Telkom Marketing 2
Telkom Marketing 2
blanja 2019

GOJEK tingkatkan pendapatan mitra selama Ramadan

06:11:29 | 15 May 2019
GOJEK tingkatkan pendapatan mitra selama Ramadan
telkomsat
telkomtelstra januari - maret
BANDUNG (IndoTelko) – GOJEK berkomitmen untuk turut mensejahterakan para pelaku ekonomi mikro dan pekerja sektor informal yang tergabung dalam ekosistemnya, termasuk mitra driver dan merchant.

Di bulan Ramadan ini, komitmen tersebut terus didorong melalui ragam inovasi dan inisiatif GOJEK yang fokus untuk membangun fondasi kesejahteraan mitra secara berkelanjutan untuk menghadirkan dampak sosial yang menyeluruh. Sejumlah inisiatif di GO-FOOD Festival juga dilakukan agar konsumen dapat merasakan mudahnya #CariKebaikan di bulan suci Ramadan.

Head of Regional Corporate Affairs West Java and Banten GOJEK Wildan Kesuma menjelaskan dalam menjalankan strategi demi kesejahteraan mitra perlu didukung secara menyeluruh, dilihat dari tiga sisi yakni pendapatan yang berkesinambungan, pengelolaan keuangan yang baik, serta pengembangan skill dan pengetahuan.

“Untuk mencapai ketiga hal tersebut, kami selalu memastikan agar inovasi yang dihadirkan mendukung unggulnya kualitas layanan GOJEK. Tidak berhenti sampai disitu, kami juga menginisiasi Bengkel Belajar Mitra (BBM) dan mengembangkan program GOJEK SWADAYA,” ujar Wildan dalam keterangan kemarin.

Inisiatif BBM dihadirkan secara rutin tiap bulan untuk mitra driver di Kota Bandung agar menjadi sumber daya yang unggul dan berkualitas, sehingga dapat menghadirkan layanan andal bagi konsumen. Ada dua jenis pelatihan pengembangan keterampilan di BBM yang disesuaikan dengan aspirasi dan kebutuhan mitra, yaitu Pengembangan Layanan Prima dan Pengembangan Kemampuan Diri.

Di Pengembangan Layanan Prima, pelatihan diberikan agar kualitas pelayanan mitra terus meningkat seperti Pelatihan Bahasa Inggris, P3K, dan Anti Kekerasan Seksual yang baru-baru ini diselenggarakan. Sedangkan di Pengembangan Kemampuan Diri, GOJEK membekali mitra Pelatihan Wirausaha dan Pengelolaan Keuangan agar mitra memiliki pemasukan tambahan sekaligus mampu mengelola keuangan.

“Sebagai satu-satunya pelatihan paling komprehensif di industri ride-hailing di Indonesia, ilmu yang mitra dapatkan dari BBM tidak hanya dapat meningkatkan taraf hidup, tetapi juga mengangkat kesejahteraan keluarga. Inilah yang menjadikan mitra kami berbeda. Tentu saja, konsumen juga diuntungkan dengan peningkatan kualitas layanan mitra. Begitu pun perekonomian lokal karena sifatnya BBM Pengembangan Kemampuan Diri itu untuk mendorong semangat berwirausaha,” tambah Wildan.

Saat ini BBM telah menjangkau lebih dari 1.000 mitra driver dan akan hadir di seluruh Indonesia secara bertahap.

Selain BBM, GOJEK juga menghadirkan program GOJEK SWADAYA. Melalui program ini, mitra mendapatkan akses ke ragam layanan finansial yang disesuaikan dengan kebutuhannya masing-masing dengan keuntungan sehingga semakin mampu mengelola keuangan dengan baik. Saat ini, program GOJEK SWADAYA telah diikuti oleh lebih dari satu juta penerima manfaat yaitu mitra driver dan keluarga se-nusantara.

GOJEK juga terus melakukan inovasi fitur untuk memudahkan mitra driver dalam kegiatannya sehari-hari. “Fitur dikembangkan sesuai dengan kebutuhan mitra sehingga menciptakan ruang yang nyaman saat bekerja dan mendukung mitra dalam memberikan pelayanan andal. Dengan layanan andal, mitra akan terus jadi pilihan konsumen di Indonesia dan pada akhirnya berdampak pada kesejahteraan itu sendiri,” tambah Wildan.

Tak hanya inovasi untuk mitra driver, penggerak ekosistem GOJEK lainnya yaitu mitra merchant GO-FOOD juga senantiasa diberi akses ke perluasan pasar.

Hal ini dilakukan salah satunya melalui inovasi dalam menghadirkan GO-FOOD Festival,  jaringan pujasera terbesar di Indonesia dan telah membantu hampir 1.000 mitra merchant meningkatkan skala bisnisnya. Dalam sisi teknologi, GOJEK mengembangkan ekosistem pengelolaan bisnis yang lengkap dan menyeluruh sehingga dapat dikelola secara mandiri oleh mitra merchant melalui aplikasi GO-BIZ.

Melalui GO-BIZ, mitra merchant dapat memanfaatkan fitur-fitur unggulan, seperti mencatat pemasukan dan pengeluaran, memanfaatkan fitur e-wallet GO-PAY, mengatur ketersediaan menu, mengatur jam operasional, melihat detail daftar pesanan dan fitur-fitur lainnya. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur verifikasi PIN untuk memastikan keamanan bagi para merchant.

Telkom Marketing 2
VP Sales & Marketing GO-FOOD Festival, Cassandra Aprilanda mengungkapkan sebagai bagian dari ekosistem GOJEK, GO-FOOD juga senantiasa menghadirkan inovasi yang memudahkan mitra merchant dalam menjaga keberlangsungan bisnis dari hulu ke hilir.

"Kami bangga, baru-baru ini Lembaga Demografi Universitas Indonesia (LD FEB UI) memvalidasi keberhasilan teknologi GO-FOOD bagi merchant dan menyatakan bahwa 72% UMKM mengalami kenaikan omzet setelah mereka menggunakan aplikasi khusus manajemen merchant (GO-BIZ); dan 93% responden UMKM mengalami peningkatan volume transaksi setelah mereka menggunakan aplikasi GO-BIZ,” katanya.

Angkasa Pura 2
Cassandra juga menambahkan bahwa GOJEK juga membantu mengembangkan industri UMKM di Indonesia melalui GOJEK Wirausaha yang telah diikuti oleh hampir dari 5.000 peserta. “Tahun lalu, sekitar 50% pelaku UMKM peserta GOJEK Wirausaha bergabung dengan GO-FOOD dan merasakan manfaat transaksi nontunai dengan GO-PAY untuk usahanya,” ujar Cassandra.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
More Stories
telkom sigma