Pemkab Kutai Timur ingin kembangkan Smart Regency

05:00:33 | 03 Mar 2020
Pemkab Kutai Timur ingin kembangkan Smart Regency
Bupati Kutai Timur Ir. H. Ismunandar, M.T saat berkunjung ke Living Lab Smart City Nusantara
JAKARTA (IndoTelko) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Timur ingin mengembangkan smart regency untuk menigkatkan layanan publik ke masyarakatnya.

“Luas Kutai Timur itu lebih luas dari Provinsi Jawa Barat, Jawa Barat mungkin diurus oleh 4 Bupati, Kutai Timur hanya diurus oleh 1 Bupati saja. Masih ada beberapa wilayah di Kutai Timur yang blank spot. Dengan kondisi Kutai Timur yang seperti itu, kami berharap setelah kunjungan ini akan ada masukan untuk mengembangkan daerah kami menjadi Smart Regency," ungkap Bupati Kutai Timur Ir. H. Ismunandar, M.T saat berkunjung ke Living Lab Smart City Nusantara, belum lama ini.

Dijelaskannya, Kabupaten Kutai Timur merupakan salah satu Kabupaten yang terpilih menjadi peserta dalam Program Gerakan Menuju 100 Smart City Tahap 2 yang diadakan oleh Kominfo. Gerakan tersebut bertujuan membimbing Kabupaten/Kota dalam menyusun Masterplan Smart City agar bisa lebih memaksimalkan pemanfaatan teknologi, baik dalam meningkatkan pelayanan masyarakat maupun mengakselerasikan potensi yang ada di masing-masing daerah.

Kutai Timur terletak di Provinsi Kalimantan Timur dengan luas wilayah sebesar 35.747,50 km2 dan jumlah penduduk di wilayahnya sebanyak 422.905 jiwa. 

"Kami juga berharap Telkom yang memiliki teknologi informasi dan pusat smart city, bisa membantu Pemkab Kutai Timur dalam mengembangkan teknologi informasi dan smart city," ujarnya.

Living Lab Smart City Nusantara didirikan pada tahun 2016 dan hingga kini telah menerima 617 kunjungan.

Living Lab Smart City Nusantara adalah fasilitas yang dibangun oleh PT. Telkom untuk memberikan guidance dan know-how kepada stakeholder Smart City (Pemerintah, Industri dan Masyarakat) mengenai pemahaman mengenai Smart City dan impelentasinya. DIsini pengunjung dapat melihat dan mencoba solusi Smart City yang dimiliki oleh Telkom Group serta berdiskusi perihal implementasi Smart City. Terdiri dari 4 zona, yaitu Zona Smart Government, Zona Smart Industry, Zona Smart Citizen dan Zona Smart Infrastructure. Living Lab Smart City Nusantara dilengkapi produk solusi smart city yang saat ini telah didukung oleh kurang lebih 14 entitas Telkom Group.(ak)

Artikel Terkait
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories