Paket Semangat Kemerdekaan
Paket Semangat Kemerdekaan
HUT RI ke 75

Raih pendanaan Seri B, eFishery siap ekspansi ke seluruh Indonesia

05:34:35 | 13 Aug 2020
Raih pendanaan Seri B, eFishery siap ekspansi ke seluruh Indonesia
Angkasa Pura 2
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - Perusahaan rintisan Aquaculture Intelligence di Indonesia, eFishery, mengumumkan telah berhasil memperoleh pendanaan Seri B, yang dipimpin oleh Go-Ventures dan Northstar Group dengan partisipasi dari investor lainnya termasuk Aqua-spark dan Wavemaker Partners.

Pendanaan ini akan digunakan untuk mendukung pengembangan produk, memperkuat posisi eFishery dalam industri akuakultur domestik, serta mengembangkan tim mereka.

“Solusi eFishery, yang secara langsung mendukung pembudidaya lokal, juga mengatasi permasalahan yang lebih luas, termasuk memperkuat rantai pasokan makanan, mengurangi kekurangan pangan global, dan membantu meningkatkan industri perikanan dan ekonomi Indonesia secara keseluruhan. Kami berharap dapat melihat manfaat-manfaat tersebut tumbuh secara eksponensial ketika eFishery berkembang secara domestic saat ini dan secara regional di kemudian hari,” kata VP of Investments, Go-Ventures Aditya Kumar.

Dibentuk tahun 2013 dan berbasis di Bandung, eFishery menawarkan sebuah end-to-end platform dengan memberikan layanan bagi pembudidaya berupa penyediaan pakan serta akses finansial dan jaringan pasar.

Layanan yang ditawarkan oleh eFishery telah menjangkau lebih dari 24 provinsi dan melayani ribuan pembudidaya ikan dan udang di seluruh Indonesia. eFishery sebelumnya telah memperoleh pendanaan pra-Seri A di tahun 2015 dan Seri A di tahun 2018. Bisnis eFishery kini telah mencapai empat kali lipat dalam empat tahun terakhir dan menjadi bisnis yang menguntungkan selama dua tahun terakhir.

“Melalui pengenalan teknologi baru kepada pembudidaya ikan dan udang di Indonesia, kami bertujuan untuk meningkatkan hasil panen, menurunkan biaya operasional dan meningkatkan produktivitas budi daya mereka. Kami berharap pengembangan produk dari eFishery dapat mendukung ekosistem akuakultur secara menyeluruh, mulai dari proses budi daya hingga distribusi. Kami ingin membantu meningkatkan pendapatan para pembudidaya, dan yang lebih penting adalah turut serta membangun bisnis budi daya yang berkelanjutan dan memihak kepada pembudidaya,” ujar co-founder dan CEO eFishery Gibran Huzaifah.

Gibran menambahkan pendanaan baru ini membantu menumbuhkan perusahaan, membuka akses untuk meluncurkan produk di seluruh Indonesia dan mencapai visi untuk menjadi perusahaan Aquaculture Intelligence terkemuka di Indonesia.

"Kami sangat antusias menyambut kolaborasi strategis dengan Gojek dan Northstar Group yang kami yakini akan menjadi nilai tambah pada platform kami,” katanya.

Untuk menyederhanakan masalah bagi pembudidaya, eFishery baru-baru ini mendirikan eFisheryPoint sebagai pusat layanan fisik terpadu yang berlokasi dekat dengan pembudidaya.

Salah satu tujuan dari eFisheryPoint adalah untuk memudahkan pembudidaya mengakses berbagai produk eFishery dengan mudah. Pembudidaya dapat melakukan berbagai kegiatan di eFisheryPoint, seperti membeli produk eFishery, menjual hasil panen, atau berpartisipasi di kegiatan lainnya seperti pelatihan mengenai produk, demo produk, maupun perbaikan produk.

HUT RI ke 75
Saat ini, terdapat 30 lokasi eFisheryPoint di Indonesia dan eFishery berencana untuk membuka 100 eFisheryPoint baru di seluruh Indonesia pada akhir 2020.

telkom sigma
“Produk eFishery telah mendukung puluhan ribu kolam ikan di lebih dari 180 kota, yang berpusat di 24 provinsi di seluruh Indonesia. Ada sekitar 3,3 juta budi daya ikan di seluruh Indonesia. Aktivitas penjualan kami yang paling efektif adalah dengan memasarkan produk kami langsung ke pembudidaya melalui kunjungan lapangan. Keberadaan eFisheryPoint membuat kami lebih mudah untuk berinteraksi dengan pembudidaya. eFisheryPoint juga merupakan upaya kami untuk menembus pasar domestik lebih lanjut lagi dan bertujuan untuk mencapai pertumbuhan perusahaan sebesar 10 kali lipat,” kata Gibran.(ak)

Smart City, satukan Negeri
Artikel Terkait
Kuota Ketengan