Telkom Marketing 2
Telkom Marketing 2
blanja 2019
telkomsel halo

Punya kekuatan besar, kenapa Telkomsel pasang target mini untuk by.U?

10:26:00 | 12 Okt 2019
Punya kekuatan besar, kenapa Telkomsel pasang target mini untuk by.U?
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) – Telkomsel baru saja meluncurkan produk prabayar berbasis digital, by.U, untuk membidik potensi pasar Gen Z yang saat ini diproyeksikan berjumlah sekitar 44 juta orang di Indonesia.  

“Selama 24 tahun berjalan, Telkomsel telah melayani masyarakat Indonesia melalui ketersediaan jaringan nirkabel terluas di Indonesia, sekaligus menjadi market leader di industri telekomunikasi. Kami percaya bahwa by.U akan membantu Telkomsel untuk mempertahankan posisi ini untuk generasi selanjutnya,” kata Direktur Utama Telkomsel Emma Sri Martini, kemarin.

Emma mengharapkan, hingga akhir tahun nanti akan ada 200 ribu pengguna yang mengunduh aplikasi by.U di sejumlah kota yang dibidik.

"Kami memang ingin belajar dulu pasarnya, karena itu kita hati-hati dalam memasarkan by.U. Kita sudah buat diferensiasi yang jelas antara by.U dengan "kakaknya" seperti simPATI LOOP agar tak saling bersinggungan," katanya.

Dijelaskannya, jika produk prabayar seperti simPATI atau Loop dalam komposisinya lebih ke product driven dimana penawaran ditentukan oleh operator dan saluran penjualan masih menggunakan distribusi tradisonal.

Sementara by.U produknya didesain sesuai customer driven dan saluran distribusi ditangani langsung oleh Telkomsel bekerjasama dengan perusahaan kurir.

"Ini bisa diibaratkan startup oleh Telkomsel," kata Director Planning & Transformation Edward Siew Ying.

Emma mengatakan, jika nanti terjadi saling kanibal antar produk prabayar, tak menjadi masalah karena yang diincar adalah volume penjualan naik, efisiensi biaya didapat. "Kita tak bisa tolak kalau ada pelanggan pindah, asal pindahnya masih ke Telkomsel," tutupnya.

Telkom Marketing 2
Asal tahu saja, Telkomsel mendesain pengalaman digital end-to-end yang by.U hadirkan meliputi  seluruh proses penggunaan layanan, mulai dari pemilihan opsi pesan antar, nomor telepon by.U, kuota internet, kuota tambahan (topping), hingga pembayaran. Kuota internet by.U dapat digunakan pengguna dengan bebas selama 24 jam, di semua jaringan Telkomsel (2G, 3G, 4G).

Lebih jauh lagi, by.U ditunjang dengan customer service yang dapat diakses melalui fitur live chat pada aplikasi dan situs resmi by.U, www.byu.id. Layanan pengguna juga terdapat pada laman Instagram dan Facebook by.U.

by.U menyediakan layanan pesan antar SIM card, yang  pada tahap awal tersedia di beberapa daerah yaitu Bogor, Sukabumi, Cianjur, Depok, serta beberapa kampus yaitu Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor, Universitas Padjadjaran (Jatinangor), Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, dan Universitas Brawijaya.  Untuk tahap selanjutnya, layanan pesan antar akan mencakup  wilayah yang lebih luas.(dn)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
More Stories
telkom sigma