Telkom Marketing 2
Telkom Marketing 2
blanja 2019

Telkomsel dukung Smart City di Sumedang

09:12:49 | 29 Okt 2019
Telkomsel dukung Smart City di Sumedang
Direktur Utama Telkomsel Emma Sri Martini (tengah), Komisaris Telkom Cahyana Ahmadjayadi (ketiga kanan), Senior Vice President Corporate Secretary Telkomsel Muharam Perbawamukti (paling kanan), EVP West Area Telkomsel Agus Setia Budi (paling kiri), Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir (ketiga kiri), Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan (kedua kiri) dan Sekda Herman Suryatman usai penandatangan nota kesepahaman kerjasama Telkomsel dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumedang dalam penerapan Smart City di Sumedang, (27/10).
telkomtelstra januari - maret
SUMEDANG (IndoTelko) – Telkomsel berkolaborasi bersama  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumedang melalui penandatangan nota kesepahaman kedua belah pihak dalam penerapan teknologi masa depan untuk mendukung upaya pembangunan kabupaten ini dengan menguatkan ekosistem perkotaan berbasis konsep Smart City.

“Telkomsel terus bergerak maju mengakselerasikan negeri melalui berbagai dukungan kegiatan yang melibatkan berbagai unsur lapisan masyarakat. Saat ini bersama Pemkab Sumedang, Telkomsel hadir untuk berkolaborasi dalam memanfaatkan teknologi berbasis digital guna  mendorong terwujudnya smart city  di wilayah Sumedang melalui pengembangan ekosistem edukasi dan ekonomi berbasis teknologi melalui peningkatan mutu  dan jenis layanan pemerintah dan  sumber daya manusia setempat," kata Direktur Utama Telkomsel Emma Sri Martini dalam keterangan kemarin.

Emma menambahkan, sebagai digital telco company Telkomsel memiliki berbagai sarana dan prasarana teknologi digital yang sangat berguna untuk mendukung pemerintah daerah dalam melakukan peningkatan mutu dan jenis layanan publik untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakatnya.

“Telkomsel dan jajaran Pemkab berhasil mengindentifikasi berbagai tantangan serta kebutuhan di Sumedang sehingga diharapkan bersama kami dapat menghadirkan solusi dan layanan teknologi yang tepat guna”, jelas Emma.

Untuk mengakselerasi perwujudan smart city di Sumedang, Telkomsel telah menyiapkan berbagai solusi dan layanan digital yang dapat diimplementasikan di pemerintahan Sumedang, seperti solusi pengelolaan pajak, kesehatan, analisis media, keamanan, dan lain-lain.

Bupati Kabupaten Sumedang H.Dony Ahmad Munir mengatakan Sumedang siap menjadi laboratorium pengembangan digital bagi Telkomsel.  

"Sumedang sedang mewujudkan "digital regent" dimana kami ingin memanfaatkan telnologi informasi untuk dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan dalam rangka meningkatkan pembangunan. Oleh karena itu terimakasih banyak kepada Telkomsel yang telah banyak membantu Kabupaten Sumedang dalam mengembangkan ekosistem digital," katanya.

Untuk mendukung ekonomi kerakyatan berbasis digital, Telkomsel menghadirkan layanan 99% Usahaku bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Sumedang. 99% Usahaku merupakan sebuah platform layanan berbasis aplikasi untuk membantu pelaku bisnis UMKM melalui berbagai konten pembelajaran (digital learning, artikel informasi bisnis, cerita sukses), fitur forum komunikasi antar pelaku UMKM, ragam solusi layanan UMKM dari Telkomsel Enterprise, serta akses cakupan pasar yang lebih luas guna meningkatkan kapasitas penjualan.

“Dukungan ini diharapkan dapat membantu mengakselerasi potensi ekonomi Sumedang, mengingat sektor UMKM merupakan salah satu sarana terpenting untuk penyerapan tenaga kerja dan pemerataan ekonomi masyarakat menengah ke bawah," jelas Emma.

Didukung lebih dari 820 BTS di Kabupaten Sumedang, termasuk 324 BTS 4G, jaringan Telkomsel akan siap melayani kebutuhan komunikasi dan akses broadband masyarakat Sumedang, sekaligus mengakselerasi adopsi ekosistem digital di Sumedang.

Pembangunan jaringan telekomunikasi yang prima menjadi salah satu unsur penting dalam mendukung smart city. Pembangunan infrastruktur Telekomunikasi BTS di wilayah ini juga meningkat 12.5% dibandingkan dengan tahun 2019. Pemanfaatan layanan broadband di wilayah Sumedang pun meningkat hingga 55% dibanding tahun lalu. Hal ini menunjukan keseriusan Telkomsel dalam melayani serta mengembangkan ekosistem digital masyarakat di Kabupaten Sumedang.

telkom sigma
”Ke depannya Telkomsel akan terus menghadirkan berbagai pemanfaatan teknologi digital yang mendukung kemajuan masyarakat di Kabupaten Sumedang, yang juga menjadi salah satu program unggulan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Dalam membangun tentu Telkomsel tidak bisa sendiri, kami perlu menggandeng berbagai stakeholder untuk berkolaborasi dengan baik,” pungkas Emma.(ak)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Telkom Smart City Nusantara
Artikel Terkait
telkom solution travel
More Stories
Telkom Smart City Nusantara
indihome IDN HUT Telkom 54