Telkom Marketing
Telkom Marketing
blanja 2019
telkomsel halo

Toshiba kembangkan kriptografi kuantum

09:28:00 | 14 Mar 2019
Toshiba kembangkan kriptografi kuantum
telkomsat
SINGAPURA (IndoTelko) - Kriptografi kuantum (quantum cryptography) berpotensi besar menjadi teknologi penting dalam melindungi infrastruktur komunikasi dari serangan siber, serta menjadikan perusahaan berada di posisi terdepan untuk melindungi informasi yang penting bagi kegiatan operasional. 

Apa sebenarnya kriptografi kuantum itu dan bagaimana ia mengisi celah dalam keamanan daring demi membantu perusahaan bersiap menghadapi ancaman yang rumit? Toshiba menyajikan wawasan yang lebih mendalam tentang topik ini.

Penelitian terbaru dari Toshiba mengungkapkan, lebih dari setengah (52%) perusahaan di Eropa memasukkan keamanan data ke dalam tiga prioritas investasi teratas untuk tahun mendatang. Namun, perusahaan kerap ketinggalan dalam mengikuti perkembangan dan tren keamanan siber.

Saat ini, public key encryption banyak dianggap sebagai bagian penting dari keamanan data, tetapi berbagai strategi serangan baru dan munculnya komputer quantum pada akhirnya akan menjadikan banyak enkripsi saat ini tidak aman. Tantangan keamanan terkini dan kekhawatiran akan keamanan pada masa depan mendorong penerapan kriptografi kuantum yang andal. Teknologi ini menyediakan cara aman untuk menghasilkan dan mendistribusikan secret keys antara dua pihak pada jaringan optik.

Meski belum tersedia secara komersial, para ilmuwan kini tengah berupaya menggunakan teknologi tersebut dan menunjukkan manfaatnya. 

Telkom Marketing
Cambridge Research Laboratory milik Toshiba baru-baru ini menerbitkan sebuah makalah yang menjelaskan terobosan yang dibuat menggunakan protokol yang dikenal sebagai Twin-Field QKD, memperluas jangkauan QKD hingga lebih dari 500 kilometer lebih dari serat telekomunikasi standar, sehingga membuka potensi komunikasi yang aman antara kota-kota seperti London, Paris, Dublin, Manchester, dan Amsterdam.

Tidak seperti solusi keamanan lainnya yang ada saat ini, kriptografi kuantum dinilai siap menyambut semua kemajuan di bidang matematika dan komputasi pada masa depan, bahkan dari kemampuan komputer kuantum dalam mengolah angka.

Angkasa Pura 2
Standardisasi protokol QKD tetap penting untuk kriptografi kuantum komersial. Kebutuhan dalam memudahkan interoperabilitas teknologi, mengembangkan pasar komponen serta proses dan teknologi, akan mengurangi biaya pembuatan dan penggunaan QKD, serta dimulainya masa depan yang lebih aman bagi kita semua.(ak)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
More Stories
telkom sigma