telkomsel halo

46% pengguna streaming senang berbagi konten

10:42:35 | 08 Sep 2020
46% pengguna streaming senang berbagi konten
JAKARTA (IndoTelko) - Laporan bertema Kaspersky More Connected Than Ever Before: How We Build Our Digital Comfort Zones menemukan bahwa 46% responden merasa nyaman berbagi layanan streaming dengan rekan serumah mereka.

Namun, sepertiga (32%) tidak yakin tentang keamanan akun rekan serumah, karena tidak mengetahui kebiasaan digital mereka

Pembatasan di saat COVID-19 serta keharusan untuk tetap berada di dalam rumah telah memengaruhi cara orang mendekati berbagai layanan digital, sehingga membuat mereka lebih sadar tentang seberapa aman mereka, dan teman serumah dalam hal penggunaan internet. Ini termasuk dalam keputusan untuk berbagi akun platform hiburan atau saling mengenal perilaku online masing-masing

Dengan pemikiran tersebut, penelitian menemukan bahwa layanan online dapat menyatukan orang dan bersedia untuk berbagi informasi akun pribadi dalam upaya mendapatkan akses timbal balik ke sesama teman serumah mereka. Selain berbagi akses ke platform streaming, sepertiga (33%) mengatakan bahwa mereka berbagi layanan ritel online, seperti eBay atau Amazon Prime, dengan rekan serumah. Selain itu, 30% mengaku berbagi akun pengiriman makanan mereka, seperti Deliveroo, dan langganan game online (misalnya Xbox Live).

Namun, pada saat yang sama, tidak semua responden yakin seberapa aman rekan mereka saat menggunakan internet, dan apakah hal ini akan berdampak pada kebiasaan digitalnya. Misalnya, 43% pengguna mengklaim bahwa mereka prihatin dengan peningkatan aktivitas online melalui layanan streaming atau game. Satu dari empat (24%) orang khawatir bahwa kebiasaan digital rekan serumah akan memengaruhi kecepatan internet dan dengan demikian memengaruhi kinerja game online mereka.

“Tinggal di sebuah akomodasi bersama adalah hal biasa dalam kehidupan modern dan banyak rumah tangga harus berbagi koneksi internet dan akses ke berbagai layanan. Kita kerap menjalin pertemanan dengan teman serumah, sehingga mudah untuk berbagi layanan online, sehingga semua orang bisa mendapatkan keuntungan tanpa perlu repot-repot. Sayangnya, jika kita tidak memperhatikan bagaimana kita membagikan detail pribadi kepada orang lain, bahkan dengan teman serumah sendiri, semakin besar kemungkinan mereka untuk menjadi target yang mudah ditemukan oleh orang atau kelompok tidak dikenal. Untuk membantu memastikan hal ini tidak terjadi, beberapa layanan memiliki kebijakan khusus untuk membantu banyak orang menggunakan satu langganan tanpa perlu membagikan kata sandi. Baik tinggal bersama orang lain atau tidak, kami selalu menyarankan agar perangkat dan kredensial Anda dilindungi dengan solusi keamanan siber yang kuat untuk memastikan informasi Anda tetap aman,” komentar Vice President, Marketing at Kaspersky Andrew Winton.(ak)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year