telkomsel halo

WOM Finance manfaatkan TI untuk dukung operasional

09:11:49 | 10 Nov 2020
WOM Finance manfaatkan TI untuk dukung operasional
JAKARTA (IndoTelko) - PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk (WOM Finance) memanfaatkan Teknologi Informasi (TI) dan pelayanan digital untuk mendukung efektivitas dan efisiensi operasional serta memberikan kemudahan bagi karyawan dan konsumen untuk melakukan kegiatan operasional dan bertransaksi.

Perseroan dalam melakukan akselerasi digital telah menghadirkan solusi melalui beragam layanan pembayaran digital yang didukung oleh beragam ​marketplace ​dan digital ​platform yang kuat. Untuk itu, Perseroan secara terus menerus mengembangkan kerjasamanya untuk mempermudah layanan kepada konsumen dan efisiensi operasional bagi karyawan.

“Perubahan besar yang terjadi saat ini seakan memaksa masyarakat untuk mulai beradaptasi dengan kegiatan digital. Kami berharap dengan kemudahan akses digital yang kami berikan dapat menghadirkan solusi kemudahan untuk konsumen melakukan transaksi pembayaran dan kegiatan operasional lebih cepat dan efisien,” kata Presiden Direktur WOM Finance Djaja Suryanto Sutandar ​saat Public Expose ​atau Paparan Publik tahun 2020.

Di masa pandemi COVID-19, WOM Finance menghimbau konsumen untuk melakukan transaksi secara digital maupun melalui kanal pembayaran lainnya​.

Konsumen dapat melakukan pembayaran melalui kanal pembayaran via ​online ​yang telah tersedia seperti melalui transfer bank dan kanal pembayaran lainnya, seperti Kantor Pos, ATM, Indomaret dan Alfamart. Selain itu, konsumen dapat melakukan pembayaran angsuran berbasis kode QR yang tersedia di 16 ​e-wallet atau​ e-money d​an 22 mobile banking ​yang didukung oleh Bank Maybank Indonesia.

Selain menggunakan kode QR, WOM Finance juga telah bekerjasama dengan beberapa ​marketplace seperti Tokopedia dan Bukalapak, dimana konsumen juga dapat membayarkan angsurannya melalui kedua ​platform marketplace tersebut. Konsumen yang ingin mengetahui informasi terkini tentang WOM Finance dapat mengakses website ​www.wom.co.id. Kantor Layanan WOM Finance tetap beroperasi secara terbatas dengan melakukan penyesuaian jam operasional, yaitu dari Senin sampai dengan Sabtu pukul 09.00 - 15.00 WIB.

Kinerja
Terkait dengan kinerja, sampai dengan Kuartal III-2020, Perseroan tetap dapat mencatatkan laba sebelum pajak sebesar Rp 86 miliar. Perseroan juga berhasil menyalurkan pembiayaan kendaraan bermotor mencapai 98 ribu unit, tentunya akan semakin bertambah hingga akhir tahun 2020.

Sedangkan penyaluran pembiayaan Perseroan hingga Kuartal III-2020 sebesar Rp 1.8 triliun. Kontribusi terbesar untuk penyaluran pembiayaan tersebut berada pada pembiayaan multiguna jasa MotorKu dan MobilKu sebesar Rp 1.1 triliun dan pembiayaan multiguna barang motor baru dan bekas sebesar Rp 658 miliar.

Sementara itu, rasio keuangan WOM Finance pada Kuartal III 2020 mengalami koreksi akibat dari dampak pandemi Covid 19. ​Return on Asset (ROA) sebesar 1.6%, Return On Equity (ROE) sebesar 6.0% dan ​Gearing Ratio terjaga pada 3,5 kali, sedangkan ​Net Performing Financing ​(NPF) Nett sebesar 2,8 %.

Untuk menjaga likuiditas, Perseroan telah melakukan kerjasama dengan perbankan, hingga Kuartal III 2020, Perseroan berhasil mendapatkan fasilitas pendanaan sebesar Rp 2,9 triliun antara lain fasilitas pembiayaan bersama dari Bank Maybank Indonesia dan fasilitas modal kerja dari Bank DBS Indonesia, Shinhan Bank Indonesia dan Bank Panin Indonesia.

“Terkoreksinya kinerja Perseroan dipengaruhi oleh pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang cukup ketat di sejumlah wilayah di Indonesia pada Kuartal II-2020, sehingga mempengaruhi aktivitas masyarakat. Namun untuk keluar dari keterpurukan, kami telah menyiapkan strategi-strategi yang implementasinya akan dimaksimalkan hingga menutup tahun 2020,” kata Direktur WOM Finance, Zacharia Susantadiredja.

Untuk mendukung program pemerintah dalam menangani pandemi Covid 19, Perseroan telah melaksanakan program restrukturisasi kredit sejak 1 April 2020 dengan total pengajuan yang telah disetujui mencapai Rp1,6 triliun atau 126 ribu konsumen.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year