Platform Smart City Nusantara pikat negeri jiran

06:27:53 | 09 Jun 2017
Platform Smart City Nusantara pikat negeri jiran
CEO Group REDtone Malaysia, Lau Bik Soon tengah menjajal solusi yang tersedia di Living Lab Smart City Nusantara beberapa waktu lalu.(Foto:TLKM)
JAKARTA (IndoTelko) –  Platform Smart City Nusantara (SCN) yang dikembangkan Telkom di ratusan kota dan kabupaten ternyata memikat salah satu perusahaan asal Malaysia, REDtone International Bhd.

Perusahaan asal negeri jiran ini sebagai penyedia layanan telekomunikasi terpadu yang melayani segmen pasar khusus. Sebagai Anak perusahaan dari Berjaya Corporation Bhd, REDtone terdaftar di Bursa Malaysia pada tahun 2004.

Kini, REDtone telah berevolusi dari penyedia suara hingga yang menawarkan berbagai layanan dalam tiga kategori utama yaitu Telecommunications Services, Managed Telecommunications Network Services dan Industry Digital Services.

REDtone memegang lisensi untuk Penyedia Fasilitas Jaringan (Network Facilities Provider / NFP), Penyedia Layanan Jaringan (Network Service Provider / NSP), Penyedia Layanan Aplikasi (ASP), LTE (4G), WiMAX dan satelit.

Sampai saat ini, REDtone hadir dengan tim dukungan teknis dan purna jual di kota-kota besar di Malaysia yaitu Klang Valley, Johor Bahru, Penang, Kota Kinabalu, Sandakan, Tawau, Labuan, Kuching, dan Miri. (Baca: Bisnis REDtone)

“Beberapa waktu lalu manajemen RedTone melakukan kunjungan ke Living Lab Smart City Nusantara di Jakarta. Mereka menunjukkan ketertarikan dengan platform SCN yang kita kembangkan dan menjajaki sejumlah kerjasama,” ungkap Koordinator Living Lab Smart City Nusantara Imanuddin kepada IndoTelko, kemarin.

Manajemen REDTone yang hadir ke Plasa Telkom Gunung Sahari diantaranya CEO Group REDtone Malaysia, Lau Bik Soon, Business Development Director Redza Imran, dan  Vice President Technology Alvin Yee.

Rombongan didampingi Faizal Sobiron dari Telin Malaysia, Principal Expert IoT Telkom DDS I Ketut Agung Enriko, dan SM Strategis Partnership Telkom DDS Dhinta Damantoro.

“Mereka ingin jajaki kerjasama di solusi Internet of Things Teleradiology services di Indonesia. Selain itu mereka juga ingin bawa solusi SCN ke Malaysia seperti smart farming yang berbasis IoT , Smart parking, dan smart lighting,” katanya.    

Asal tahu saja, Smart City Nusantara merupakan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembangunan dan pengelolaan sebuah kota atau daerah dengan tujuan meningkatkan kemampuan kerja dan kinerja pemerintah. (Baca: Platform SCN)

Beberapa solusi yang diandalkan diantaranya Smart Ligthing, Inteligent Area Management, e-Kelurahan, e-Office, Smart Classroom, e-Puskesmas, e-Pelaporan, dan Social Media Analytics.(id)

Artikel Terkait