Pembayaran digital meningkat di Shopee

10:26:17 | 14 Jul 2020
Pembayaran digital meningkat di Shopee
Angkasa Pura 2
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - Shopee melihat adanya peningkatan masyarakat Indonesia memilih opsi pembayaran digital dalam memenuhi kebutuhan harian secara online, khususnya di tengah situasi pandemi.

Shopee melihat adanya peningkatan jumlah pembayaran digital sejak awal pandemi; dengan lebih banyak orang menggunakan pilihan pembayaran seperti kartu kredit, transfer bank, dan ShopeePay untuk transaksi pembayaran mereka. Tren ini diperkirakan akan terus berlanjut, sebagaimana mengutip laporan yang dirilis oleh Boston Consulting Group, "Wabah COVID-19 dan dampaknya yang diperkirakan akan mendorong lebih banyak rumah tangga di Asia Tenggara untuk menerapkan pembayaran digital".

"2020 telah membawa perubahan yang signifikan dalam cara hidup, bekerja, dan berbelanja online di tengah masyarakat. Di antara perubahan ini, salah satunya dalam mewujudkan cashless society di Indonesia. Sejalan dengan upaya physical distancing, kami melihat kecenderungan masyarakat dalam menerapkan pembayaran digital untuk kenyamanan dan keamanan yang lebih efektif, dengan dukungan upaya dari pemerintah dalam mendorong langkah ini. Demikian pula, Shopee terus menawarkan berbagai pilihan pembayaran digital untuk memenuhi kebutuhan, termasuk ShopeePay, fitur layanan uang dan dompet elektronik terintegrasi yang terdapat di aplikasi Shopee," kata Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja.

Dikatakannya, Shopee mencatatkan peningkatan pembayaran digital di antara pengguna berusia lanjut: 80% dari jumlah total pembelian menggunakan pembayaran digital, dilakukan oleh pengguna antara usia 18 hingga 34 tahun.

Namun, pengguna yang lebih tua juga mulai mengadopsi metode pembayaran digital saat berbelanja online. Sebanyak 45% jumlah transaksi menggunakan ShopeePay yang digunakan oleh pengguna Shopee di atas usia 50 tahun. Mengingat pengguna yang lebih tua cenderung lebih sulit untuk beradaptasi dengan pembayaran digital, tren ini sekaligus menunjukkan kemudahan yang ditawarkan dalam penggunaan ShopeePay dan kepercayaan yang telah dibangun oleh pengguna.

Berikutnya, penerapan pembayaran digital oleh pria lebih tinggi daripada wanita: Tampaknya pria semakin menghargai kenyamanan dan keamanan dari metode pembayaran digital. Selama setahun terakhir, tercatat pertumbuhan pembayaran digital sebanyak 35% lebih tinggi untuk pria dibandingkan wanita.

Pembayaran digital lebih umum di perkotaan: Kota-kota seperti DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Timur memiliki penerapan pembayaran digital tertinggi. Kota-kota besar yang merupakan pendorong utama pertumbuhan ekonomi Indonesia memiliki konektivitas yang lebih baik dan infrastruktur TIK yang lebih maju. Individu di kota-kota ini juga memiliki penetrasi smartphone yang lebih tinggi, yang berkontribusi pada adopsi pembayaran digital.

telkom sigma
“Karena semakin banyak konsumen yang beralih ke platform kami untuk tetap terhubung dan memenuhi kebutuhan sehari-hari, kami berupaya untuk meningkatkan fokus dan komitmen utama kami dalam membantu konsumen beradaptasi dengan kenormalan baru, dan memberikan akses mudah ke layanan pembayaran digital seperti ShopeePay, melalui ekosistem yang aman dan terintegrasi," tutup Handhika.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Smart City, satukan Negeri
Artikel Terkait
Kuota Ketengan