telkomsel halo

Qoala & Kata.AI siap dukung Strategi Nasional Kecerdasan Artifisial

10:33:01 | 12 Aug 2020
Qoala & Kata.AI siap dukung Strategi Nasional Kecerdasan Artifisial
JAKARTA (IndoTelko) - Kecerdasan artifisial atau yang biasa disebut artificial intelligence (AI) menjadi salah satu inovasi teknologi di era modern dan dikembangkan negara-negara maju. Pengembangan teknologi AI mengalami kemajuan pesat dan diaplikasikan dalam bidang kehidupan manusia, mulai dari pendidikan, hiburan, hingga kesehatan.

Tak mau ketinggalan, di peringatan HUT RI ke-75 ini, pemerintah meluncurkan Strategi Nasional Kecerdasan Artifisial. Strategi nasional ini disusun oleh Kemenristek BRIN, serta Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Selain itu, pemerintah juga menggandeng empat perusahaan rintisan Tanah Air yang bergerak di bidang pengembangan teknologi AI untuk ikut merumuskan strategi nasional ini. Salah satu perusahaan rintisan tersebut yakni Kata.ai, yang selama ini dikenal sebagai pengembang teknologi natural language processing (NLP) dan penyedia layanan chatbot di Indonesia.

VP Marketing Qoala, Cliff Sutantijo, mengapresiasi keterlibatan Kata.ai dalam merumuskan Strategi Nasional Kecerdasan Artifisial. Menurut Cliff, hal ini merupakan sebuah lompatan untuk mengejar negara lain yang selangkah lebih maju dalam pengembangan teknologi AI. Cliff juga berharap, AI bisa mengubah persepsi masyarakat tentang asuransi.

"Di negara lain, AI sudah diaplikasikan lebih dulu di dunia asuransi dan lebih canggih. Contohnya, untuk asuransi kesehatan, premi didasarkan pada riwayat kesehatan. Nah, negara lain itu punya AI berupa facial recognition (pengenalan wajah) yang bisa mengetahui level merokok seseorang. Semakin tinggi level kebiasaan merokoknya, premi asuransi kesehatannya semakin besar," papar Cliff dalam diskusi live instagram yang bertajuk Help Conversations Turned Into Conversions.

Diskusi ini digelar secara online oleh Qoala dan dipandu oleh Cliff, beberapa waktu lalu. Co-founder sekaligus CEO Kata.ai, Irzan Raditya, menjadi narasumber dalam diskusi ini.

Cliff menjelaskan, Qoala juga sudah mengaplikasikan teknologi AI untuk proses klaim asuransi smartphone. Apabila smartphone rusak, pelanggan cukup mengirimkan video kondisi smartphone tersebut. Selanjutnya, sistem berbasis teknologi AI ini yang akan membaca video tersebut. Dalam hitungan menit, akan keluar hasil apakah smartphone rusak dan layak diklaim.

"Kami mendukung penuh pengembangan teknologi AI di Indonesia. Khusus untuk dunia insurtech, kami berharap AI bisa mengubah persepsi orang bahwa asuransi itu penting untuk melindungi kita dari hal yang tidak diinginkan. Saya optimis Indonesia akan mengadopsi AI secara matang dan bisa diterima seluruh masyarakat," tutup Cliff.

Sementara itu, Irzan Raditya mengatakan, Strategi Nasional Kecerdasan Artifisial disusun untuk membangun SDM unggul Indonesia. Proyek ini direncanakan hingga tahun 2045.

"Kata.ai jadi bagian dari yang merumuskan Strategi Nasional Kecerdasan Artifisial, yang merupakan kolaborasi antara pemerintah, industri, akademik dan komunitas. Satu rumusan yang didasarkan pada konsep Quadruple Helix, terbagi untuk sektor publik dan sektor industri unggulan nasional," ujar Irzan

Irzan menilai, jika Indonesia ingin berkembang dengan teknologi AI, sebaiknya fokus pada pengaplikasian AI tersebut di sektor industri. Dengan begitu, lanjut Irzan, Indonesia bisa punya daya saing untuk menyelesaikan berbagai masalah dengan mengaplikasikan teknologi AI di berbagai sektor, termasuk insurtech.

"Penting untuk percaya diri menghadapi pasar, supaya masyarakat bisa tahu bahwa AI berguna dan bermanfaat. AI juga akan memberikan nilai ke dunia insurtech, tidak hanya sebatas transaksional. AI bisa memberikan end to end customer experience, memberikan pengalaman yang menyenangkan mulai dari ketika seseorang membeli polis asuransi sampai nanti merasakan benefit dari asuransi tersebut," tutup Irzan.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year