telkomsel halo

Stalkerware di Indonesia alami penurunan

14:16:25 | 08 Okt 2019
Stalkerware di Indonesia alami penurunan
ilustrasi
JAKARTA (IndoTelko) - Laporan Kaspersky's The State of Stalkerware 2019 menyatakan jumlah stalkerware yang terdeteksi di Indonesia mengalami penurunan, meskipun tidak signifikan.

Tahun lalu jumlah deteksi mencapai 392, hanya lima sampel lebih sedikit dari 2019 dimana sebanyak 387 deteksi.

Stalkerware adalah situasi dimana pengguna setidaknya menghadapi satu kali upaya instalasi spyware komersial yang sering digunakan sebagai alat untuk spionase domestik.

Program yang disebut sebagai Stalkerware ini memungkinkan untuk melakukan intrusi ke dalam kehidupan pribadi seseorang. Dengan menggunakan stalkerware, pelaku dapat mengakses pesan, foto, media sosial, geolokasi, dan rekaman audio atau kamera korbannya (dalam beberapa kasus, ini dapat dilakukan secara waktu nyata atau real-time). Tidak seperti aplikasi kontrol orang tua yang terlegitimasi, program-program seperti stalkerware berjalan tersembunyi di belakang, tanpa sepengetahuan atau persetujuan korban. Stalkerware dikenal sebagai perangkat lunak untuk memata-matai mitra atau kolega seseorang.

Pada delapan bulan pertama tahun 2019, sebanyak 37.532 pengguna unik menjadi target atas setidaknya satu kali upaya penyusupan layanan pribadi dengan menggunakan stalkerware. Sebagai perbandingan, angka pada 2018 adalah sejumlah 27.798 pengguna unik.

Walaupun angka-angka ini mungkin tampak lebih kecil daripada angka untuk jenis malware lainnya, penting untuk diingat bahwa tidak seperti kebanyakan ancaman konsumen lainnya, stalkerware biasanya digunakan secara khusus dengan penargetan korban secara spesifik. Stalkerware seringkali perlu diinstal secara manual pada ponsel korban, sehingga pelaku membutuhkan akses fisik ke perangkat.

Ini adalah peningkatan 35% jika dibandingkan dengan angka untuk periode yang sama pada tahun 2018. Terlebih lagi, lansekap ancaman untuk stalkerware juga semakin meluas, karena Kaspersky telah menemukan 380 varian stalkerware tersebar luas pada tahun 2019 - 31% lebih dibandingkan tahun yang lalu. 

Saat ini semakin banyak variasi stalkerware yang tersedia di pasaran. Dalam delapan bulan pertama tahun 2018, teknologi pendeteksi Kaspersky melihat 290 varian yang berpotensi berbahaya, pada tahun 2019 jumlah tersebut telah meningkat hampir sepertiga, hingga menyentuh 380.

Perubahan ini disertai dengan peningkatan signifikan jumlah peristiwa penting ketika produk Kaspersky mendeteksi perangkat lunak yang “dipertanyakan” pada perangkat pengguna: pada tahun 2019 terjadi peningkatan sebesar 373%, yaitu mencapai 518.223.

Director of the Safety Net Project di  National Network to End Domestic Violence Erica Olsen mengatakan ketika dirancang untuk beroperasi dalam mode senyap secara utuh, tanpa pemberitahuan berkelanjutan kepada pemilik perangkat, perangkat lunak ini memberikan alat paling manjur kepada pelaku kejahatan untuk melakukan pelecehan, pemantauan, dan penyalahgunaan.

Jenis perlakuan bisa membahayakan,dapat menimbulkan trauma, dan meningkatkan  risiko keamanan yang signifikan. Sehingga fungsionalitasnya bisa dianggap sebagai penyalahgunaan.

"Kami telah melakukan banyak hal untuk meningkatkan kemampuan deteksi stalkerware pada produk kami dalam beberapa bulan terakhir, dan akan terus melakukannya bersama para pemain industri lainnya karena kami mendukung segala upaya demi melawan para pelaku kejahatan. Tetapi masih ada masalah yang harus dipecahkan. Misalnya, untuk menemukan dan menyepakati definisi stalkerware yang dapat diakui oleh semua orang dalam industri. Ini akan membantu membedakan perangkat lunak seperti itu dengan lebih baik, dan karenanya lebih melindungi para pengguna dari penyalahgunaan privasi mereka,” kata Pakar keamanan di Kaspersky Vladimir Kuskov.

Untuk menghindari menjadi target mata-mata para pelaku kejahatan, Kaspersky merekomendasikan:

• Memblokir instalasi program dari sumber yang tidak dikenal di pengaturan ponsel cerdas Anda
• Jangan pernah menyebarkan kata sandi atau kode sandi ke perangkat seluler Anda, meskipun itu dengan seseorang yang Anda percayai
• Jangan pernah menyimpan file atau aplikasi yang tidak dikenal pada perangkat, karena dapat merusak privasi Anda
• Mengubah semua pengaturan keamanan pada perangkat seluler jika Anda telah menyudahi suatu hubungan. Seorang mantan kekasih mungkin mencoba mendapatkan informasi pribadi Anda untuk memanipulasi Anda
• Memeriksa daftar aplikasi pada perangkat untuk mengetahui apakah program yang mencurigakan dipasang tanpa persetujuan Anda.
• Menggunakan solusi keamanan andal yang dapat memberikan notifikasi tentang keberadaan program spyware komersial yang bertujuan menyerang privasi Anda di ponsel, seperti Kaspersky Internet Security
• Jika Anda berpikir telah menjadi subjek para stalker dan membutuhkan bantuan, hubungi organisasi yang relevan untuk bantuan profesional.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year