telkomsel halo

XL siapkan jaringan hadapi hari pencoblosan

08:36:07 | 15 Apr 2019
XL siapkan jaringan hadapi hari pencoblosan
JAKARTA (IndoTelko) - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) telah menyiapkan jaringan yang memadai untuk mengantisipasi kenaikan trafik terkait dengan berlangsungnya hari pencoblosan untuk Pemilihan Umum (Pemilu), Rabu (17/4).

XL memperkirakan trafik data akan meningkat, terutama dari layanan media sosial (Medsos), seperti Facebook, Instagram, Twitter dan pesan singkat instan seperti Whatapps, Telegram, LINE.

"Kami sudah melakukan langkah antisipatif dalam rangka Pilpres ini. Kebetulan, karena ini berdekatan dengan bulan Ramadan lalu Lebaran, maka kami antisipasi ini sudah sekalian masuk dengan persiapan untuk jaringan Lebaran. Kami juga akan monitor terus kondisi jaringan di sejumlah titik penting di Jakarta, seperti kantor KPU, Media Center, serta area Ring 1," papar Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D. Yosetya dalam keterangan kemarin.

Yessie memperkirakan kenaikan trafik data diperkirakan sekitar 5% - 10%. Sementara itu kenaikan trafik voice  dan SMS diprediksi sekitar 3%. Lokasi kenaikan trafik kemungkinan terjadi di kota-kota besar, terutama Ibu Kota Jakarta dan Kota Penyangga sekitarnya  seperti Bogor, depok, Tangerang,  Bekasi serta ibukota-ibukota provinsi.

Kenaikan trafik juga kemungkinan terjadi di kota-kota kecil di berbagai daerah seiring dengan tingginya antusiasme masyarakat Indonesia atas berlangsungnya pesta demokrasi tahun ini. Trafik normal untuk layanan data XL Axiata di hari kerja biasa rata-rata sekitar 9.300 TB. Untuk voice sekitar 4 juta menit dan 71 juta untuk SMS.

Sebelumnya, gejala kenaikan trafik mengakses media sosial sudah terlihat. Hal itu diungkap Twitter dimana terdapat lebih dari 1,3 juta Tweet terkait debat calon presiden kelima pada Sabtu (13/4). Puncak percakapan terjadi sekitar pukul 22.00 WIB, dengan hampir 181.000 Tweet per menit.(ak)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year