telkomsel halo

OmniSci dukung Universitas Gunadarma kembangkan AI

11:19:21 | 02 Aug 2020
OmniSci dukung Universitas Gunadarma kembangkan AI
Vice President, Industry Verticals, OmniSci, Herfini Haryono
JAKARTA (IndoTelko) – OmniSci mengumumkan pembukaan Center of Excellence atau CoE yang memiliki fokus pada Kecerdasan Buatan (Artifical Intelligence atau AI) dan Ilmu Data (Data Science) di Universitas Gunadarma.

CoE tersebut dibangun dengan kolaborasi bersama NVIDIA, dan Epsindo di Indonesia.

CoE tersebut berfungsi sebagai pusat sumber daya untuk menyediakan pembuktian konsep (proof of concept) untuk inovasi baru, dan akan membantu perusahaan-perusahaan di Indonesia untuk mengubah teori AI menjadi memiliki nilai (value) sebagai bagian dari proses transformasi digital mereka.

CoE ini juga berfungsi sebagai pusat pelatihan untuk membekali dan empower para ilmuwan data (data scientists) dengan pemahaman lebih dalam tentang perangkat keras dan lunak yang terbaru.

Selama beberapa tahun terakhir ini Indonesia telah memainkan peran utama dalam pembicaraan seputar peluang AI dalam menunjang pertumbuhan ekonomi. Menurut survey IDC tahun 2018, Indonesia menjadi pemimpin di wilayah Asia Tenggara dengan sebanyak 24.6% perusahaan yang sudah mengadopsi teknologi AI.

AI juga termasuk ke dalam salah satu dari lima program teknologi strategis yang telah diidentifikasi oleh Kementrian Perindustrian Indonesia saat mereka merancang petunjuk arahan (roadmap) terintegrasi “Making Indonesia 4.0", yang bertujuan untuk mempercepat transformasi digital masyarakat Indonesia.

“AI dan ketersiapan data merupakan sebuah cerminan akan adanya kesempatan emas bagi Indonesia, dengan potensi untuk memberikan keuntungan dalam segi kecepatan dan skala kepada berbagai industri seperti telekomunikasi, jasa keuangan, ritel, kesehatan, dan sektor publik. Investasi yang ditanamkan oleh OmniSci dan mitra kami dalam Center of Excellence ini adalah pernyataan visi dan komitmen kami kepada Indonesia, seiring dengan kami rasakan pertumbuhan pasar yang kuat di Indonesia dan juga di kawasan regional yang lebih luas,” kata Vice President, Industry Verticals, OmniSci, Herfini Haryono.

Rektor Universitas Gunadarma, Prof. Dr. E. S. Margianti, SE, MM mengatakan sangat senang untuk bermitra dengan OmniSci, NVIDIA dan Epsindo untuk menginspirasi critical thinking, membangun kurikulum yang berorientasi masa depan, dan menyediakan paparan yang lebih luas lagi dalam  teknologi generasi berikutnya seperti AI dan akselerasi analitik untuk membentuk pemikir, inovator, dan pemimpin masa depan Indonesia.

"Melalui pusat AI dan ilmu data di Center of Excellence mereka, Universitas Gunadarma mendirikan fondasi bagi berbagai sektor untuk berkolaborasi dan menggunakan solusi berbasis AI di seluruh industri dan pemerintahan,” katanya.

Center of Excellence di Universitas Gunadarma akan menjadi platform ide inovatif dan praktik terbaik. Dipimpin oleh OmniSci dan para mitra mereka, Center of Excellence tersebut akan memfasilitasi kemampuan komputasi super yang terdepan dalam segi solusi perangkat keras dan lunak, serta menjadi tempat uji coba (testbed) untuk mengembangkan bukti konsep yang inovatif.

Sejak berekspansi ke Asia untuk memenuhi meningkatnya permintaan regional dalam kemampuan analitik perusahaan mereka, OmniSci telah bekerja sama dengan mitra kunci terutama dalam menyediakan dukungan lokal terlengkap bagi perusahaan klien baik yang sudah ada maupun prospektif, serta klien pemerintahan dan akademik di pasar utama seperti Singapura, Indonesia, India, Filipina dan wilayah Asia lainnya.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year