Telkom Marketing
Telkom Marketing
blanja 2019
telkomsel halo

Soal ruang tunggu, Angkasa Pura II dinilai paling inovatif

10:37:13 | 27 Feb 2019
Soal ruang tunggu, Angkasa Pura II dinilai paling inovatif
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - PT Angkasa Pura II (AP 2 ) dinilai paling inovatif dalam memberikan kenyamanan membangun ruang tunggu (Lounge) di bandara.

Hal itu ditandai dengan raihan penghargaan Innovative Company in Building Airport Digital Lounge dari Majalah Warta Ekonomi bagi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut.

AP 2 berhasil meraih penghargaan bergengsi tersebut berkat konsep iMATE Lounge di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. 

iMATE Lounge (i-Millennial Airport Travel Experience Lounge) merupakan terobosan AP II guna mengakomodir kebutuhan perjalanan wisatawan milenial di Bandara Internasonal Soekarno-Hatta.

Penghargaan ini didasari dari terpenuhinya 3 kriteria yakni Digital Innovation (produk atau jasa baru yang berbasis digital), lalu Process (menilai bisnis proses dan dampaknya ke perusahaan), dan People (menilai kepuasan konsumen).

Keberadaaan iMATE Lounge sendiri berangkat dari kesadaran AP II dalam mengakomodir kebutuhan para penumpang pesawat, yang 68% berasal dari generasi milenial.

Di lounge tersebut traveller generasi milenial dapat menemukan berbagai pelayanan berbasis digital seperti virtual assistant melalui chat bot, co-working space, digital wayfinding, hingga melakukan reservasi perjalanan atau akomodasi.

Lebih dari itu, iMATE Lounge kini juga menyediakan area bermain game online yang disebut dengan AirSport. Di area ini, gamer akan merasa betah berlama-lama duduk di kursi yang didesain khusus untuk bermain game, ditambah juga dengan tersedianya WiFi berkecepatan tinggi (Wi-Shock) yang menjamin kelancaran bermain game online.

Lounge tersebut juga diperkuat personil robot pintar bernama DILO yang dapat menghibur para pengunjung bandara dan penumpang pesawat. DILO memiliki fitur multimedia (music, video, dokumen).

President Director AP II Muhammad Awaluddin mengatakan iMATE Lounge merupakan contoh pelayanan modern dan berbasis digital yang seharusnya sudah menjadi standar di bandara-bandara nasional pada era Revolusi Industri 4.0.

Telkom Marketing
“Perkembangan teknologi begitu cepat dan kita sudah memasuki era Revolusi Industri 4.0. Perusahaan yang bergerak di bidang jasa publik harus dapat beradapatasi cepat untuk dapat mengimbangi kebutuhan generasi milenial yang memang melek teknologi,” kata Awal dalam keterangan kemarin.

Saat ini iMATE Lounge ditemui di Terminal 3 dan 2 Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan pada April ada di Terminal 1. Ke depannya, iMATE Lounge dihadirkan di seluruh bandara-bandara AP II guna memberikan pelayanan zaman now dan mewujudkan millennial travel experience yang sebenarnya.

Adapun iMATE Lounge merupakan salah satu produk transformasi digital yang dijalankan AP II, setelah sebelumnya juga lahir Airport Operation Control Center (AOCC), aplikasi iMATE dan iPerform, serta infrastruktur digital lainnya.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
atta 300 x 250.gif
More Stories
telkom sigma