Pemkab Murung Raya ingin kembangkan Smart City

10:42:02 | 22 Mar 2020
Pemkab Murung Raya ingin kembangkan Smart City
Bupati Murung Raya, Perdie M. Yoseph saat berkunjung ke Living Lab Smart City Nusantara
JAKARTA (IndoTelko) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Murung Raya ingin menggelar smart city bagi untuk meningkatkan layanan publik bagi penduduknya.

Hal ini ditunjukkan dengan kunjungan dari Bupati Murung Raya, Perdie M. Yoseph beserta jajarannya ke Living Lab Smart City Nusantara yang berlokasi di Jl. Gunung Sahari No. 50A, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Ini adalah kunjungan ketiga yang dilakukan oleh Pemkab Murung Raya, setelah kunjungan sebelumnya yang dilakukan pada 12 September 2019 dan 2 Oktober 2019.  

“Melalui pemanfaatan teknologi informatika, kami berharap Kabupaten Murung Raya bisa menjadi daerah yang lebih maju lagi. Kunjungan ke Living Lab Smart City Nusantara yang di miliki Telkom ini diharapkan bisa membantu Murung Raya dalam pemanfaatan teknologi informasi untuk pengembangan smart city di Kabupaten Murung Raya”, ujar Perdie sebelum agenda Lab Tour di mulai.

Agenda Lab Tour dimulai dengan pengisian digital guest book yang diwakili oleh Perdie. Selain mencantumkan informasi dasar berupa nama, jabatan dan asal daerah, pada digital guest book tamu kunjungan Living Lab Smart City Nusantara juga diminta untuk memilih city sector yang menjadi fokus utama pengembangan smart city di daerahnya.

Terdapat 10 city sector pilihan yang merupakan city sector paling umum menjadi pain problem atau fokus pengembangan smart city daerah, antara lain Manajemen Pemerintahan, Keamanan, Pendidikan, Kesehatan, Sumber Daya dan Aset Daerah, Pariwisata, Infrastruktur TIK, Lingkungan, Partisipasi Masyarakat, dan Transportasi. Pemilihan city sector ini penting dalam rangkaian kunjungan karena nantinya digunakan sebagai insight bagi Tim Living Lab Smart City Nusantara dalam penjelasan solusi dan diskusi selama kunjungan.

Antusiasme jajaran Pemkab Murung Raya terhadap penjelasan solusi-solusi Smart City Nusantara menjadikan diskusi selama kunjungan khususnya terkait permasalahan yang dihadapi Pemkab Murung Raya dan solusi yang mungkin diterapkan berlangsung menarik.

Kadis Kominfo Pemkab Murung Raya, Bimo Santoso menekankan bahwa solusi – solusi yang dimiliki Telkom diyakini sangat mumpuni untuk diterapkan untuk pengembangan smart city daerah bahkan hingga di lokasi terpencil sekalipun, sebagaimana kondisi geografis di Kabupaten Murung Raya.(ad)

Artikel Terkait
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories