telkomsel halo

Facebook berikan fitur keamanan untuk jurnalis

12:12:55 | 26 Jun 2017
Facebook berikan fitur keamanan untuk jurnalis
JAKARTA (IndoTelko) – Facebook baru saja meluncurkan Keamanan Facebook (Facebook Safety) untuk jurnalis, sebuah inisiatif yang diciptakan sebagai langkah selanjutnya sejak peluncuran Facebook Journalism Project di awal tahun ini.

“Melalui konsultasi dengan European Journalism Centre, Committee to Protect Journalists, ConnectSafely, Inter American Press Association (IAPA), dan James W. Foley Legacy Foundation, kami membuat sumber informasi yang didesain khusus bagi jurnalis untuk membantu mereka melindungi akun dan diri mereka sendiri di Facebook,” kata Journalism Partnerships, Facebook dan Antigone Davis, Head of Global Safety, Facebook Catherine Cole, dalam keterangannya, Senin (26/6).

Dalam fitur baru ini diperkenalkan sebuah halaman yang didedikasikan khusus website Facebook untuk Jurnalis  yang menyediakan informasi   mengenai topik terkait keamanan online, seperti bagaimana caranya mengaktifkan autentikasi dua faktor, mengatur pengaturan privasi, memoderasi komentar, memblokir kata-kata kasar, mengontrol cara berbagi lokasi, membantu melindungi komunikasi, melaporkan konten berbahaya, dan penyamaran akun, dan merespon jika akun mereka di-hack.

“Kami juga membuat Panduan Keamanan Facebook bagi Jurnalis dengan topik sejenis, yang akan tersedia dalam beberapa minggu ke depan dalam berbagai bahasa termasuk Arab, Mandarin, Perancis, Jerman, Indonesia, Jepang, Korea, Portugis, dan Spanyol,” katanya.

Dalam situs tersebut, Anda juga akan menemukan video petunjuk yang telah kami produksi melalui kerjasama dengan European Journalism Centre yang berfokus pada praktik terbaik (best practice) untuk keamanan di Facebook.

"Selama 25 tahun, Pusat Jurnalistik Eropa telah melatih dan melindungi jurnalis di seluruh dunia. Facebook, sebagai salah satu platform media sosial terbesar di dunia, kini memainkan peranan inti dalam hal menjadi sumber dan pendistribusian berita,” ungkap Direktur European Journalism Center Adam Thomas.

Menurutnya,  membantu jurnalis untuk menavigasi, memahami, dan tetap merasa aman di platform digital merupakan bagian utama dari usaha European Journalism Centre dan kolaborasi baru dengan Facebook ini merupakan salah satu bagian terpenting dari usaha tersebut.

Sejak awal tahun, selama acara Facebook Journalism Project News Day di seluruh dunia, jejaring sosial ini telah berbagi informasi yang didesain khusus untuk membantu orang tetap aman di Facebook.

“Kami juga mengadakan serangkaian acara riset roundtable bagi jurnalis dan social media manager untuk mendiskusikan pengalaman mereka mengenai perlakuan tidak menyenangkan saat online, dengan satu sesi yang dibuat khusus untuk jurnalis perempuan,” katanya.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year