Menteri Rini bangga Telkom miliki data center premium di Singapura

12:02:05 | 23 Nov 2016
Menteri Rini bangga Telkom miliki data center premium di Singapura
Rini Soemarno (dok)
SINGAPURA (IndoTelko) - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengaku bangga dengan prestasi yang dicapai Telkom bersama anak usahanya, Telin Singapore, bisa mengoperasikan data center ketiganya, yaitu Telin-3, yang berlokasi di Singapore Data Centre Park (DCP) di Jurong, Singapura, mulai Selasa (22/11) malam.

"Saya bangga bisa menyaksikan peluncuran Telin-3. Ini pencapaian luar biasa bagi Telkom dan Telin karena bisa membangun data center dengan fasilitas premium hanya dalam 18 bulan. Saya satu setengah tahun lalu ikut melakukan ground breaking fasilitas ini, dan sekarang meresmikan. Ini sebuah kebanggaan luar biasa," ungkap Rini kala memberikan sambutan dalam peresmian Telin-3, Selasa (22/11), malam.

Menurutnya, kehadiran Telin-3 tak hanya menopang bisnis Telkom di Indonesia dan SIngapura, tetapi juga pasar global. "Sekarang adalah era digitalisasi di semua sektor. Data center ini memeliki peran strategis karena menjadi linking bagi perusahaan luar ke Indonesia atau sebaliknya. Ditambah dengan aksi Telkom yang membangun kabel laut untuk menghubungkan Indonesia dengan trafik global, tentu makin strategis peran dari Telin-3," jelasnya.

Menteri Rini bangga Telkom miliki data center premium di Singapura

Rini Soemarno (ketiga kiri) kala meresmikan Telin-3

Diungkapkannya, peran Telkom di era digitalisasi makin penting dan strategis karena semua aktifitas bisnis tak bisa dilepaskan dari sentuhan Teknologi Informasi. "Anda lihat yang tengah dilakukan dengan digitalisasi di Terminal 3 Soekarno-Hatta atau financial inclusion, itu semua sentuhan teknologi informasi. Peran Telkom dibutuhkan disitu dengan semua infrastruktur dan soft skill-nya," katanya.

Diharapkannya, dengan beroperasinya Telin-3 akan membuat hubungan Indonesia dan Singapura menjadi makin dekat dan tumbuh bersama dalam menggarap ekonomi digital di kawasan Asia Tenggara. "Tentunya saya juga berharap bisnis dari Telkom juga terus tumbuh nantinya ke depan di era ekonomi digital," katanya.

Keunggulan
Sementara CEO Telin Singapore Septika N. Widyasrini menjelaskan Telin-3 dirancang sebagai data center premium yang futuristik dan satu-satunya yang mendapat sertifikasi rancangan Tier-IV dari Uptime Institute (UTI), sebuah institusi data center yang memiliki reputasi internasional. Sertifikasi ini diberikan kepada Telin-3 yang telah memenuhi standar pengelolaan risiko yang ketat, dan jaminan keamanan data yang dibutuhkan beragam industri.

Menteri Rini bangga Telkom miliki data center premium di Singapura

Septika N. Widyasrini

Sebelumnya Telin-3 telah meraih sertifikasi Tier-III Constructed Facility dari UTI yang membuktikan bahwa Telin-3 memiliki standar tinggi terhadap kehandalan pelayanan data center sebagai kunci pemenuhan kebutuhan pelanggan. Dibangun 5 lantai di area seluas 20.000 m2 dan mengadopsi sistem multi-tier, Telin-3 menyediakan layanan yang fleksibel dengan sistem modular, sehingga pelanggan dapat memilih beragam layanan dengan variasi tier yang sesuai dengan kebutuhan bisnisnya.

Kehadiran Telin-3 melengkapi data center berkelas dunia yang telah dimiliki TelkomGroup saat ini di Indonesia seluas 100.000 meter persegi dengan klasifikasi Tier-III yang berlokasi di Serpong Tangerang, Sentul, dan Surabaya, juga klasifikasi Tier-IV yang berlokasi di Jatinegara serta Data Center lainnya di banyak lokasi di area Jakarta. (Baca: Telin Singapore)

“Telin-3 bukan sekedar data center biasa, namun merupakan data center yang futuristik, handal, fleksibel dan mudah dikembangkan, yang telah lama diidamkan oleh TelkomGroup. Telin-3 juga merupakan penyedia carrier-neutral data center yang telah tersambung oleh jaringan serat optik domestik milik Telin Singapore. Telin-3 juga terhubung dengan jaringan kabel laut internasional milik TelkomGroup, sehingga menjadikan posisinya sebagai Global Telecommunication Hub," kata Septika.

CEO Telkom Group Alex J. Sinaga dalam sambutan peresmian Telin-3 mengatakan Data Center Telin-3 ini merupakan salah satu langkah penting bagi TelkomGroup dalam mewujudkan visi perusahaan untuk menjadi King of Digital di regional. "Kami yakin bahwa investasi ini akan meningkatkan kemampuan kami untuk mendukung ekosistem bisnis digital pelanggan secara regional maupun global," katanya. (Baca: Telkom di Singapura)

“Telin Singapore merupakan footprint pertama yang didirikan TelkomGroup untuk merambah bisnis internasional. Sejalan dengan strategi expansi bisnis internasional, Data Center Telin-3 merupakan salah satu investasi penting untuk memperkuat dan memperluas portofolio bisnis digital”, tegas Alex. (Baca : Sertifikasi Telin-3)

Asal tahu saja, Telin-3 merupakan data center pertama berbasis software di Asia Pasifik yang dibangun dengan VMWare Validated Design. Rancangan ini akan memungkinkan Telin Singapore menyediakan solusi menyeluruh data center yang meliputi layanan pengolahan data, penyimpanan, sistem jaringan hingga pengelolaan layanan. (Baca: Data center Telin-3)

Ini menjadikan Telin-3 mampu menawarkan ekosistem yang lengkap untuk private dan publik, dengan sistem cloud dan platform, guna memenuhi permintaan akan ekosistem bisnis digital yang terus tumbuh, di Singapura, regional dan global.(dn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait