telkomsel halo

Sambut Nataru, AP 2 operasikan posko didukung solusi digital

07:34:58 | 13 Dec 2019
Sambut Nataru, AP 2 operasikan posko didukung solusi digital
President Director Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mendampingi Menhub Budi Karya Sumadi melakukan ramp check di Bandara Soekarno-Hatta.
JAKARTA (IndoTelko) - PT Angkasa Pura II (AP 2) mendirikan Posko Angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) dengan perlengkapan dan fasilitas full digitalisasi guna memantau seluruh aktivitas operasional dan pelayanan di Bandara Soekarno-Hatta.

President Director Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan perseroan memastikan operasional Bandara Soekarno-Hatta dapat berjalan lancar dengan standar pelayanan tinggi selama Periode Angkutan Natal dan Tahun Baru.

Ada 3 hal yang menjadi prioritas perseroan yaitu Pertama, People, ini tentang kecukupan personil dalam hal operasi mandatori kebandarudaraan.

Kedua, Process,  memastikan bahwa seluruh standard operating procedure (SOP) antar stakeholder berjalan optimal dan ketentuan yang berlaku. Ketiga, Facilities, seluruh fasilitas dan infrastruktur operasi serta pelayanan akan diperhatikan, terutama yang mandatori seperti misalnya aspek mechanical electrical facilities, airside, land side dan data network sehingga Bandara Internasional Soekarno-Hatta dapat sempurna melayani di seluruh customer touchpoint yang bersinggungan dengan operasi penumpang pesawat pada peak season Angkutan Nataru.

"Sampai hari ini, jumlah pengajuan penerbangan tambahan atau extra flight di Soekarno-Hatta sudah mencapai 1.031 penerbangan, dan angka ini masih dapat terus bertambah," ujar Muhammad Awaluddin.

Meski jumlah penerbangan di Soekarno-Hatta meningkat pada masa libur Natal dan Tahun Baru ini, penerbangan tetap diyakini akan berjalan lancar salah satunya karena rencana runway 3 yang dioperasikan dengan dimensi 3.000 x 60 meter pada 20 Desember 2019.

Terkait Posko yang didirikan di kawasan Terminal 1 itu, dijelaskannya, dapat memberikan berbagai informasi penerbangan dan juga terkait fasilitas pelayanan bagi penumpang pesawat.

Sejumlah peralatan dan perlengkapan yang ada di posko tersebut antara lain digunakan untuk memantau CCTV, melakukan video conference, memantau pergerakan penumpang dan pesawar secara realtime, memantau agar standar pelayanan di berbagai fasilitas tetap terjaga, dan sebagainya.

"Full digitalisasi sudah diterapkan di Posko di kawasan Terminal 1. Posko ini selain memantau aktivitas di Soekarno-Hatta juga digunakan untuk berkoordinasi dengan posko Angkutan Natal dan Tahun Baru lainnya yang ada di bandara-bandara PT Angkasa Pura II," jelasnya.

Adapun posko utama Angkutan Natal dan Tahun Baru adalah di Airport Operation Control Center [AOCC] yang merupakan tempat seluruh stakeholder berkoordinasi, mewujudkan Airport Collaborative Decision Making.

Ramp Check
Pada kesempatan sama, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Rabu (11/12), memeriksa kesiapan Bandara Internasional Soekarno-Hatta menjelang Periode Angkutan Natal dan Tahun Baru.

"Ramp check dilakukan secara random terhadap pesawat. Paling vital dalam ramp check ini adalah memeriksa roda  pesawat, selain itu juga pengatur kecepatan dan keseimbangan. Kami juga meminta agar seluruh maskapai melakukan self checking," katanya.

Adapun pada Periode Natal dan Tahun Baru di Soekarno-Hatta yang berlangsung pada 19 Desember 2019 hingga 6 Januari 2020, jumlah penumpang pesawat diproyeksikan mencapai 3,48 juta penumpang.

Sementara itu, pergerakan pesawat diperkirakan mencapai 23.397 penerbangan.

Menhub mengatakan peningkatan 1% pada pergerakan pesawat Angkutan Nataru 2019/2020 di Soekarno-Hatta dibanding periode yang sama tahun lalu menandakan industri penerbangan semakin membaik.

"Saya gembira bahwa aircraft movement di Soekarno-Hatta sudah seperti dulu. Ada peningkatan 1% di pergerakan pesawat sudah baik karena (di bulan-bulan) sebelumnya negatif," pungkasnya.(ad)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year