Telkom Marketing 2
Telkom Marketing 2
blanja 2019
telkomsel halo

Gojek ajak warga NU di Banyuwangi Go Digital

11:05:53 | 14 Sep 2019
Gojek ajak warga NU di Banyuwangi Go Digital
telkomtelstra januari - maret
BANYUWANGI (IndoTelko) - Gojek menggelar pelatihan Gojek Wirausaha yang diikuti lebih dari 170 UMKM binaan Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) serta badan otonom Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) lainnya asal Kabupaten Banyuwangi dan Jawa Timur supaya bisa naik kelas dan jadi UMKM Digital. 

“Fokus Gojek sejak pertama kali hadir di Banyuwangi tahun 2017 adalah membantu UMKM bertumbuh. Gojek Wirausaha secara khusus dikembangkan oleh Gojek untuk mengakselerasi UMKM supaya naik kelas. Berbeda dengan pelatihan lain, kurikulum Gojek Wirausaha dirancang secara khusus menjawab banyaknya tantangan yang dihadapi UMKM terutama dalam memulai bisnis lalu meningkatkan skala bisnisnya melalui teknologi digital. Melalui kegiatan ini juga kami kembali menggandeng Muslimat NU sebagai di seluruh Indonesia, yang memiliki semangat tinggi untuk jadi pengusaha," kata Head of Regional Corporate Affairs Gojek Alfianto Domy Aji dalam keterangan kemarin. 

Banyak manfaat dirasakan oleh UMKM yang bergabung dengan ekosistem Gojek. Riset Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI) mengungkapkan 93% mitra UMKM GoFood mengalami peningkatan volume transaksi, dan 85% mitra UMKM menginvestasikan kembali hasil penjualan di GoFood ke dalam usaha mereka, hal ini memicu mereka untuk terus mengembangkan bisnis dan menjadi naik kelas. Komitmen Gojek dalam kembangkan UMKM di daerah sejalan dengan semangat Pemkab Banyuwangi dimana pada 2014, Pemkab Banyuwangi menerima penghargaan Satya Lencana Pembangunan atas upayanya mengembangkan UMKM. 

“Gojek kontribusi dalam dua hal utama, tingkatkan daya saing UMKM binaan Muslimat NU melalui pelatihan Gojek Wirausaha, dan dukung digitalisasi ekosistem Nahdlatul Ulama melalui GoPay. Dengan teknologi kami, Gojek membantu UMKM memperluas pasarnya, membantu pembukuan keuangan, meningkatkan inklusi keuangan, serta menekan biaya operasional dengan adanya layanan operasional yang lebih efisien,” tambah Domy.

Sejak tahun 2018 Pimpinan Pusat Muslimat NU menggandeng Gojek dan GoPay dalam kerjasama strategis untuk akselerasi ekonomi umat berbasis digital. Kerjasama tersebut tidak terbatas pada pelatihan wirausaha yang ditujukan pada lebih dari 30 juta anggota Muslimat NU se-tanah air, tetapi juga digitalisasi ekonomi di berbagai lingkungan Muslimat NU mulai dari koperasi, masjid, dan UMKM binaan di seluruh Indonesia. 

Gojek Wirausaha telah melatih lebih dari 14 ribu UMKM se-Indonesia di 16 kota di Indonesia melalui kolaborasi dengan 26 komunitas dan institusi pemerintah.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
More Stories
telkom sigma