telkomsel halo

Avanci tawarkan marketplace untuk genjot IoT

08:39:59 | 21 Sep 2016
Avanci tawarkan marketplace untuk genjot IoT
Ilustrasi (dok)
DALLAS (IndoTelko)  – Avanci meluncurkan marketplace pertama untuk lisensi teknologi nirkabel yang telah dipatenkan untuk kebutuhan Internet of Things (IoT).

Avanci membawa berbagai paten nirkabel yang sesuai standar dari pemimpin industri, membuatnya tersedia hanya dengan satu lisensi bagi manufaktur IoT yang ingin memperluas konektivitas dalam rangkaian produknya.

Dengan jutaan perangkat terkoneksi dengan internet tiap tahunnya, IoT memungkinkan lahirnya produk-produk baru dengan pertumbuhan yang tinggi. Mengingat banyaknya perusahaan manufaktur yang mencoba peruntungan di ranah IoT, sulit untuk memutuskan paten mana yang diperlukan dengan prakiraan harga yang pantas untuk mengadopsi konektivitas tertentu.

Avanci menyederhanakan proses ini dengan memberikan satu lisensi paten yang dimiliki berbagai perusahaan dengan harga yang wajar dapat diterima, dan tidak diskirminatif (biasa disebut FRAND). Perusahaan akan mendapatkan harga flat-price yang transparan untuk tiap perangkat yang akan bervariasi sesuai dengan nilai teknologi yang dibawa ke perangkat tersebut.

“Sejak dimulai di April, kami telah menerima banyak sekali respon positif baik dari manufatur perangkat IoT maupun pemilik paten terhadap solusi lisensi terpadu ini. Avanci juga akan segera menambah jumlah perusahaan dalam marketplace ini di beberapa bulan kedepan,” kata Founder and Chief Executive Officer Avanci Kasim Alfalahi dalam rilisnya, kemarin.

Menurutnya, dengan Avanci, sesuatu yang membutuhkan waktu dan tenaga untuk bernegosiasi dengan banyak pemilik teknologi dapat dilakukan di satu tempat dengan satu izin Hal ini kemudian memberikan akses ke teknologi nirkabel terkini untuk perusahaan manufaktur IoT di dunia sementara mereka dapat fokus untuk menciptakan produk-produk baru ke pasar.

Platform baru yang terbuka ini mempercepat proses pengamanan hak teknologi dan waktu untuk memasarkan perangkat IoT, yang menghubungkan dunia kita seperti belum pernah terjadi sebelumnya. Perusahaan yang berencana untuk menambah konektivitas dalam perangkat mereka dan perusahaan dengan portofolio paten sesuai standar dapat bergabung dengan marketplace baru ini.

Avanci akan mengawali langkah dengan memfokuskan upaya lisensi untuk teknologi seluler 2G,3G, dan 4G untuk mobil yang terhubung serta smart meter dengan rencana untuk segera memperluas jangkauan produk IoT.

Lisensi Avanci untuk industri IoT menyediakan keseluruhan akses paten standar keseluruh inovator telepon seluler, termasuk Ericsson, Qualcomm, InterDigital, KPN dan ZTE saat ini, begitu juga dengan paten yang mereka kembangkan atau dapatkan selama waktu lisensi.

“Jumlah perusahaan yang menggabungkan konektivitas dalam bisnis modelnya tengah berkembang pesat. Dengan memiliki akses secara efisien ke teknologi nirkabel utama dan dengan memanfaatkan jaringan global, perusahaan-perusahaan ini dapat mengurangi waktu untuk pemasaran dan berkembang lebih cepat,” ujar Chief Intellectual Property Ericsson Gustav Bismark.

“Solusi teknologi kami membantu penyedia IoT di berbagai segmen pasar, mulai dari rumah ke mobil, kota ke wearables, dan mengubah definisi dengan menjadikan berbagai hal menjadi mungkin. Kami sangat senang untuk berbagi teknologi yang telah kami patenkan melalui Avanci guna memperlancar lisensi paten untuk beberapa jenis aplikasi IoT dan mempercepat perkembangan Industri IoT,” kata President Qualcomm Technology Licensing Alex Roger. (wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year