Telkom Marketing 2
Telkom Marketing 2
blanja 2019
telkomsel halo

Ericsson dukung trial 5G di XL

10:45:00 | 22 Aug 2019
Ericsson dukung trial 5G di XL
Head of Ericsson Indonesia Jerry Soper
telkomsat
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - Ericsson mendukung trial 5G yang dilakukan XL Axiata (XL) dengan use case lebih variatif.

"Kolaborasi Ericsson Indonesia dan XL mencoba beberapa penerapan dan teknologi use cases yang hanya dapat dilakukan dengan jaringan yang memiliki pita lebar tinggi (high bandwidth) dan latensi rendah. Use cases yang ditampilkan antara lain komunikasi virtual melalui holographic call dan cloud gaming," ungkap Head of Ericsson Indonesia Jerry Soper kemarin.

Jerry mengatakan layanan 5G benar-benar terjadi di seluruh dunia. "Setiap harinya kami mendapatkan semakin banyak pengalaman tentang bagaimana teknologi itu bekerja, juga hal-hal luar biasa yang dapat diraih dengan teknologi.

"Untuk trial dengan XL, kami  menyediakan peralatan new radio dan jaringan inti end-to-end 5G yang lengkap yang memungkinkan holographic call dan cloud gaming dapat berjalan lancar dengan latensi yang sangat rendah secara live," ulasnya.

Dijelaskannya, dengan teknologi 5G, cloud gaming yang membutuhkan ruang penyimpanan minim pada perangkat dengan kecepatan internet tinggi dan latensi rendah menjadi sangat mungkin.  

Pita lebar yang tinggi dan latensi yang rendah dalam teknologi 5G milik Ericsson juga memungkinkan komunikasi virtual dapat berjalan dalam waktu yang sebenarnya tanpa adanya keterlambatan

Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D Yosetya, mengatakan perseroan terus bersiap diri mengadopsi teknologi 5G yang merupakan teknologi jaringan yang tercanggih saat ini.

"Persiapan kami sangat serius di semua aspek, dan saat ini kami terus membangun ekosistemnya, terutama jaringan data yang memadai. Uji coba juga kembali kami laksanakan kali ini untuk lebih mengenal lagi berbagai aspek teknologinya dan implementasinya di jaringan kami. Kami berharap banyak hal yang bisa dipelajari dari uji coba ini,” katanya.

Telkom Marketing 2
Uji coba 5G kali pertama telah dilakukan XL Axiata di halaman Grha XL pada  bulan April 2017 yang lalu, yang merupakan ujicoba 5G di luar ruangan (outdoor) pertama di Indonesia dengan menampilkan demo pemanfaatan virtual reality (VR) dan uji kecepatan (speed test).  

Kemudian disusul uji coba 5G yang  kedua pada Agustus 2018, berlangsung di Kawasan Kota Tua, Jakarta Barat.

Angkasa Pura 2
Ketika itu, uji coba dilakukan dengan menyajikan sejumlah demo yang berkait penerapan 5G untuk mendukung smart city dan aktivitas layanan publik seperti antara lain pemeliharaan sungai, pengelolaan taman kota, serta monitoring kota dan pengangkutan sampah.(id)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
More Stories
telkom sigma