Paket Semangat Kemerdekaan
Paket Semangat Kemerdekaan
HUT RI ke 75

Telkom dorong adopsi Smart City melalui inovasi daerah berkelanjutan

12:20:00 | 09 Okt 2020
Telkom dorong adopsi Smart City melalui inovasi daerah berkelanjutan
Angkasa Pura 2
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - Telkom melalui program Smart City Nusantara turut berpartrisipasi dalam mendukung penyelengaraan The 4th Indonesia Smart Nation Award & Indonesia Smart City Investment Forum 2020 yang digagas dan diselenggarakan oleh Citiasia Inc melalui lini strategis Citiasia Center for Smart Nation (CCSN) sebagai bentuk dukungan  dalam pengembangan Smart City di Indonesia.

Tujuan dari diadakannya kegiatan ini adalah untuk mengkampanyekan semangat mewujudkan Indonesia Smart Nation baik dalam tingkat Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah melalui Gerakan Indonesia Smart Nation.

Indonesia Smart Nation Award (ISNA) merupakan kegiatan yang telah diselenggarakan oleh Citiasia Inc. sejak tahun 2015. Sebagai sebuah ajang pemberian penghargaan yang diberikan kepada daerah-daerah dengan pencapaian terbaik dalam pelaksanaan smart city / smart region sesuai framework yang dikembangkan oleh Citiasia Inc., ISNA dilaksanakan dengan melalui beberapa tahapan, yaitu proses penilaian indeks dan penjurian oleh para pakar di bidang smart city di Indonesia.

Di tahun 2020 ini, berkaitan dengan pandemic Covid-19, penghargaan diberikan pada daerah – daerah berdasar inovasi - inovasi layanan daerah di masa pandemi yang diseleksi melalui kombinasi metode analisis big data dan expert judgment, dengan kerangka smart city dan parameter mencakup ekonomi, kesehatan, kualitas hidup, pelayanan, edukasi, dan keberlanjutan.

Sebagai hasilnya, ajang ini memberikan penghargaan pada 37 daerah penerima anugerah ISNA 2020 yang terbagi dalam tujuh kategori yaitu Smart Governance, Smart Branding, Smart Economy, Smart Living, Smart Society, Smart Environment serta Special Mention.

Dalam rangkaian kegiatan yang sama, dilakukan juga Indonesia Smart City Investment Forum 2020 dengan mengusung tema “Smart City 2020: Driving Innovation and Productivity during the Global Pandemic”. ISCIF Talkshow dan Penganugerahan ISNA 2020 diselenggarakan pada pada 5 Oktober 2020 secara daring dan dihadiri oleh lebih dari 600 peserta dari berbagai kalangan terkait.

Talkshow dibuka oleh welcome speech yang disampaikan oleh Co-Founder Citiasia Inc Dr. Ir. Cahyana Ahmadjayadi yang menyampaikan bahwa masa Pandemi ini telah memaksa jutaan orang untuk melakukan semuanya dari rumah demi meminimalisir penyebaran Covid-19.

Lebih lanjut, disampaikan oleh Cahyana bahwa mereka yang mampu beradaptasi dan mencurahkan sumber daya untuk terus berinovasi di masa pandemi ini adalah mereka yang akan memetik keuntungan di masa pemulihan paska pandemi.

Telkom dorong adopsi Smart City melalui inovasi daerah berkelanjutan

Dalam salah satu sesi Talkshow yang bertopik Inovasi Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19, Wahyudi selaku pembicara yang mewakili Telkom Smart City Nusantara menyampaikan bahwa dengan keragaman kondisi berbagai daerah di Indonesia, pembelajaran jarak jauh secara digital telah menjadi salah satu tantangan yang dihadapi selama masa pandemi ini dan inovasi terhadap proses tersebut sangatlah penting untuk menjaga kelangsungan Pendidikan di Indonesia.

Wahyudi kemudian juga menyampaikan beberapa solusi Telkom Group dalam bidang pendidikan yang masih dikembangkan ataupun sudah diimplementasikan untuk membantu agar proses pembelajaran dapat tetap produktif di era New Normal.

HUT RI ke 75
Dukungan Telkom pada penyelengaraan The 4th Indonesia Smart Nation Award & Indonesia Smart City Investment Forum 2020 ini merupakan salah satu langkah nyata Telkom turut aktif dalam pengembangan Smart City di Indonesia, khususnya dalam mendorong pengembangan inovasi - inovasi daerah secara berkelanjutan.

telkom sigma
Telkom sendiri, sejak tahun 2016 telah mencanangkan Smart City Nusantara sebagai inisiatif Telkom untuk berpartisipasi dalam pengembangan smart city di Indonesia dan membangun Living Lab Smart City Nusantara sebagai sebuah experience center tempat sharing dan diskusi berbagai hal mengenai pengembangan smart city di Indonesia. Terbuka untuk umum, hingga kini Living Lab Smart City Nusantara telah menerima lebih dari 500 kunjungan dari berbagai kalangan baik itu Pemerintah, Akademisi, Bisnis, dan lain sebagainya.(ad)

Smart City, satukan Negeri
Artikel Terkait
Kuota Ketengan