telkomsel halo

Menkominfo jamin biaya interkoneksi terbaru segera tayang

08:51:56 | 27 Jul 2016
Menkominfo jamin biaya interkoneksi terbaru segera tayang
Rudiantara (dok)
JAKARTA (IndoTelko) – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menegaskan aturan biaya interkoneksi terbaru akan segera tayang untuk memberikan kompetisi yang lebih sehat bagi industri telekomunikasi.

“Biaya interkoneksi baru? Tunggu saja tanggal mainnya. Sebentar lagi tayang kok,” seloroh Pria yang akrab dipanggil RA itu kemarin.

Ditegaskannya, sudah tak ada lagi perbedaan besaran penurunan biaya interkoneksi sehingga keputusan sudah bisa diambil untuk dijadikan Peraturan Menteri. “Kalau kita ikut keinginan operator, itu beda-beda angkanya. Kalau pemerintah, kita lihat perhitungan paling benar berapa, itu yang digunakan. Harapannya bulan depan sudah keluar Permenkominfo-nya,” tutupnya. (Baca: Biaya interkoneksi dan operator)

Biaya interkoneksi adalah komponen yang dikeluarkan operator untuk melakukan panggilan lintas jaringan. Biaya ini salah satu komponen dalam menentukan tarif ritel selain margin, biaya pemasaran, dan lainnya. (Baca: Kontroversi biaya interkoneksi)

Perhitungan biaya interkoneksi ini sudah beberapa kali molor karena terbelahnya cara pandang operator dalam perhitungan dan memperlakukan komponen ini. (Baca: Meruwat biaya interkoneksi)

Bagi sebagian pihak komponen biaya interkoneksi adalah recovery cost, tetapi bagi pihak lain dilihat sebagai entry barrier untuk masuk ke pasar.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year