telkomsel halo

Utilisasi slot time di Bandara Soetta mulai meningkat

11:03:40 | 07 Jul 2020
Utilisasi slot time di Bandara Soetta mulai meningkat
JAKARTA (IndoTelko) - PT Angkasa Pura II (AP 2) mengungkapkan utilisasi slot time di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) mulai meningkat pada periode 1 – 5 Juli 2020.

"Setelah memastikan protokol pencegahan penyebaran COVID-19 senantiasa dapat dipenuhi, fokus PT Angkasa Pura II juga adalah mengaktifkan kembali rute-rute domestik guna mendukung aktivitas perekonomian Indonesia di masa adaptasi kebiasaan baru ini. Bulan ini kami canangkan sebagai fase pemulihan atau recovery untuk lalu lintas penerbangan,” ujar President Director Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin, kemarin.

Pada periode 1 – 5 Juli 2020, rata-rata penerbangan di Soekarno-Hatta adalah 355 penerbangan/hari. Angka ini meningkat dibandingkan rata-rata penerbangan pada periode 1 – 30 Juni 2020 sebanyak 243 penerbangan/hari.

“Setiap harinya slot time penerbangan di Soekarno-Hatta adalah 1.154 slot time dan pada awal Juli 2020 rata-rata yang digunakan adalah 355 slot time, sehingga utilisasi slot time 30,76%. Ini sudah sesuai target kami, yaitu utilisasi slot time minimal 30% pada tahap awal recovery yang dimulai bulan ini,” jelas Muhammad Awaluddin.

Sementara Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI menilai Bandara Soetta telah mematuhi protokol dalam pencegahan penyebaran COVID-19 di sektor penerbangan.

Ketua BURT DPR RI Agung Budi Santoso usai melakukan kunjungan kerja ke Terminal 2 Soekarno-Hatta, mengatakan protokol dipatuhi secara ketat namun tetap memperhatikan aspek pelayanan kepada masyarakat.

“Masyarakat yang ingin bepergian dengan pesawat harus menjalani protokol di tengah COVID-19. Di Terminal 2 Soekarno-Hatta ini protokol sudah baik dijalankan, ketat namun singkat dan tidak bertele-tele,” ujar Agung Budi Santoso.

Sementara itu, Wakil Ketua BURT DPR RI Achmad Dimyati Natakusumah menekankan bahwa Bandara Soekarno-Hatta mampu mewujudkan layanan publik yang aman dari COVID-19.

“Dengan dijalaninya protokol secara ketat, Soekarno-Hatta dapat menjadi tempat yang aman dari COVID-19,” jelas Achmad Dimyati Natakusumah.

Adapun Terminal 2 Soekarno-Hatta saat ini khusus melayani penerbangan rute domestik, dan sebagai bagian dari protokol keberangkatan dilakukan pemeriksaan identitas diri, tiket pesawat, dan surat hasil tes PCR atau rapid test yang diikuti juga pemeriksaan secara fisik terhadap setiap orang yang ingin melakukan perjalanan dengan pesawat.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year