Telkom Marketing 2
Telkom Marketing 2
blanja 2019
telkomsel halo

Mengenal 10 senjata anyar Kata.ai

09:55:58 | 06 Nov 2019
Mengenal 10 senjata anyar Kata.ai
CEO dan Co-Founder Kata.ai Irzan Raditya
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - Kata.ai memperkenalkan sepuluh produk terintegrasi yang dapat digunakan untuk mengembangkan solusi bagi masalah bisnis maupun isu sosial di ajang INTERACT 2019. 

INTERACT 2019 merupakan tahap final dari kompetisi online hackathon KataHack yang diikuti oleh 84 tim developer dari seluruh Indonesia.

Pada kesempatan itu, Kata.ai memperkenalkan Integrated Conversational Platform yang terdiri dari sepuluh produk terbaru. INTERACT 2019 juga menjadi babak final dari KataHack 2019, yang merupakan wadah bagi para developer di Indonesia untuk berkompetisi membuat solusi atas berbagai masalah dengan menggunakan platform dan tools yang disediakan oleh Kata.ai. 

CEO dan Co-Founder Kata.ai Irzan Raditya berharap penggunaan teknologi dari Kata.ai dapat mendorong berkembangnya berbagai solusi baru berbasis AI di Indonesia. 

“Kami ingin menempatkan teknologi kami sebagai enabler atau pendukung, di mana pelaku bisnis atau developer bisa memanfaatkan teknologi yang kami miliki untuk mengembangkan solusi atas tantangan yang mereka hadapi. Kami yakin banyak sekali tantangan dihadapi berbagai sektor di Indonesia yang tidak mungkin kami bisa kuasai sendiri, tapi dengan menyediakan teknologi kami dalam bentuk “developer platform” kami bisa bekerja sama dengan, developer, pelaku bisnis, dan ahli pada berbagai sektor untuk membangun solusi yang relevan. Sektor yang menjadi fokus kami kedepannya adalah industri pelayanan kesehatan, jasa keuangan, pendidikan, dan juga social commerce,” katanya dalam keterangan kemarin.

Kata.ai memperbaharui produk Kata Platform menjadi sebuah Integrated Conversational Platform. Berbeda dengan sebelumnya di mana platform ini hanya terfokus  pada proses pengembangan chatbot, platform terbaru ini dikembangkan untuk menjadi sebuah one-stop-solution untuk mengembangkan dan mengelola  solusi conversational AI, mulai dari pengelolaan percakapan, pengembangan asisten virtual untuk perusahaan, integrasi antara chatbot dengan operasional customer service, membuat asisten virtual berbasis suara, hingga mengelola aktivitas kampanye pemasaran. 

Fitur-fitur ini dirancang untuk membuat solusi yang mempermudah interaksi dengan pengguna melalui percakapan teks (chatting) maupun melalui ucapan dengan suara. Kata Platform kini terdiri dari sepuluh produk dengan fitur-fitur baru yang lebih spesifik, antara lain:

Kata Flow: Platform pengembangan chatbot untuk asisten virtual dengan kualitas enterprise-grade
Kata NL: Platform untuk mengembangkan model Natural Language dan mengolah insight dari data percakapan
Kata CMS: Platform untuk mengembangkan dashboard di mana pengguna bisa mengelola dan mengorganisasi konten dalam chatbot.
Kata Generator: Platform untuk membuat, memberi label, dan melakukan training untuk dataset Natural Language dengan cepat
Kata Boost: Platform untuk mengelola kampanye pemasaran dalam chatbot
Kata Voice: Platform untuk mengembangkan asisten virtual interaktif berbasis suara
Kata Omnichat: Dashboard yang menggabungkan pengelolaan proses customer service oleh agen manusia dan chatbot dalam satu workflow
Kata Assist: Fitur untuk membantu agen customer service melayani pelanggan secara lebih cepat dengan adanya AI yang memberi rekomendasi jawaban atas pertanyaan dari pelanggan
Kata Whatsapp Dashboard: Dashboard untuk mengelola dan mengotomatisasi percakapan di dalam saluran WhatsApp dengan skala masif
Katalog: Fitur untuk mencari dan memanfaatkan solusi – solusi yang sudah dikembangkan oleh developer dalam Kata Platform.

INTERACT 2019 juga menjadi babak final dari kompetisi KataHack 2019 yang telah dihelat oleh Kata.ai sejak 14 Oktober lalu, dan telah diikuti oleh lebih dari 200 developer dalam 84 tim dari seluruh Indonesia.

Telkom Marketing 2
Lima tim terbaik kemudian dipilih menjadi finalis yang menawarkan solusi yang beragam, antara lain:
Patricia - Personal Payment Assistant 
Chatbot yang bisa membantu banyak orang dalam mengatur urusan finansial sampai jadwal bayar tagihan dalam chat apps.
Snowball - KRAVE
Chatbot yang bisa membantu Anda merencanakan liburan yang sesuai dengan budget secara lebih praktis.
EasyFishy - AdBoard 
Papan iklan interaktif dengan menggunakan metode text-to-speech.
Elea - Elea Bot 
Chatbot yang bisa menjadi pertolongan berbasis teknologi untuk membantu orang yang menghadapi keluhan kesehatan mental.
A4 - Oti Parenting Bot 
Chatbot yang bisa membantu para orang tua dalam mengontrol percakapan bermuatan konten negatif menggunakan otomatisasi chatbot di grup chat.

“KataHack 2019 merupakan kompetisi hackathon online nasional yang digagas untuk melatih para developer muda Indonesia tentang pemikiran kritis, kreativitas, dan semangat problem-solving yang mengandalkan solusi AI. Mereka ditantang untuk berkreasi memecahkan permasalahan bisnis atau teknologi yang terjadi dengan solusi yang komprehensif, dan menggunakan platform dan tools yang kami sediakan. Harapannya, kami bisa mendorong lebih banyak generasi muda untuk memahami dan mendalami pengaplikasian AI sebagai potensi solusi berbagai masalah yang dihadapi masyarakat," kata VP Product and Engineering Kata.ai Pria Purnama.

Kata.ai sendiri telah berdiri sejak 2016 silam, dan Kata Platform telah digunakan oleh ribuan developer untuk mengembangkan lebih dari 7000 chatbot. Hingga saat ini, sudah lebih dari 120 perusahaan dari 16 industri berbeda yang menggunakan platform dari Kata.ai. Pada tahun 2019, annual recurring revenue (ARR) dari Kata.ai telah meningkat lebih dari 500% dibandingkan tahun 2018.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
More Stories
telkom sigma
Financial Analysis
Laba Bali Towerindo turun 27,6%