Telkom dukung digitalisasi layanan kesehatan di ranah minang

13:23:21 | 25 Feb 2017
Telkom dukung digitalisasi layanan kesehatan di ranah minang
Suasana peluncuran Infokes Mobile di Padang, belum lama ini(Foto:TLKM)
JAKARTA (IndoTelko) – PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) mendukung aksi PT Infokes Indonesia meluncurkan Info Kesehatan (Infokes) mobile untuk digitalisasi layanan kesehatan di ranah minang.

“Kami dukung aksi infokes berupa menyediakan akses fiber optik bagi 22 Puskesmas di Kota Padang dan 25 Puskesmas di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat, untuk terintegrasi dengan e-Puskesmas,” ungkap Executive Vice President Divisi Government Service Telkom Mohammad Salsabil, kemarin.

Infokes Mobile Apps memiliki fitur yang terhubung dengan BPJS, e-puskesmas, konsultasi kesehatan, dan dapat memantau riwayat kesehatan penggunanya. Aplikasi ini juga dapat melakukan pencatatan data penyakit yang berkembang saat ini dan obat yang digunakan. Selain itu bisa juga mencatat tingkat kunjungan dan memiliki grafik penilaian ke puskesmas.

GM Witel Telkom Sumbar Darmawi mengatakan program layanan ePuskesmas sudah menjadi layanan wajib dan ternyata mendapat sambuatan luar biasa untuk setiap kabupaten Kota di Sumbar ini. Harapannya, aplikasi ini bisa meningkatkan index Kesehatan masyarakat Sumatera Barat khususnya dan masyarakat Indonesia umumnya.

“Layanan ini menjadi bagian yang tak terpisahkan dari konsep Smart City yang digulirkan Telkom untuk ikut serta memajukan suatu daerah. Karena memang IT saat ini menjadi komponen enabler bagi kemajuan suatu daerah. Kita bertekad, triwulan pertamaSumbar kita canangkan menjadi satu satunya propinsi yang sudah smart city di Indonesia,” katanya.   

Sedangkan Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit dalam sambutannya mengakui kehadiran sistem ini merupakan sebuah bentuk terobosan untuk percepatan pembangunan Teknologi Informasi kesehatan di Sumatra Barat.

“Diharapkan melalui Dinas Kesehatan Kabupaten/kota se Propinsi Sumatera Barat bisa memaksimalkan penggunaan dari Sistem ini dan mendorong dengan kegiatan-kegiatan yang nanti akan menghasilkan Sumber data Akurat dan Akuntible di setiap bidangnya,” tutupnya.(id)

Artikel Terkait