INTI garap modernisasi ticketing di ASDP

12:23:06 | 27 Nov 2017
INTI garap modernisasi ticketing di ASDP
Demonstrasi pembayaran non Tunai dengan INTI Pay bagi layanan ASDP (ist)
JAKARTA (IndoTelko) – PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero) alias INTI menjalin kerja sama strategis dengan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) untuk melakukan sinergi pengembangan modernisasi ticketing di lingkungan perusahaan penyeberangan itu melalui penandatanganan nota kesepahaman (memorandum of understanding/MOU) yang digelar Senin (27/11).

“Tujuan besarnya untuk mendapatkan efisiensi dan pertumbuhan bisnis perusahaan melalui kerja sama yang saling menguntungkan,” ungkap Direktur Utama INTI Darman Mappangara, usai penandatanganan MOU, di Kantor Pusat PT ASDP Indonesia Ferry, Jakarta, Senin (27/11).

MOU yang ditandatangani Direktur Utama INTI Darman Mappangara serta Direktur Utama ASDP Faik Fahmi itu merupakan langkah awal peningkatan sinergi keduanya melalui optimalisasi sumber daya yang dimiliki masing-masing pihak dalam rangka sinergi badan usaha milik negara (BUMN). (Baca; Tiket ASDP)

Rencananya, kerja sama akan mencakup sinergi bidang industri telekomunikasi, elektronika, informatika, kelistrikan, dan energi. Selain itu, kedua belah pihak menyepakati sinergi bentuk lainnya yang relevan bagi kedua pelat merah ini.

Dalam kerja sama ini, INTI menyediakan perangkat M-POS untuk e-ticketing ASDP yang memiliki kelebihan dalam perangkat terintegrasi atau All-In-One Embedded yang meliputi smartphone, mobile printer, e-KTP Reader, dan fingerprint.

Selain itu, kedua belah pihak sepakat untuk melakukan kerja sama pemanfaatan layanan INTIPay atau alat bantu pembayaran tunai dan non tunai yang terintegrasi dengan aplikasi pencatatan penjualan serta verifikasi kartu identitas elektronik sebagai media alternatif pembayaran dalam pembelian tiket ferry.

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry Faik Fahmi menyatakan apresiasi atas kerja sama dengan INTI terkait modernisasi sistem ticketing di lingkungan ASDP. Selain dapat meningkatkan performa bisnis dan memberikan keuntungan bagi kedua perusahaan, kerja sama layanan dalam transaksi e-ticketing ini akan semakin memudahkan pengguna jasa saat membeli tiket ferry.

“Ini sinergi yang sangat positif. Kerja sama ini juga sebagai wujud komitmen kami dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada pengguna jasa dengan memodernisasi transaksi pembelian, sehingga semakin memudahkan pengguna jasa dalam membeli tiket ferry,” tutur Faik.

Menurutnya, dengan adanya perangkat terintegrasi layanan transaksi tiket akan lebih praktis, manifest penumpang lebih akurat karena langsung membaca data dari e-KTP, dan layanan pembayaran INTIPay mendukung rencana PT ASDP dalam penerapan transaksi non tunai dalam pembayaran tiket.

Darman ikut menambahkan, sinergi komprehensif ini rencananya akan berlaku selama setahun sejak nota kesepahaman ini disepakati. “Harapannya, kerja sama ini akan berkelanjutan tidak hanya pada induk perusahaan, tapi juga pada anak usaha dan afiliasi,” pungkasnya.(wn)

Artikel Terkait