi melalui sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. 

Inisiatif ini merupakan kelanjutan kerja sama kedua pihak untuk mendukung Bangga Buatan Indonesia (BBI) 2021 dan mendukung 5 destinasi super prioritas. 


Dukungan Grab akan difokuskan pada promosi perjalanan dan eksplorasi Danau Toba melalui layanan Grab, pelatihan peningkatan kualitas layanan bagi merchantdan mitra pengemudi, penyediaan paket promosi wisata yang menarik dan terjangkau, serta mendukung penerapan CHSE, protokol kesehatan yang berbasis pada Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment Sustainability (Kelestarian Lingkungan) dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. 

Dijelaskan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia Luhut Binsar Pandjaitan, sebagai salah satu dari 5 destinasi wisata super prioritas, Danau Toba memiliki potensi yang sangat besar, baik dari segi pariwisata maupun dampaknya bagi masyarakat dan UMKM sekitarnya. Selain pembangunan berkelanjutan, kemampuan sumber daya yang terampil dan penguasaan IPTEK juga dapat menjadi motor penggerak pertumbuhan destinasi Danau Toba.  "Pelatihan dan dukungan dari Grab juga berkontribusi dalam percepatan pembangunan dan mendorong keberhasilan program Bangga Buatan Indonesia," tambahnya saat prosesi kerjasama keduanya di kawasan Danau Toba.

Di tempat yang sama, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Uno mengatakan, program Beli Kreatif Lokal di Danau Toba bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada pelaku bisnis di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif agar dapat bertahan dalam situasi yang penuh tantangan ini. "Kami berharap ini dapat meningkatkan lapangan kerja di sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sehingga dapat berkontribusi pada pemulihan ekonomi Indonesia. Peran pihak swasta seperti Grab merupakan salah satu bagian penting dalam proses ini, dan kami menyambut baik dukungan berkelanjutan yang diberikan oleh Grab kepada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif tanah air,” tambah Sandi.

Paket Semangat Kemerdekaan
Sementara,  President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata menambahkan, beberapa destinasi pariwisata menghadapi risiko penurunan ekonomi yang jauh lebih tinggi dan sangat penting bagi kita untuk mendukung UMKM di bidang pariwisata dalam menghadapi krisis COVID-19. Hal ini dikarenakan destinasi wisata ini memerlukan pemulihan ekonomi yang lebih cepat. Melalui layanan kami dan dengan melatih UMKM dan mitra pengemudi Grab di Toba, kami berharap dapat meningkatkan aktivitas pariwisata dan ekonomi kreatif di kawasan ini serta mendukung UMKM untuk bisa #TerusUsaha. 

"Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kesiapan dan ketahanan mereka sehingga dapat berkembang dan menjadi bagian dari pemulihan ekonomi serta mendukung program Bangga Buatan Indonesia 2021. Kami optimis industri ini akan segera pulih melalui upaya gotong royong antara pemerintah dan swasta untuk memastikan dukungan kepada semua pihak,” ujar Ridzki. 

Beberapa bentuk dukungan Grab, difokuskan pada beberapa inisiatif, antara lain ; mempromosikan perjalanan dan eksplorasi tujuan wisata super prioritas, memberikan pelatihan peningkatan kualitas pelayanan dan keterampilan bagi merchantdan mitra pengemudi di Danau Toba, Menghadirkan informasi paket promo liburan yang menarik dan terjangkau, dukungan Implementasi CHSE (Cleanliness, Health, Safety, andEnvironment Sustainability. (sg)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year