Telkom Marketing 2
Telkom Marketing 2
blanja 2019
telkomsel halo

Saran Korn Ferry agar muncul pemimpin perusahaan masa depan

08:56:16 | 26 Apr 2019
Saran Korn Ferry agar muncul pemimpin perusahaan masa depan
telkomsat
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - Korn Ferry siap mengembangkan pemimpin perusahaan di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan yang semakin meningkat akan pemimpin perusahaan yang mampu menghadapi situasi dan tantangan masa depan di era digital. 

Kualitas pemimpin masa depan sangat berkorelasi dengan kemampuan berinovasi. Selain itu, inovasi juga penting dalam menggerakkan pertumbuhan ekonomi nasional karena dapat menciptakan berbagai bisnis baru dan meningkatkan daya saing Indonesia.

Chairman & Managing Director, Korn Ferry Indonesia Satya Radjasa mengatakan penelitian Self-Disruptive Leader yang dilakukan Korn Ferry baru-baru ini, terhadap hampir 800 investor bisnis dan analisis lebih jauh terhadap 150.000 profil para pemimpin bisnis di seluruh dunia, menunjukkan bahwa hanya 15% dari pemimpin perusahaan di seluruh dunia saat ini yang memiliki kemampuan memimpin perusahaan di masa depan. 

Sejalan dengan penelitian ini, 43% investor di Indonesia berpendapat bahwa hanya 11% hingga 20% pemimpin perusahaan di Indonesia memiliki kemampuan memimpin perusahaan di masa depan. 

"Dengan meningkatnya kebutuhan akan pemimpin perusahaan masa depan, Korn Ferry mendukung perusahaan – perusahaan di Indonesia mengembangkan para pemimpin bisnis yang mampu menghadapi situasi dan tantangan masa depan sekaligus mendorong inovasi untuk menggerakkan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Korn Ferry optimistis bahwa perusahaan – perusahaan di Indonesia mampu mencapai kinerja yang gemilang melalui SDM mereka seiring dengan upaya bangsa Indonesia menjadi salah satu negara dengan perekonomian terbesar di dunia," katanya dalam keterangan kemarin.

Para pemimpin bisnis yang mampu menghadapi situasi dan tantangan masa depan berperan penting dalam menciptakan inovasi untuk meningkatkan pertumbuhan perekonomian Indonesia. Percepatan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang berbasis inovasi merupakan salah satu tahapan dalam pencapaian Visi Indonesia 2045. 

Indonesia menempati urutan ke-85 dalam Global Innovation Index 2018, naik dua peringkat dari tahun 2017[2]. Terkait dengan investasi, penelitian Self-Disruptive Leader tersebut juga menemukan bahwa 97% investor di Indonesia mengatakan ingin meningkatkan investasi mereka di perusahaan-perusahaan yang berorientasi masa depan. Peningkatan investasi mencerminkan kepercayaan investor terhadap iklim usaha yang kian membaik dan pertumbuhan ekonomi yang semakin meningkat. 

“Penelitian ini juga menunjukkan bahwa 92% investor di Indonesia berpendapat bahwa perusahaan di mana mereka berinvestasi sedang menghadapi tantangan disrupsi, dan 83% investor berpendapat bahwa perusahaan-perusahaan harus bertransformasi. Perkembangan teknologi di era digital, termasuk Revolusi Industri ke-4 atau Industri 4.0, sangat berpengaruh kepada perkembangan bisnis. Agar dapat bertahan di lingkungan bisnis yang selalu berubah serta mampu bersaing, perusahaan harus bertransformasi yang dipimpin oleh pemimpin perusahaan yang mampu menghadapi situasi dan tantangan masa depan. Oleh karena itu, perusahaan harus memandang SDM sebagai sebuah sistem – yang meliputi perekrutan, kompensasi, pelatihan, pengembangan dan rencana suksesi. Perusahaan harus berfokus untuk mengembangkan pola pikir baru, membuka kesempatan pengembangan kepemimpinan bagi lebih banyak karyawan dan memupuk semangat untuk selalu ingin berkembang yang mendorong setiap karyawan di seluruh tingkatan turut bertanggung jawab atas pengembangan karier mereka,” lanjut Satya.

Keahlian yang sangat dibutuhkan saat ini dalam menghadapi perubahan bisnis yang sangat cepat adalah kemampuan melihat masa depan. 

Penelitian Self-Disruptive Leader tersebut juga menunjukkan bahwa 66% investor di Indonesia setuju bahwa dalam tiga tahun mendatang, Indonesia akan kekurangan pemimpin yang memiliki kemampuan memimpin perusahaan di masa depan. 

Dibutuhkan sebuah model baru untuk kepemimpinan perusahaan yang siap menghadapi tantangan dan perubahan di masa depan, yaitu dimensi ADAPT yang terdiri atas kemampuan mengantisipasi, menggerakkan, mempercepat, membentuk kemitraan dan membangun kepercayaan.

Partner, Korn Ferry Indonesia Denny Turner menambahkan pemimpin perusahaan yang siap menghadapi tantangan dan perubahan di masa depan mampu mengantisipasi dan menciptakan tren baru serta dapat mengidentifikasi peluang sebelum para pesaing menyadarinya. 

Mereka mampu memimpin perusahaan melewati tantangan disrupsi serta berani berinovasi, membangun kemitraan dan kepercayaan. Sebenarnya calon-calon pemimpin perusahaan di masa depan dapat ditemukan di dalam perusahaan dan saat ini mereka masih berada di jenjang/level bawah. 

Telkom Marketing 2
Untuk mempercepat kesiapan calon-calon pemimpin perusahaan di masa depan, perusahaan harus melakukan perubahan besar dalam program pengembangan SDM mereka. Perusahaan harus lebih berfokus dalam tour of duty dengan menugaskan para pemimpin muda untuk menjalankan inisiatif strategis perusahaan dan mengikutsertakan mereka dalam program magang tingkat internasional pada berbagai perusahaan terkemuka di negara-negara lain. Dengan demikian para calon pemimpin perusahaan di masa depan memperoleh kemampuan yang dibutuhkan dengan menyediakan sebuah ekosistem yang terbuka untuk ide-ide baru, inovasi dan kolaborasi. 

Inovasi juga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia melalui transformasi digital di industri dan bisnis. Pada tahun 2021, transformasi digital akan menambahkan sekitar 22 miliar Dollar AS terhadap produk domestik bruto (PDB/GDP) Indonesia, dan meningkatkan tingkat pertumbuhan sebesar 0,4% per tahun.

Angkasa Pura 2
Perkembangan teknologi digital yang kian canggih di seluruh sektor industri, termasuk Revolusi Industri ke-4/Industri 4.0 akan meningkatkan produktivitas yang dapat meningkatkan daya saing perusahaan. Era Industri 4.0 memberikan peluang untuk merevitalisasi sektor manufaktur Indonesia dan menjadi salah satu cara mempercepat pencapaian visi Indonesia untuk menjadi salah satu dari 10 kekuatan ekonomi terbesar di dunia berdasarkan PDB pada tahun 2030.(wn)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
pollingkabinetjokowi.jpeg
More Stories
telkom sigma