Telkom Grup telah dukung smart city di 219 kota

07:51:13 | 14 Mar 2017
Telkom Grup telah dukung smart city di 219 kota
Sejumlah pejabat daerah tengah menyaksikan solusi smart city nusantara di Living lab milik Telkom di Jakarta, belum lama ini. Telkom menjadi andalan di daerah untuk terapkan solusi smart city.(dok)
JAKARTA (IndoTelko) –  PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) telah mendukung kehadiran smart city di 219 kota di seluruh Indonesia.

Dikutip dari Info Memo Laporan Keuangan Tahun 2016 milik Telkom, dinyatakan operator pelat merah ini banyak mendukung inisiatif ratusan kota di Indonesia yang ingin menerapkan solusi Teknologi informasi (TI) agar bisa maksimal dalam melayani masyarakat.

Dalam mendukung smart city, Telkom menyediakan infrastruktur broadband dan solusi berbasis cloud computing untuk meningkatkan layanan ke publik.

Sementara itu, CEO Telkomsigma Judi Achamdi mengungkapkan salah satu solusi yang akan dikembangkan adalah e-kelurahan pada tahun ini. “Tahun lalu kita sukses terapkan e-kelurahan di Bandung. Tahun ini akan ekspansi ke Pontianak dan Gorontalo,” katanya beberapa waktu lalu.

Aplikasi e-Kelurahan adalah aplikasi untuk proses otomatisasi operasional dan administrasi kelurahan seperti pembuatan surat keterangan, pendataan penduduk, potensi daerah, layanan administrasi dan arsip sehingga pelayanan menjadi akurat, cepat, mudah dan murah.

Sistem Informasi e-Kelurahan memanfaatkan penyimpanan data berbasis Cloud Computing dengan dukungan penuh akses internet dan @wifi.id. (Baca: e-Kelurahan)

Aplikasi e-Kelurahan sendiri memiliki beragam feature diantaranya; Dashboard & chart, Layanan mandiri, Search engine Laporan, Profile daerah, Alur kerja & kolaborasi, Alert/reminder system, Arsip, Template dokumen, Pusat data, Kinerja pelayanan dan info Potensi daerah. Aplikasi ini telah digelar di seluruh 151 kelurahan yang tersebar di 30 Kecamatan di Kota Bandung.

Program besar dari platform smart city milik Telkom dikenal dengan nama Smart City Nusantara (SCN). Smart City Nusantara merupakan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembangunan dan pengelolaan sebuah kota atau daerah dengan tujuan meningkatkan kemampuan kerja dan kinerja pemerintah. (Baca: Smart City Nusantara)

Penerapan konsep smart city dimaksudkan agar pemerintah mampu memberikan pelayanan berkelanjutan, efektif serta dapat meningkatkan kenyaman dan keamanan kehidupan masyarakat dan mengutamakan kearifan lokal.(id)

Artikel Terkait