Smart city butuh IoT

08:43:10 | 04 Dec 2017
Smart city butuh IoT
Azhar Hasyim (dok)
JAKARTA (IndoTelko) – Sebuah kehidupan kota  yang modern tak bisa menghindari kehadiran inovasi Internet of Things (IoT) untuk menghadirkan kenyamanan dan keamanan bagi penduduknya.

“Sebuah kota yang modern berbasis smart city tentu membutuhkan IoT,” ungkap Direktur e-Business Ditjen Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Azhar Hasyim, belum lama ini.

Menurutnya, IoT di sebuah kota modern akan memasuki semua lini kehidupan, sebagai pembaca situasi, sebagai pengendali dan juga penggerak berbasis siber ke depan.  

Diakuinya, agar menciptakan solusi teknologi informasi yang adaptif dengan tuntutan masyarakat dibutuhkan keahlian operasional dan informasi sehingga solusi digital dan IoT dapat memberikan keuntungan unik bagi penggunanya.

“Smartcity sekali lagi kembali kepada proses bisnis, kepada problem yang kemudian diaktualiasikan kepada solusi dengan memanfaatkan digital. IoT memiliki peranan ke depan, namun tentu dengan menciptakan solusi berbasis IoT tersebut,” jelasnya.

Diungkapkannya, dalam pemerintahan smart city menjadi salah satu isu penting. "Sekarang ini, pemerintah daerah dapat menggunakan informasi atau data untuk memberikan layanan publik yang lebih efisien," tandasnya.  

Sementara  Social Innovation, IP & Business Development Hitachi Vantara Indonesia Yahya Laksana menjelaskan untuk mendukung pembangunan kota cerdas di Indonesia, banyak solusi digital yang bisa dimanfaatkan.

Dicontohkannya, di Singapura bisa melakukan pembersihan sampah hanya dengan teknologi.

"Ada sensor yang memberikan sinyal, bahwa sampah sudah penuh untuk diangkut, bahkan kita bisa mengetahui keberdaan truk pengangkut sampah. Sensor tidak lagi di bawah, begitu pula ridernya karena sering hilang atau rusak. Kita bisa pasang lebih tinggi di atas namun dapat memantau semua mobil," katanya.(ak)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait