telkomsel halo

Simak peran aktif TelkomGroup melawan Covid-19

05:34:38 | 12 May 2020
Simak peran aktif TelkomGroup melawan Covid-19
JAKARTA (IndoTelko) - Di saat bangsa ini menghadapi masa Pandemi Covid-19, Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah menyampaikan bahwa TelkomGroup turut bahu membahu mengatasi dampak Pandemi Covid 19, sehingga bencana ini bisa segera diatasi.

Komitmen bahwa Telkom selalu Ada untuk Indonesia, diwujudkan dengan berbagai peran aktif dari Telkom Group sejak awal pandemi ini masuk ke Indonesia.

Dimulai dari awal bulan Februari, saat penyiapan area isolasi di pulau Natuna bagi WNI dari Wuhan yang dipulangkan ke Indonesia dan juga penyiapan area isolasi di Pulau Sebaru Kepulauan Seribu, Telkom Group menyediakan akses Internet baik melalui jaringan kabel maupun jaringan seluler dari anak perusahannya Telkomsel. Peran serta tersebut berlanjut melalui dukungan baik kepada pemerintah, masyarakat maupun pelanggan.

Dukungan
Kesiapan Telkom Group dalam mendukung pemerintah, selain infrastruktur telekomunikasi di dua pulau sebagai area isolasi, juga dilanjutkan dengan penyediaan akses internet di berbagai Rumah Sakit dan Rumah Sakit Darurat yang dibangun oleh pemerintah diantaranya Wisma Atlet dan Pulau Galang.

Kiprah Telkom Group sebagai perusahaan Digital tidak berhenti sampai disini, layanan contact Center 112 dan 119 yang sudah sering terdengar, kini telah terhubung dan terintegrasi antara Departemen Kesehatan dengan 99 kabupaten dan kotamadya.

Layanan 119 juga telah dikembangkan khusus untuk Corona Crisis Center di ext 9 dan juga untuk Layanan Sehat Jiwa Nasional (SEJIWA) di ext 8 bekerjasama dengan sukarelawan ahli dari Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI).

Selain aplikasi PeduliLindungi, Telkom Group juga mendukung BNPB melalui Dashboard DIANA (Digital Information Management) untuk memonitor perkembangan pandemi Covid-19 di Indonesia.

Penyediaan DOOH sebagai media bagi Depertemen Kesehatan untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat juga dilakukan di sejumlah area. Sementara di bidang Pendidikan dukungan kepada pemerintah terhadap sistem pembelajaran jarak jauh dilakukan melalui layanan Pijar dan SIAP Online.

Kepada masyarakat, Telkom Group melalui Media Digital yang dimilikinya juga tak pernah berhenti menyuarakan ajakan untuk menghindari pandemi ini semakin menyebar. Pesan pesan tersebut disampaikan melalui dunia maya maupun jaringan DOOH yang tersebar di seluruh Indonesia.

Bagi masyarakat terdampak khususnya sektor UMKM, melalu kampanye Di Rumah Ga Nyerah, Telkom Group berupaya menyediakan beragam tips & trick, seminar mengelola usaha dari rumah, maupun upaya menyiapkan Business Continuity Plan bagi masyarakat. Aktivitas ini dilakukan bekerjasama dengan berbagai komunitas maupun para relawan, yang disiarkan melalui live streaming maupun media digital lainnya.

Telkom juga turut melakukan penggalangan dana bagi Tim Medis, Pekerja Kreatif dan Masyarakat terdampak, baik itu secara sukarela dari karyawan, melalui pelanggan Indihome, maupun penggalangan melalui Event Pekan #KreatifDisaatSulit.

Selain paket Indihome dengan biaya terjangkau untuk mendukung Learning from Home dan Working from Home, Telkom Group juga menunjukan kepedulian untuk pelanggan Korporat, khususnya yang bisnisnya terdampak langsung. Untuk mendukung keberlangsungan bisnis pelanggan, Telkom Group memberikan masa kelonggaran pembayaran, memberikan diskon secara temporer maupun memberikan kesempatan untuk menurunkan bandwidth layanan sesuai kebutuhan.

Berbagai layanan bebas biaya juga diberikan untuk mengakses ke sejumlah materi pembelajaran sekolah dan mengakses ke sejumlah IP Daring dari lebih dari 200 Perguruan Tinggi guna memperlancar proses kuliah online. Untuk komunikasi dalam bentuk video conference, Telkom Group juga menyiapkan Umeetme dan Cloudx yang untuk periode tertentu dibebaskan dari biaya berlangganan.

Telkom juga berinovasi dalam menciptakan beragam layanan digital untuk mendukung bisnis pelanggan di masa pandemi ini agar tetap bisa berjalan. Layanan tersebut diantaranya NeucentrIX data center, Digi ERP (sistem informasi perusahaan), Finpay (pembayaran digital), DigiClinic (Sistem Informasi klinik), Konsultasi Kesehatan Online, SATU (core banking BPR), SIAP Online (Sistem Informasi Pendidikan), Mobile Ads (SMS Marketing), Mediahub (iklan pada TV berbayar), serta Anjungan Dukcapil Mandiri (mesin digitalisasi kependudukan).

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Bogi Witjaksono menambahkan bahwa seluruh layanan Telkom Group itu didukung oleh kesiapan teknisi Corporate Customer Access Network (CCAN) yang disertai dengan Alat Pelindung Diri untuk dapat melayani Pelanggan 24 jam 7 hari seminggu.

“Segala upaya yang dihadirkan Telkom Group, merupakan pengejawantahan dari purpose perusahaan untuk memberikan kemanfaatan bagi kesejahteraan dan kemajuan masyarakat Indonesia,” pungkas Bogi.(id)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year