Paket Phoenix
Paket Phoenix

Smart City bikin masyarakat tetap produktif di masa New Normal

13:27:18 | 20 Jun 2020
Smart City bikin masyarakat tetap produktif di masa New Normal
Angkasa Pura 2
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - New Normal menjadi salah satu bahasan menarik saat ini, ketika Pemerintah Indonesia mulai menggaungkan New Normal dalam menghadapi Pandemi Covid-19. 

Dalam pemahamannya sebagai “cara beradaptasi”, New Normal digadang-gadang menjadi salah satu metode yang membuat kita tetap dapat bergerak dengan aman ditengah ancaman Covid-19 yang belum juga mereda.  

Telkom Regional 1 mengadakan event Webinar dengan tema “Accelerate The New Normal Working Environment”. Webinar yang terbuka untuk seluruh kalangan ini bertujuan untuk memberikan informasi dan edukasi terkait teknologi dan solusi Smart City apa saja yang sekiranya dapat membantu masyarakat agar tetap produktif dengan cara-cara baru di era New Normal ini.

Diadakan pada Rabu, 17 Juni 2020, webinar ini menghadirkan beberapa narasumber diantaranya Prof. Dr. Ir. Marsudi Wahyu Kisworo (Pakar Smart City Indonesia yang juga merupakan Komisaris Telkom), Achmad Sugiarto (Direktur Strategic Portfolio Telkom), Machsus Kusuma Apriyono (EVP TREG 1 Sumatera), Wahyudi (SM Smart City Development), dan juga Prof. Dr. Karomani (Rektor Universitas Lampung) sebagai perwakilan Akademisi.

Event Webinar ini diikuti oleh kurang lebih 350 peserta melalui CloudX dan live streaming Youtube Channel Cognitium Studio. 

Para peserta tersebut tidak hanya berasal dari kalangan Pemda saja, melainkan juga dari kalangan Akademisi, Industri dan masyarakat umum. Turut hadir meramaikan event webinar ini beberapa para Petinggi Pemerintah Daerah dan Pemimpin Universitas, antara lain H. Muhammad Rudi (Walikota Batam), Sharif Lukman Mahfoedz (Kadiskominfo Pemprov Sumatera Selatan), Nurachmat Herlambang (Kadiskominfo Pemprov Jambi), Zain Noval (Kadiskominfo Pemkot Medan), Ahmad Nurizki (Kadiskominfo Pemkot Bandar Lampung), Prof. Dr. Ir. Bustami Syam (Wakil Rektor IV USU), Dr. Ir. Mukhtarudin Muchsiri (Wakil Rektor III Univ Muhammadiyah Palembang), Ade Parlaungan Nasution (Rektor Universitas Labuhan Batu), dan Dr. Akrim (Wakil Rektor II UMSU). 

Acara dibuka dengan sambutan EVP TREG 1, Machsus Kusuma Apriyono, yang juga menyisipkan paparan singkat terkait kesiapan TREG 1 dalam menghadapai era New Normal di masa Pandemi Covid-19 ini, yang kemudian dilanjutkan dengan sesi materi yang diawali dengan paparan dari Direktur Strategic Portfolio, Achmad Sugiarto.  

Achmad menyampaikan bagaimana Pandemi Covid-19 ini mempengaruhi Telkom Group, terlebih karena 2020 ini Telkom mencanangkan transformasi digital dalam rencana jangka panjangnya. Beliau juga menjelaskan bagaimana Telkom telah mendukung transformasi digital yang selama ini telah diterapkan dan tentu saja Telkom siap dalam mendukung rencana transformasi digital untuk tahap selanjutnya.

Prof. Marsudi memberikan penjelasan mengenai Konsep Smart City dan penerapannya, bagaimana Smart City menjadi solusi kondisi saat ini, juga penekanan tentang pentingnya perencanaan / Masterplan dalam implementasi Smart City. Selain itu, beliau juga menambahkan bahwa Smart City sangat cocok untuk diiplementasikan khususnya pada masa Pandemi Covid-19 ini yang menuntut manusia untuk selalu terkoneksi dengan teknologi.

Prof. Karomani memaparkan bagaimana persiapan New Normal dari sisi dunia pendidikan khususnya di UNILA. Menurut beliau, cara-cara baru di era new normal dalam bidang pendidikan menuntut seluruh Civitas Akademika untuk siap menerima perubahan, salah satunya adalah rencana Wisuda Daring di UNILA. UNILA sendiri telah menerapkan solusi E-Learning sejak tahun 2005 yang sekarang sangat dirasakan manfaatnya sebagai Pembelajaran Jarak Jauh.

Dalam sesi terakhir, Wahyudi yang menyampaikan paparan mengenai Smart City, inisiatif-inisiatif baru pemerintah dan bagaimana kesiapan Telkom dalam mendukungnya.

Lebih lanjut, disampaikan juga penjabaran lengkap mengenai kapabilitas Telkom Group melalui Smart City Nusantara khususnya dalam menghadapi New Normal. 

telkom sigma
Wahyudi menjelaskan  beberapa solusi seperti Smart Village, PPDB From Home, Indonesia Bergerak dan beberapa solusi lainnya yang dapat diimplementasikan untuk membantu masyarakat agar tetap produktif dan berhati-hati di era New Normal.(ad) 

Smart City, satukan Negeri
Artikel Terkait
Kuota Ketengan