Telkomtelstra catat prestasi di Asia Communication Award 2017

07:56:50 | 01 Aug 2017
Telkomtelstra catat prestasi di Asia Communication Award 2017
Chief Product & Synergy Officer Telkomtelstra Agus F. Abdillah berfoto bersama Telkomtelstra di ajang Asia Communication Awards (dok)
JAKARTA (IndoTelko) – Telkomtelstra berhasil berhasil meraih Best Innovation Award untuk kategori Delivery Robot (Dbots) di ajang Asia Communication Awards (ACA) 2017.

Dbots pertama kali dikembangkan melalui kerja sama dengan Jawdat Technology pada Juni 2016 dan diluncurkan secara komersil pada Oktober 2016.

Saat ini, Dbots memanfaatkan platform cloud milik telkomtelstra untuk mengotomatisasi layanan pengiriman untuk pelanggan Managed Network Service (MNS). Teknologi baru tersebut telah meningkatkan kualitas pengiriman layanan, mengurangi masa aktivasi untuk Customer Premises Equipment (CPE) dan meminimalisasi kesalahan dalam proses konfigurasi perangkat jaringan secara otomatis.

Dbots menerapkan pendekatan baru dalam pengiriman layanan. Dengan menggunakan peranti lunak untuk mereplikasi interaksi manusia dengan perangkat jaringan, Dbots dapat melakukan staging, testing, dan konfigurasi perangkat untuk pelanggan MNS.

Melalui Dbots, ribuan perangkat secara otomatis dapat melakukan staging, testing dan konfigurasi, sehingga dapat meminimalisasi human error, serta menciptakan efisiensi biaya dan waktu pada layanan proses pengiriman. Solusi tersebut mampu mengurangi waktu aktivasi CPE hingga 83%. Kemampuan-kemampuan mengagumkan tersebut telah membantu telkomtelstra terlihat menonjol dalam kategori competitive innovation award dari ACA.

“Kami merasa bangga karena telah diakui oleh Asia Communication Awards, yang merupakan forum paling bergengsi di kawasan Asia untuk industri telekomunikasi. Penghargaan tersebut adalah pernyataan bagi kinerja kami dalam mengembangkan solusi inovatif yang membantu pelanggan MNS melaksanakan migrasi perangkat jaringan secara cepat untuk transformasi infrastruktur mereka,” ujar Presiden Direktur telkomtelstra Erik Meijer dalam keterangannya, kemarin.   

Dbots didesain untuk mengubah cara lama dalam pengiriman dengan memanfaatkan teknologi cloud untuk membantu perusahaan meningkatkan produktivitas dan mendorong efisiensi untuk memajukan usahanya. Keuntungan utama dari teknologi Dbots antara lain pengiriman yang lebih cepat, keuntungan yang bertambah, alokasi modal proyek yang lebih sedikit, efisiensi biaya, dan pengurangan kompleksitas.

“Dbots adalah suatu peranti lunak robotik yang dapat digunakan untuk mengurangi kesalahan pelaksanaan tugas regular dalam sistem managed network environment. Kini, Managed Service Providers, termasuk telkomtelstra, berupaya untuk bisa menerapkan teknologi otomatisasi terdepan. Dalam hal ini, telkomtelstra menggunakan peranti lunak pintar untuk menyederhanakan sistem operasi, mendorong efisiensi, meningkatkan sistem layanan dan menjaga harga agar tetap terjangkau bagi para pelanggan,” kata Chief Product & Synergy Officer Telkomtelstra Agus F. Abdillah.

Dijelaskannya, Dbots mengimplementasi dan mengkonfigurasi perangkat jaringan lebih cepat secara signifikan dibandingkan pendekatan manual dengan standar tinggi, pengiriman tanpa batas, dan transparasi untuk menciptakan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Telkomtelstra berencana untuk terus melakukan inovasi pada Dbots melalui peningkatan peranti lunak dan kemajuan teknologi masa depan. Sebagaimana Dbots beroperasi pada jaringan tak terbatas berbasis cloud, mereka menawarkan skalabilitas dalam setiap lingkungan jaringan. Teknologi tersebut memberikan pengalaman digital yang lebih baik serta mendorong efisiensi hingga 82% melalui aktivitas otomatisasi dan 84% pada masa pemrosesan masing-masing perangkat.

“Dbots dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dalam menyediakan layanan pengiriman yang lebih cepat tanpa mengorbankan kualitas. Dilengkapi dengan teknologi Jawdat, kami mengembangkan Dbots sebagai inisiatif otomatisasi pertama kami dalam mendukung berbagai volume layanan pengiriman mulai dari beban kerja yang kecil hingga sangat tinggi. Dioperasikan hanya dengan satu kali klik, teknologi tersebut memberikan tingkat otomatisasi optimal untuk memenuhi ketentuan pelanggan. Kami sangat bangga bahwa inovasi dari Indonesia ini telah diakui oleh Asia Communication Award 2017 sebagai inovasi terbaik di kawasan,” ujar VP solution Design and Delivery, telkomtelstra Asi Christo.

Diluncurkan pada 2011, ACA adalah ajang bagi para pelaku bisnis untuk mengapresiasi kinerja dan inovasi dari operator telekomunikasi, penyedia layanan, operator, dan vendor terdepan di Asia. Penghargaan ini telah menjadi landasan penting untuk merayakan kontribusi inovatif terhadap evolusi industri telekomunikasi global.(wn)

Artikel Terkait