Paket Semangat Kemerdekaan
Paket Semangat Kemerdekaan
telkomsel halo

Grab bikin penyandang disabilitas menjadi produktif

10:24:19 | 02 Dec 2020
Grab bikin penyandang disabilitas menjadi produktif
JAKARTA (IndoTelko) - Grab merangkul lebih dari 200 mitra disabilitas di Indonesia sebagai bagian program peningkatan kapabilitas bagi penyandang disabilitas bertajuk ‘Grab Mendobrak Batas: Peluang Ekonomi Digital Bagi Penyandang Disabilitas’.

Paket Semangat Kemerdekaan
Selama masa pandemi, penyandang disabilitas di Indonesia terkena dampak negatif salah satunya dari sisi ekonomi. Menurut survei yang dilakukan oleh Jaringan Difabel Indonesia, sekitar 86% responden yang bekerja di sektor informal mengalami pengurangan pendapatan sebesar 50% - 80%. Oleh karena itu dengan hadirnya program ini, Grab berharap dapat membuka kesempatan bagi penyandang disabilitas untuk mendapatkan serangkaian pelatihan peningkatan kapabilitas dan peluang pendapatan sebagai mitra agen GrabKios. Grab juga menjalin kerja sama dengan Koneksi Indonesia Inklusif (Konekin) serta mendapat dukungan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo) dalam program ini agar penyandang disabilitas bisa memperoleh bekal pengetahuan digital yang memadai.

“Pandemi COVID-19 telah memberikan hantaman yang keras terutama untuk para penyandang disabilitas. Kurangnya akses dalam pendidikan dan kesempatan kerja membuat mereka lebih rentan dalam memperoleh pendapatan. Di Grab, kami terus berusaha menjadi platform yang inklusif, dan kami senang dapat menghadirkan program ini sebagai langkah lain dari Grab untuk terus membantu para penyandang disabilitas. Di saat banyak saluran penjualan lain yang harus tutup dan membuat para penyandang disabilitas tidak bisa melanjutkan usaha, GrabKios telah membuka kembali peluang usaha mereka agar bisa #TerusUsaha dan bertahan di tengah pandemi melalui digitalisasi bisnis. Program ini juga sejalan dengan tema Hari Disabilitas Internasional yaitu membangun kembali kehidupan yang lebih baik ke arah yang inklusif, aksesibel dan berkelanjutan pasca COVID-19,” kata Country Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi.

Program ini juga menjadi bagian dari inisiatif digitalisasi UMKM #TerusUsaha yang diperkenallan Grab pada Juni lalu. Melalui inisiatif ini, Grab telah menghadirkan lebih dari 40 program dan inisiatif untuk mendigitalisasi puluhan ribu UMKM bisa beradaptasi dan bertahan di tengah pandemi. Dari awal pandemi hingga sekarang, Grab sudah mendigitalisasi lebih dari 450.000 UMKM  baru dari seluruh Indonesia.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year