Paket Semangat Kemerdekaan
Paket Semangat Kemerdekaan
telkomsel halo

Bisnis Builder.ai cerah selama pandemi

18:53:51 | 20 Feb 2021
Bisnis Builder.ai cerah selama pandemi
JAKARTA (IndoTelko) ​- ​Builder.ai​, platform pengembang perangkat lunak berkekuatan AI terkemuka yang memberdayakan pelaku bisnis untuk membangun, menjalankan, dan meningkatkan proses pengembangan perangkat lunak tanpa keahlian teknis atau koding, mengumumkan pertumbuhan pesat di tahun 2020, dengan peningkatan pendapatan bulanan mencapai 230% sejak awal pandemi.

Lebih lanjut, perusahaan ini juga memecahkan rekor penjualan produk ​Studio​, yang tumbuh 21% setiap bulan sejak April 2020.

Di saat COVID-19 memberikan berbagai dampak negatif pada bisnis dan menyebabkan bangkrutnya banyak perusahaan di seluruh dunia, pandemi tersebut juga telah mendorong lebih dari sepertiga pelaku bisnis untuk meningkatkan penggunaan teknologi digital agar dapat beradaptasi dan selalu kompetitif.

Forrester memprediksi, 75% proses pembuatan aplikasi digital akan menggunakan platform low-code ​pada akhir 2021​. Pasar platform ​low code secara global juga diprediksi akan menghasilkan pendapatan senilai US $187 miliar pada 2030.

Pertumbuhan ini didorong oleh meningkatnya permintaan digitalisasi bisnis, berkurangnya ketergantungan pada profesional teknologi informasi, serta semakin ketatnya aturan pemerintah. Seluruh faktor tersebut telah berperan penting dalam pertumbuhan bisnis Builder.ai selama setahun terakhir.

“Dengan adanya ketidakpastian akibat pandemi, saya ingin Builder.ai dapat menjadi platform yang memberikan harapan kepada pemilik usaha kecil dalam upaya mempertahankan pelanggannya, serta bagi para pengusaha yang bertekad kuat dalam menciptakan ide bisnis baru- mereka adalah ​the new developers​. Pelaku bisnis di industri seperti ritel, fesyen, pariwisata, dan perhotelan, terdampak pandemi cukup keras. Kami ingin bermitra dengan mereka yang mengadopsi pola pikir ​digital first untuk selalu kompetitif. Melalui platform order to create kami, disertai dengan kemampuan menurunkan biaya dan mempercepat proses pembuatan perangkat lunak secara drastis, kami ingin memberikan kesempatan kepada pelaku bisnis, baik besar maupun kecil, untuk bertahan dan mencapai pertumbuhan bisnis jangka panjang. Dengan mengingat hal ini, kami akan mengupayakan platform kami agar dapat mendorong penerapan teknologi digital pada pelaku usaha kecil," ucap CEO dan Co-Founder Builder.ai Sachin Dev Duggal.

Pencapaian yang dicapai Builder.ai pada tahun 2020, meliputi:
● Peluncuran Studio Rapid pada Oktober 2020: ​Studio Rapid ​menerapkan pendekatan ​clean-design centric ​tanpa kode yang memungkinkan pelanggan untuk build-to-create a​ plikasi mereka dalam kurun waktu kurang dari sehari. Para pelaku bisnis dapat menyesuaikan aplikasi mereka semudah menciptakan slide presentasi PowerPoint dengan cara memindahkan elemen desain, seperti gambar, ikon, bahasa, dan teks. Platform ini berpusat pada strategi Zero Day, di mana aplikasi dapat diuji coba, dioptimasi, dan diterapkan dalam satu hari.

● Peningkatan Jumlah Pelanggan Baru: ​Pengguna Buider.ai mengalami kenaikan lebih dari 2,5 kali lipat dalam 12 bulan terakhir. Selain itu, Builder.ai juga memperluas cakupan klien dengan menyertakan beberapa merek ternama global seperti Pepsi, The US Air Force, Xander Group, dan Indian Army.

● Perolehan penghargaan: ​Pada bulan Juni, Builder.ai memenangkan penghargaan sebagai ‘Hottest AI Startup’ di ajang Europas 2020. Penghargaan ini didapatkan beberapa hari setelah perusahaan menyabet gelar “Best COVID-19 Innovation for Recovery” pada CogX Innovation Award 2020 untuk produk ​Studio Store​, yang menggambarkan ulang kepemilikan ​custom apps ​dan membuat proses pengembangan aplikasi menjadi lebih efisien dibanding platform SaaS biasa yang cenderung kaku.

● Kenaikan jumlah karyawan: ​Mempekerjakan personel terbaik menjadi prioritas utama Builder.ai di tahun 2020. Perusahaan ini melakukan penambahan tim sebanyak 130 anggota baru selama masa pandemi, yang tersebar di Inggris, Amerika Serikat, Asia Tenggara, dan Timur Tengah. Builder.ai akan memasuki tahun 2021 dengan semangat dan fokus yang berorientasi pada tim.

Seiring berjalannya perusahaan dengan strategi dan rencananya di tahun 2021, CEO Sachin Dev Duggal Menunjuk dua eksekutif untuk bergabung sebagai jajaran C- Suite mereka.

● Penunjukan Chief Operating Officer: ​Joseph Norena, bergabung dengan Builder.ai sebagai Chief Operating Officer pertama yang dimiliki perusahaan ini. Dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di bidang manajemen operasional, Norena terakhir kali menjabat sebagai Managing Director HSBC di London dan New York.

Sebelumnya, dia adalah Head of the Trading Execution Desk di Bridgewater Associate. Norena juga pernah menjadi Industry Advisor Armstrong Wolfe dan Board Advisor untuk startup layanan kesehatan berbasis AI. Penunjukkan Joseph Norena sebagai Chief Operating Officer menandakan terhubungnya kembali kerjasama antara Sachin dan Joseph yang lama terjalin sejak keduanya bekerja di Deutsche Bank.

Paket Semangat Kemerdekaan
Joseph Norena, Chief Operating Officer Builder.ai mengatakan: "Saya telah mengamati apa yang telah dilakukan Builder.ai di ranah pengembangan software low code and ​no code selama beberapa waktu. Ketika ada kesempatan bergabung dengan Builder.ai sebagai Chief Operating Officer yang pertama, saya merasa sangat senang. Transformasi digital bukanlah hal yang mudah, bahkan untuk perusahaan besar sekalipun - menghabiskan banyak uang dan membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk menyelesaikannya, dan membutuhkan banyak keahlian teknis dan koding. Menjadi bagian dari perusahaan yang menghadirkan solusi atas masalah ini, terutama di tengah situasi COVID-19 ini, membuat saya sangat bangga. Saya berharap dapat membantu Builder.ai membangun proses operasional dan efisiensi perusahaan untuk mencapai tujuan bisnisnya pada tahun 2021 dan masa yang akan datang.

● Penunjukan Chief Financial Officer​: Terbaru, Andres Elizondo diangkat sebagai Chief Financial Officer pertama Builder.ai. Ia memiliki pengalaman selama lebih dari 15 tahun sebagai Chief Financial Officer, Direktur Non-Eksekutif dan Dewan Penasihat di sektor teknologi, khususnya perusahaan SaaS. Sepanjang karirnya, ia telah berhasil memimpin fungsi keuangan lembaga global, termasuk membina perusahaan privat menjadi perusahaan publik (contoh IPO RXT 2020). Selama 10 tahun terakhir, Elizondo memegang jabatan senior di bidang keuangan Rackspace Technology, dengan puncak karir terbarunya sebagai CFO EMEA di mana dia bertanggung jawab terhadap operasional pendapatan tahunan senilai lebih dari US$ 600 juta.
Andres Elizondo, Chief Financial Officer Builder.ai, mengatakan: "Apa yang saya sukai dari nilai proposisi Builder.ai adalah perusahaan ini tidak mencoba melakukan hal yang sama dengan pemain di industri lainnya. Perusahaan ini sangat berfokus pada upaya mendobrak model standar dan mendisrupsi penerapan teknologi digital. Saya berharap dapat membawa pengalaman saya di bidang keuangan untuk membantu perusahaan mencetak performa menonjol di industri dan meningkatkan pendapatan secara signifikan.

Selama 12-24 bulan ke depan, Builder.ai akan banyak berinvestasi untuk mengembangkan kemampuan AI, membangun dan meluncurkan produk baru, memberdayakan pelaku bisnis agar berhasil, dan mengembangkan tim internalnya.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year