telkomsel halo

Penerbangan diprediksi kembali bergairah, AP 2 sediakan vending machine APD

09:57:12 | 29 Jun 2020
Penerbangan diprediksi kembali bergairah, AP 2 sediakan vending machine APD
JAKARTA (IndoTelko) – Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 menetapkan setiap penumpang pesawat harus menunjukkan hasil rapid test dan PCR test yang berlaku 14 hari pada saat keberangkatan.

Ketentuan ini tercantum di dalam Surat Edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 No. 09/2020 tentang Perubahan Atas Surat Edaran Nomor 07/2020 tentang Kriteria dan Persyaratan Perjalanan Orang Dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Produktif dan Aman COVID-19.

Adapun ketentuan sebelumnya yang tercantum pada Surat Edaran 07/2020, rapid test berlaku 3 hari pada saat keberangkatan dan PCR test berlaku 7 hari pada saat keberangkatan.

Ketentuan baru saat ini mengatur bahwa rapid test dan PCR test berlaku 14 hari pada saat keberangkatan dengan pesawat. Masyarakat memiliki waktu lebih untuk melakukan pengecekan dengan rapid test dan PCR test.

“Traveler dapat mengatur waktu dengan lebih fleksibel, dan kami perkirakan peningkatan lalu lintas penerbangan dapat meningkat mulai Juli 2020. PT Angkasa Pura II juga menetapkan bulan Juli sebagai fase recovery (pemulihan) di tengah pandemi global COVID-19. Kami prediksi jumlah penumpang di 19 bandara yang dikelola PT Angkasa Pura II pada Juli 2020 dapat meningkat berkisar 20-25% dibandingkan dengan Juni 2020,” ujar Presiden Direktur Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin.

Adapun pada Juni 2020, lalu lintas pesawat di 19 bandara perseroan sebanyak 500 – 550 pergerakan/hari dan jumlah penumpang mencapai 25.000 – 30.000 penumpang/hari.

Peningkatan lalu lintas penerbangan diperkirakan sebagian besar ada di Soekarno-Hatta sebagai bandara terbesar dan tersibuk di Indonesia.

Konektivitas antara Soekarno-Hatta dengan bandara-bandara lain di berbagai wilayah di Indonesia akan dibuka kembali. Begitu juga dengan frekuensi penerbangan di rute-rute yang sudah aktif, diyakini akan semakin meningkat.

Vending Machine
Angkasa Pura II berkomitmen untuk menjalankan prosedur guna menjaga protokol kesehatan di tengah pandemi ini selalu dapat dipatuhi oleh setiap pihak.

Pemeriksaan dokumen masih diberlakukan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan Kementerian Kesehatan (KKP Kemenkes) dan maskapai di bandara-bandara yang dikelola Angkasa Pura II.

“Stakeholder penerbangan harus secara konsisten dan disiplin menjalankan prosedur untuk memenuhi protokol kesehatan. Seluruh stakeholder mulai dari Angkasa Pura II, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kementerian Kesehatan, maskapai, traveler, dan lainnya termasuk operator angkutan publik kereta dan darat harus konsisten terhadap protokol kesehatan,” ujar Muhammad Awaluddin.

Di sisi lain, guna membantu traveler dapat memenuhi protokol kesehatan, bandara-bandara PT Angkasa Pura II menyiapkan sejumlah fasilitas antara lain vending machine alat pelindung diri (APD) dan tempat melakukan rapid test.

Vending machine sudah terdapat di Soekarno-Hatta yang menyediakan masker, hand sanitizer dan tissue basah selama 24 jam. Proses pembelian pun dapat dilakukan menggunakan uang elektronik.

Ke depannya, vending machine ini juga akan disiapkan di bandara-bandara perseroan lainnya.

Sementara itu fasilitas bagi traveler untuk melakukan rapid test di bandara Angkasa Pura II dioperasikan oleh Holding BUMN Farmasi. Ini dapat semakin memudahkan traveler, karena dapat melakukan rapid test di hari yang sama dengan jadwal keberangkatan.

“Selain persiapan guna mendukung protokol kesehatan dipenuhi, kami juga melakukan persiapan terkait dengan angkutan publik di fase recovery bulan depan. Misalnya di Soekarno-Hatta, mulai 1 Juli 2020 Kereta Bandara Soekarno-Hatta sudah beroperasi kembali,” ujar Muhammad Awaluddin.

Mulai Juli 2020, Kereta Bandara Soekarno-Hatta beroperasi menyediakan akses dari bandara ke pusat kota Jakarta dengan jumlah perjalanan mencapai 50 perjalanan per hari, dan maksimal penumpang adalah 70% dari kapasitas kursi. Seluruh penumpang juga harus menjalani protokol kesehatan sebelum menaiki kereta dan selama perjalanan berlangsung.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year