telkomsel halo

Jakarta terapkan kembali PSBB, ini respons pengguna bandara Soetta

11:36:07 | 14 Sep 2020
Jakarta terapkan kembali PSBB, ini respons pengguna bandara Soetta
JAKARTA (IndoTelko) – DKI Jakarta memberlakukan kembali Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada 14 September 2020.

PT Angkasa Pura II (AP 2) memperkirakan PSBB DKI Jakarta mulai Senin (14/9) tidak akan berdampak signifikan terhadap jumlah pergerakan penumpang pesawat di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta).

Namun demikian, guna mengetahui lebih lanjut respons penumpang pesawat terhadap penerapan PSBB ini maka Angkasa Pura II menggelar survei pada Jumat, 11 September 2020, mulai pukul 10.00 – 19.00 WIB di Bandara Soekarno-Hatta.

President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengharapkan survei yang digelar memberikan gambaran mengenai minat penumpang pesawat untuk bepergian dari Bandara Soekarno-Hatta ketika PSBB kembali diterapkan di Jakarta.

Survei digelar menggunakan metode dipstick survey dengan pertanyaan terbuka untuk mendapatkan informasi secara cepat mengenai isu tertentu dari responden. Adapun responden adalah 111 penumpang di Bandara Soekarno-Hatta.

“Dari survei yang dilakukan, Angkasa Pura II dan stakeholder dapat mengambil langkah yang diperlukan agar operasional bandara serta penerbangan berjalan lancar dengan tetap mengedepankan aspek kesehatan,” jelas Muhammad Awaluddin.

Berikut hasil survei yang digelar setelah Pemprov DKI Jakarta mengumumkan penerapan PSBB mulai 14 September 2020:

1. Sebanyak 88% responden mengetahui DKI Jakarta akan kembali menerapkan PSBB
Mayoritas responden yakni sebanyak 88% telah terinformasi bahwa PSBB akan kembali diterapkan di Jakarta. Sementara itu, masih ada responden yang tidak mengetahui (5%) dan juga tidak mengikuti perkembangan (7%).

2. Sebanyak 75% responden tetap melakukan perjalanan dengan pesawat
Sebagian besar responden yaitu hingga 75% mengaku tidak akan membatalkan rencana perjalanan dengan pesawat dan tetap akan bepergian. Sementara itu, terdapat juga responden yang akan merencanakan ulang penerbangan (19%) dan membatalkan penerbangan (6%).

3. Sebanyak 89% respoden meyakini protokol kesehatan di Bandara Soekarno-Hatta sejalan dengan penerapan PSBB DKI Jakarta
Mayoritas responden yakni mencapai 89% yakin bahwa Soekarno-Hatta telah menerapkan protokol kesehatan yang mendukung PSBB DKI Jakarta, sementara terdapat responden yang menyatakan belum sesuai (9%) dan menyatakan tidak sesuai sama sekali (2%).

4. Sebanyak 62% responden mengaku PSBB DKI Jakarta akan berpengaruh terhadap rencana penerbangan mereka
PSBB DKI Jakarta diperkirakan mempengaruhi rencana penerbangan, di mana sebesar 62% responden menyatakan hal tersebut. Mempengaruhi rencana penerbangan yang dimaksud bisa saja terkait dengan durasi lamanya perjalanan, jumlah orang yang bepergian, tujuan penerbangan dan sebagainya.

Sementara terdapat responden yang menyatakan PSBB Jakarta tidak berpengaruh terhadap rencana penerbangan (23%) dan biasa saja (15%).

"Hasil survei ini membuat Angkasa Pura II dan stakeholder semakin siap dan sigap dalam menjaga berjalannya protokol kesehatan secara ketat di Bandara Soekarno-Hatta dan bandara-bandara lainnya di bawah pengelolaan perseroan," tutupnya.(ak)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year