telkomsel halo

Smart Home miliki resiko siber yang tinggi

09:20:00 | 28 Feb 2019
Smart Home miliki resiko siber yang tinggi
BARCELONA (IndoTelko) – Avast mengungkapkan bahwa 2 dari 5 rumah dengan perangkat digital rentan terhadap serangan siber.

The Avast Smart Home Report 2019 memiliki informasi lebih dari 16 juta jaringan smart home, menunjukan bahwa 40.3% rumah di seluruh dunia mempunyai lebih dari 5 perangkat yang tersambung (Amerika Serikat.: 62.0%, Spanyol: 45.6%), dan 40.8% dari rumah tangga digital di seluruh dunia tersebut (U.S.: 35.2%, Spanyol: 35.1%) mempunyai setidaknya satu perangkat rentan yang terhubung.

Hal ini menunjukan sebanyak apa rumah yang rentan terhadap perangkat Internet of Things, walau hanya 1 perangkat yang rentan, namun hal tersebut dapat membahayakan seluruh jaringan di rumah.  

“Orang menggunakan smart TV untuk menonton series Netflix favorit atau melihat monitor bayi mereka, namun seringkali mereka tidak mengetahui bagaimana   menjaga keamanan  perangkat tersebut,” kata Presiden Konsumer dari Avast Ondrej Vlcek dalam keterangan kemarin.

Menurutnya, hanya membutuhkan satu perangkat yang lemah untuk seorang hacker dapat masuk, dan ketika mereka sudah masuk kedalam jaringan, mereka dapat mengakses perangkat lainnya, data personal tentang apa yang mereka tonton dan miliki, seperti video dan rekaman suara. Langkah keamanan yang simpel seperti meng-install password yang kuat dan unik dan two-factor authentication untuk semua akses ke perangkat, dan memastikan memperbaharui perangkat lunak.  Hal tersebutakan secara signifikan memperbaiki integritas smart home.

Mayoritas (69.2%) dari perangkat yang rentan di rumah dari seluruh dunia (Amerka Serikat.: 60.9%, Spanyol: 65.0%) ditemukan rentan karena kredensial yang lemah, seperti password yang hanya menggunakan one-factor authentication. 31.8% dari perangkat ini di seluruh dunia (Amerika Serikat.: 39.4%, Spanyol: 35.6%) rentan karena tidak diperbaharui.

Avast juga men-scan 11 juta router dari seluruh dunia dan menemukan bahwa lebih dari setengah router (59.7%) mempunyai kredensial yang lemah atau perangkat lunak yang rentan. Di Amerika Serikat, lebih dari 2/3  (69.8%), dan di Spanyol, dua dari tiga (40.4%) router mempunyai kerentanan. Out-of-date software seringkali menjadi titik terlemah dalam rangakaian keamanan, membuat lebih mudah bagi para kriminal siber mencari akses ke perangkat lainnya.

Riset menemukan 5 perangkat paling rentan adalah:
1.    Printer, 32,9%
2.    Perangkat jaringan (titik koneksi yang dapat mengirim dan menerima data), 28,9%
3.    Kamera keamanan, 20,8%
4.    NAS (Network Attached Storage), 7,8%
5.    Alat streaming media (Chromecasts, TiVos), 5,3%

Printer ditemukan sebagai perangkat rentan yang paling lazim di seluruh dunia, terdapat di peringkat tiga teratas di setiap negara yang di scan dan teratas di Amerika Serikat, Kanada, Australia, Singapura, Korea Selatan dan Jepang. Alat streaming media (Chromecasts, TiVos) juga berada di peringkat lima teratas, dan kebetulan adalah perangkat IoT yang seringkali ditemukan di rumah selain TV dan Printer.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year